Rabu, Juli 12, 2017

Fase ke 1 bersorban atau kepala terbuka

Fase ke 1 bersorban atau kepala terbuka
Jawabankuuntuk Bpk Yulian Purnama .
Bapak Yulian menulis artikel sbb:
Hadits-Hadits Imamah
Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasa memakai imamah. Diantaranya sahabat ‘Amr bin Harits menyatakan:
أنَّ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ خطب الناسَ وعليه عمامةٌ سوداءُ
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah berkhutbah di hadapan orang-orang dengan memakai sorban hitam di kepalanya” (HR. Muslim 1359)
Sumber: https://muslim.or.id/21115-memakai-sorban-disunnahkan.html
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Cacat hadis dr segi sanad:
- جامع الأصول (10/ 632)
- [تعليق أيمن صالح شعبان - ط دار الكتب العلمية]
- أخرجه الحميدي (566) قال: حدثنا سفيان. وأحمد (4/307) قال: حدثنا وكيع. ومسلم (4/112) قال: حدثنا يحيي بن يحيى وإسحاق بن إبراهيم. قالا: أخبرنا وكيع. (ح) وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة والحسن الحلواني. قالا: حدثنا أبو أسامة. وأبو داود (4077) قال: حدثنا الحسن بن علي، قال: حدثنا أبو أسامة. وابن ماجة (1104 و 3584) قال: حدثنا هشام بن عمار، قال: حدثنا سفيان بن عيينة. وفي (2821 و 3587) قال: حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة، قال: حدثنا أبو أسامة. والترمذي في الشمائل (115) قال: حدثنا ابن أبي عمر، قال: حدثنا سفيان. وفي (116) قال: حدثنا محمود بن غيلان ويوسف بن عيسى. قالا: حدثنا وكيع. والنسائي (8/211) قال: أخبرنا عبد الله بن محمد بن عبد الرحمن الزهري، قال: حدثنا سفيان. وفيه (8/211) قال: أخبرنا محمد بن أبان، قال:حدثنا أبو أسامة.
- ثلاثتهم - سفيان بن عيينة،ووكيع، وأبو أسامة، عن مساور الوراق،عن جعفر بن عمرو بن حريث. فذكره.
Hadis tsb ternyata tafarrud pd Musawir al warraq
ــ مساور الوراق الكوفى ، الشاعر ( اسم أبيه سوار بن عبد الحميد ، قاله أسلم الواسطى ، يقال : إنه أخو سيار أبى الحكم أمه )
المولد :
الطبقة : 7 : من كبار أتباع التابعين
الوفاة :
روى له : م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : صدوق
مرتبته عند الذهبـي : وثق
mausuah ruwatil hadis6588
Ternyata Musawir adalah perawi – Irak Kufah dan beliau termasuk tokoh pengikut tabiin tingkat 7 . Hadis sedemikian ini termasuk munkar yg lemah tdk boleh di sahihkan Ia termask tafarrudat iraqiyyin . Yakni perawi Irak yg tafarrud . Bukan perawi Madinah .
Dalam majalah Buhus Islamiyah terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum
Cacat dr segi redaksi hadis :
مسند أحمد ط الرسالة (23/ 179)
عن عمرو بن حريث: أن النبي-صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خطب الناسَ وعليه عمامة سوداء.
وسيأتي عند المصنف 4/307، وذُكِرَ في بعض روايات الحديث عند غيره أن ذلك كان يوم الفتح، وإسناده حسن.
وسلف عن أنس برقم (12068) : أن رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دخل يوم فتح مكة وعليه المِغْفَر. وهو متفق عليه.
Intinya : Kala itu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berpidato pada hari penaklukan kota Mekkah . Sanadnya hasan.
Menurut hadis muttafaq alaih dr Anas , bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam masuk kota Mekkah pada penaklukannya dg mengenakan topi besi / baja. ( bukan surban hitam ).
مسند أحمد ط الرسالة (31/ 33)
.
وزاد أبو أسامة: قد أرخى طرفيها بين كتفيه
Dua ujung sorbannya di turunkan di antara dua belikatnya. ( Tambahan dr Abu Usamah. )
Abu Usamah adalah perawi Kufah – Irak yg menambah dua ujung sorban Rasulullah shallallahu alaihi wasallam diturunkan di antara dua belikatnya . Beliau wafat pd tahun 201 H.
Sebelumnya tambahan itu tdk ada. .Lihat identitas Abu Usamah sbb:
ــ حماد بن أسامة بن زيد القرشى مولاهم ، أبو أسامة الكوفى ، مولى بنى هاشم ( قاله البخارى ) و قيل مولى زيد بن على
المولد :
الطبقة : 9 : من صغار أتباع التابعين
الوفاة : 201 هـ بـ الكوفة
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت ربما دلس ، و كان بأخرة يحدث من كتب غيره
مرتبته عند الذهبـي : الحافظ ، حجة عالم أخبارى
Beliau orang Kufah Irak yg menambah kalimat “ ujung sorbah di turunkan itu “. Generasi tabiin dan sahabat tdk ada yg menambahi spt itu.
عن جَابرٍ قال: "دَخَلَ النبيّ صلى الله عليه وسلم مَكّةَ يَوْمَ الفَتْحِ وعَلَيْهِ عِمَامَةٌ سَوْدَاءُ".
قال وفي البابِ عن علي و عَمَرِو بنِ حُرَيْثٍ وابنِ عباسٍ وَرُكَانَةَ.
قال أبو عيسى حَدِيثُ جَابِرٍ حديثٌ حسنٌ صحيحٌ.
Intinya walau ada hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengenakan sorban hitam dari Jabir atau Ibn Abbas namun koteknya satu yaitu pada hari penalklukan kota Mekkah. Dan ini bertentangan dg hadis muttafaq alaih yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat itu mengenakan topi besi .
Bila benar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengenakan sorban hitam, mengapa hanya sekali itu. Lalu di ceramah beliau yg lain tidk mengenakannya. Apalagi dlm salatnya, sudah tentu tdk mengenakan sorban hitam spt itu.
Keberadaan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengenakan sorban hitam inipun bertentangan dg hadis muttafaq alaih yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat itu mengenakan topi besi bukan sorban hitam.
Hadis yg redaksinya kacau ini tdk bisa di buat pegangan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersorban hitam. Bila di paksakan , mk bagaimana dg hadis yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat itu mengenakan topi baja.
إتحاف الخيرة المهرة بزوائد المسانيد العشرة (5/ 248)
/ 1 - قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ أَبِي عُمَرَ: ثنا نَصْرٌ، ثنا الْحَجَّاجُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ قَالَ: "لَمَّا فَتَحَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - مَكَّةَ خَطَبَ النَّاسَ وَهُوَ مُسْنِدٌ ظَهْرَهُ إِلَى الْكَعْبَةِ،
إتحاف الخيرة المهرة بزوائد المسانيد العشرة (5/ 247)
/ 2 - رَوَاهُ الْحَارِثُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي أُسَامَةَ: ثنا أبو سلمة، أبنا مَالِكٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَنَسٍ "أَنّ النَّبِيَّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - دَخَلَ مَكَّةَ وَعَلَيْهِ الْمِغْفَرُ،
التوضيح لشرح الجامع الصحيح (12/ 449)
ومع هذا فإنه لا يحفظ
عن مالك في هذا إلا المغفر.
التوضيح لشرح الجامع الصحيح (12/ 448)
وعد من أفراد مالك، تفرد بقوله: وعلى رأسه المغفر
Intinya hadis yg menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat ceramah di Mekkah mengenakan topi besi juga termasuk afrad Imam Malik , artinya hanya imam Malik yg meriwayatkannya , bukan orang lain . Dan ini jg namanya hadis munkar tdk bisa dibuat pegangan. Bila di buat pegangan kita ini akan berpegangan kpd hadis yg nyeleneh / gharib.
إتحاف الخيرة المهرة بزوائد المسانيد العشرة (5/ 248)
/ 1 - قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ أَبِي عُمَرَ: ثنا نَصْرٌ، ثنا الْحَجَّاجُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ قَالَ: "لَمَّا فَتَحَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - مَكَّةَ خَطَبَ النَّاسَ وَهُوَ مُسْنِدٌ ظَهْرَهُ إِلَى الْكَعْبَةِ،
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا عبد الصمد ثنا خليفة عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم خطبهم وهو مسند ظهره إلى الكعبة فقال لا صلاة بعد العصر حتى تغرب الشمس ولا صلاة بعد صلاة الغداة حتى تطلع الشمس والمؤمنون تكافأ دماؤهم يسعى بذمتهم أدناهم وهم يد على من سواهم ألا لا يقتل مؤمن بكافر ولا ذو عهد في عهده
تعليق شعيب الأرنؤوط : صحيح وهذا إسناد حسن
Intinya hadis itu menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyampaikan ceramah pd penaklukan kota Mekkah dg bersandar kpd Ka`bah ( Hadis sahih tp yg ini sanadnya hasan , kata Syaikh Syuaib al arnauth ).
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dlm hadis itu tdk ada keterangan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat itu memakai topi hitam atau sorban hitam. Yakni dg kepala terbuka. Bila mengenakan topi atau sorban pasti ada keterangannya.

Jadi sampai pengkajian ini , masih belum di temukan hadis yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersorban. Kita masih mendapati Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tdk menggunakan topi juga tdk menggunakan sorban alias kepala terbuka. Dan pengkajian dlm hal ini masih berlanjut atau bersambung.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan