Rabu, April 05, 2017

kisah hoax turunnya Nabi Isa as fase ke 5

Jawabanku untuk Ust . Muhammad Abduh Tuasikal, MSc

Sumber : https://rumaysho.com/785-turunnya-nabi-isa-di-akhir-zaman.html


 TUisan sy ini tdk menjawab seluruh  artikel beliau , sbb sebagian materinya tlh di bhs dlm makalah sy yg lalu . Tdk usah di ulang lg . Dan  sy hanya menjawab masalah terkait turunnya Nabi Isa  yg blm di kaji sj.
Beliau menulis :
Ayat ketiga: Firman Allah Ta’ala,
فَإِذَا لَقِيتُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا فَضَرْبَ الرِّقَابِ حَتَّى إِذَا أَثْخَنْتُمُوهُمْ فَشُدُّوا الْوَثَاقَ فَإِمَّا مَنًّا بَعْدُ وَإِمَّا فِدَاءً حَتَّى تَضَعَ الْحَرْبُ أَوْزَارَهَا ذَلِكَ وَلَوْ يَشَاءُ اللَّهُ لَانْتَصَرَ مِنْهُمْ وَلَكِنْ لِيَبْلُوَ بَعْضَكُمْ بِبَعْضٍ وَالَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَلَنْ يُضِلَّ أَعْمَالَهُمْ
“Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir (di medan perang) maka pancunglah batang leher mereka. Sehingga apabila kamu telah mengalahkan mereka maka tawanlah mereka dan sesudah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang berakhir. Demikianlah apabila Allah menghendaki niscaya Allah akan membinasakan mereka tetapi Allah hendak menguji sebahagian kamu dengan sebahagian yang lain. Dan orang-orang yang syahid pada jalan Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka. ” (QS. Muhammad: 4)
Al Baghowi menjelaskan salah satu tafsiran ayat di atas, “Mereka mengalahkan orang-orang musyrik dengan membunuh dan memenjara mereka sampai seluruh agama yang ada memeluk Islam. Seluruh agama akhirnya milik Allah. Dan setelah itu tidak ada lagi jihad dan tidak ada lagi peperangan. 
Hal ini terjadi ketika turunnya Isa bin Maryam (di akhir zaman).”10


10 Ma’alimut Tanzil, 7/279-280.

Sumber : https://rumaysho.com/785-turunnya-nabi-isa-di-akhir-zaman.html
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Arabnya sbb:
تفسير البغوي - إحياء التراث (4/ 210)
وَمَعْنَى الْآيَةِ: أَثْخِنُوا الْمُشْرِكِينَ بِالْقَتْلِ وَالْأَسْرِ حَتَّى يَدْخُلَ أَهْلُ الْمِلَلِ كُلِّهَا فِي الْإِسْلَامِ، وَيَكُونَ الدِّينُ كُلُّهُ لِلَّهِ فَلَا يَكُونُ بَعْدَهُ جِهَادٌ وَلَا قِتَالٌ، وَذَلِكَ عِنْدَ نُزُولِ عِيسَى ابْنِ مريم عليه [4] السَّلَامُ.
Ada kekeliruan sedikit terjemahannya :
Beliau menerjemahkan sbb:
 sampai seluruh agama yang ada memeluk Islam.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Arabnya  sbb:

حَتَّى يَدْخُلَ أَهْلُ الْمِلَلِ كُلِّهَا فِي الْإِسْلَامِ،
Sehingga pemeluk seluruh agama  masuk kpd agama Islam.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jadi bukan “seluruh agama yang ada memeluk Islam “.
Tp pemeluk seluruh agama  masuk kpd agama Islam
Topik  yg kita bhs kali ini adalah benarkan ayat  Muhammad 4  itu  untuk turunnya Nabi Isa as atau bukan.
Kalimat yg di buat dalil adalah “sampai perang berakhir “
Menurut Imam Baghawi :  di tafsiri  sbb:
“Mereka mengalahkan orang-orang musyrik dengan membunuh dan memenjara mereka sampai seluruh agama yang ada memeluk Islam. Seluruh agama akhirnya milik Allah. Dan setelah itu tidak ada lagi jihad dan tidak ada lagi peperangan. Hal ini terjadi ketika turunnya Isa bin Maryam (di akhir zaman).”10

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Menurut kitab audhahut tafasir :

أوضح التفاسير (1/ 622)
فَإِمَّا مَنًّا بَعْدُ} أي فإما أن تمنوا على الأسرى بالإطلاق؛ فتكون لكم يد عليهم، وجميل في أعناقهم {وَإِمَّا فِدَآءً} وإما أن تأخذوا منهم الفدية {حَتَّى تَضَعَ الْحَرْبُ أَوْزَارَهَا} أي تضع أثقالها؛ من السلاح وغيره؛ بأن يسلم الكفار، أو يدخلوا في العهد
Intinya:
Sampai peperangan selesai ( senjata dll di taruh )  kaum kafir masuk Islam atau mau menerima perjanjian ( walau masih dlm keadaan masih kafir ) .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jadi tdk ada keterangan  bahwa ayat itu  sbg dalil nabi Isa akan turun ke bumi setelah di angkat ke langit.
التفسير الحديث (8/ 301)
(4) حتى تضع الحرب أوزارها: حتى تنتهي حالة الحرب ويخلص الناس من أثقالها.
Menurut tafsir al hadis :
Hingga  peperangan selesai  dan manusia telah lepas dr beban berat ( dlm peperangan ) .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dlm kitab tsb jg tdk ada keterangan bahwa Nabi Isa as akan turun  dg ayat itu.. Dlm ayat itu tdk ada keteragan nabi Isa  turun atau naik. Lalu mengapa di tambahai  sendiri bahwa ayat itu sbg dalil bahwa Nabi Isa akan turun. Bahkan ayat itu tdk menyebut nabi Isa sama sekali. Ayat itu jg tdk menyebut nabi Isa, Musa dll . Tdk ada korelasinya turunnya Nabi Isa as atau terangkatnya. Jgnkan turunnya nabi Isa as , bahkan nabi isanya  sendiri tdk di sebut dlm ayat itu.

Bila ayat itu digunakan untuk dalil Nabi Isa as akan turun, mk  sangat menyimpang. Pemahaman yg keliru, tdk benar  terhadap ayat Allah . nauudzu billah .
Sy ingat ayat:
فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِيثَاقَهُمْ لَعَنَّاهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوبَهُمْ قَاسِيَةً يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَنْ مَوَاضِعِهِ وَنَسُوا حَظًّا مِمَّا ذُكِّرُوا بِهِ وَلَا تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلَى خَائِنَةٍ مِنْهُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْهُمْ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuk mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkanlah mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.[1] Al maidah 13.

Jd ahlak jahat Yahudi yg suka merobah ayat – ayat Allah. Karena itu , kita hrs berkata yg tepat dg ajaran Allah tanpa dikurangi atau di tambah.  Kita tdk usah meniru  yahudi dlm mentafsiri  kitab suci , lalu kita akan sesat spt mrk. Bgt juga kita tdk usah bikin – bikin inovasi ttg Nabi Isa as . Tp berpikirlah yg obyektif dahulukan al quran dantinggalkan hadis yg bertentangan dgnya.

ب شلتوت جواباً على الاستفتاء ، خلص فيها إلى ما يأتي :
" 1 - أنه ليس في القرآن الكريم ولا في السنة المطهرة مستندٌ يصلح لتكوين عقيدة يطمئن إليها القلب بأن عيسى رُفِع بجسمه إلى السماء ، وأنه حي إلى الآن فيها ، وأنه سينزل منها آخر الزمان إلى الأرض .
Intinya Prof. Doktor Syaltut ( mantan rector al azhar ) menjawab pertanyaan dlm fatwanya , kesimpulannya sbb:
Tiada sandaran yg layak  dlm al quran yg mulia atau sunnah yg suci untuk menentukan akidah yg bikin hati tenang bahwa Isa  di angkat ke langit dg tubuhnya dan sesungguhnya dia  hidup sampai sekarang dan dia  turun ke bumi di akhir zaman.
2 - أن كل ما تفيد الآيات الواردة في هذا الشأن هو وعد الله عيسى بأنه متوفيه أجله ورافعه إليه وعاصمه من الذين كفروا ، وأن هذا الوعد قد تحقق فلم يقتله أعداؤه ولم يصلبوه ، ولكن وفاه الله اجله ورفعه إليه .
Sesungguhnya  keterangan yg ada dlm ayat – ayat al quran dlm tema ini adalah janji Allah kpd nabi Isa as  akan mewafatkan , dan mengangkatnya  lalu menjaganya   dr orang – orang kafir . Dan sesungguhnya janji – janji ini tlh terlaksana / terealisir . Musuh – musuhnya tdk membunuhnya dan tdk menyalibnya . Tp Allah mewafatkan dan mengangkatnya kpdNya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Setahu sy Imam Syaikh Muhammad Abduh , Syaikh Rasyid Ridho termasuk ulama yg tdk percaya turunnya Nabi Isa as.
Bila kita percaya nabi Isa akan turun di akhir zaman, mk kita akan kafir dg ayat ini:
وَلَا يَزَالُ الَّذِينَ كَفَرُوا فِي مِرْيَةٍ مِّنْهُ حَتَّىٰ تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً أَوْ يَأْتِيَهُمْ عَذَابُ يَوْمٍ عَقِيمٍ
 55 )   Dan senantiasalah orang-orang kafir itu berada dalam keragu-raguan terhadap Al Quran, hingga datang kepada mereka kiamat  dengan tiba-tiba atau datang kepada mereka azab hari kiamat. 55 Al haj .
التفسير الوسيط لطنطاوي (9/ 331)
حَتَّى تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ أى: القيامة بَغْتَةً أى: فجأة أَوْ يَأْتِيَهُمْ عَذابُ يَوْمٍ عَقِيمٍ أى: لا مثل له في هوله وشدة عذابه ولا يوم بعده، إذ كل يوم يلد ما بعده عن الأيام إلا هذا اليوم وهو يوم القيامة فإنه لا يوم بعده.
Intinya kiamat dlm keadaan mendadak tanpa menunggu Nabi Isa turun dll.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Barang siapa percaya  bahwa kiamat  takkan terjadi  sblm Nabi Isa turun, mk sm dg kafir pd ayat itu. Rugilah dia di dunia dan akhirat. Tak kan laba di keduanya.


Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg Dajjal , penuh persaudaraan di dua grup WA sy . 
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455 
0812-4194-6733










[1] Al Maidah 13 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan