Senin, Desember 26, 2016

fase ke 57 Jawabanku untuk Weny dan Ust Adi hikmat



Weny menulis :
Lagi pula bila azab kubur (yang bukan mimpi) benar adanya, yang dikhawatirkan kita ingkar kepada sunnah yang berakibat pada keimanan/Aqidah. Padahal kita diseru untuk membenarkan apa-apa yang datang dari Rasul tanpa kecuali. “Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah.” 59/7
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kita percaya kpd adanya  adzab kubur yg bukan mimpi jg hrs punya dalil. Dan kita tdk beriman adanya siksa kubur jg hrs punya dalil. Keduanya sm fungsinya yaitu akan beresiko pd akidah.
Bila kita beriman pd siksa kubur , kita akan kufur pd ayat 51 – 53 yasin yg menyatakan  mayat tidur.
Bila  kita tdk beriman adanya siksa kubur, mk kita beriman pd ayat  tsb dan tdk mendustakannya. Tdk percaya pd ayat , resikonya lebih besar. Allah berfirman:
بَلْ هُوَ ءَايَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ
Sebenarnya, Al Qur'an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-oang yang zalim. Ankabut 49
وَإِذَا غَشِيَهُمْ مَوْجٌ كَالظُّلَلِ دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ فَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا كُلُّ خَتَّارٍ كَفُورٍ
Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ajaran kepada-Nya maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar.
وَكَذَٰلِكَ أَنزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ ۚ فَالَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۖ وَمِنْ هَٰؤُلَاءِ مَن يُؤْمِنُ بِهِ ۚ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الْكَافِرُونَ
( 47 )   Dan demikian (pulalah) Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran). Maka orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka Al Kitab (Taurat) mereka beriman kepadanya (Al Quran); dan di antara mereka (orang-orang kafir Mekah) ada yang beriman kepadanya. Dan tiadalah yang mengingkari ayat-ayat kami selain orang-orang kafir. Al ankbaut 50 .

Orang yg iman kpd siksa kubur , ber arti kufur pd 51 – 53 yasin  dan akan beresiko menjadi kafir dan dhalim  sesuai  dg ayat 49 -  50 ankabut  . Bila tdk mengimaninya,  mk mn ayat yg bikin kita  kufur  atau zhalim.
Anda menyatakan lg :
Kemudian bila azab kubur hanya mimpi, maka apakah salah bila berlindung darinya (azab kubur/mimpi buruk)?.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kita  tunggu tuntunan dr Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   ttg doa perlindungan dr mimpi dikuburan spt  Firaun  dn bala tentaranya  atau perlindungan siksa kubur yg sahih, tdk tafarrud dan tdk bersama an dg doa perlindungan dr fitnah Dajjal. Sbb keberadaan Dajjal sendiri masih dipertentangkan di kalangan ulama  dan tunggulah  bahasan kami tentang item ini di masa mendatang  scr obyektif dan detil.

 Adi hikmat menulis :
Bismillah : Afwan Kyai  🙏

Ada riwayat sbb :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : « مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلَّا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ »

Artinya: "Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malamnya melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya'la, dan Al-Baihaqi)

Derajat hadits ini diperselisihkan oleh para ulama hadits. Ada diantara mereka yg menilainya sebagai hadits dhoif, seperti Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani, Al-Mundziri, Syaikh Syu'aib Al-Arnauth, dan selainnya. Dan ada pula yang menilainya sebagai hadits Maudhu.

Imam At-Tirmidzi berkata: "Hadits ini Ghorib, dan sanadnya tidak tersambung (kpd Nabi shallallahu 'alaihi wasallam)."

Namun ada pula sebagian ulama hadits lain yg menilai bahwa derajat hadits ini HASAN, spt imam Suyuthi dan Syaikh Al-Albani rahimahumullah.

Syaikh Al-Albani berkata di dalam Ahkamul Jana-iz: "Hadits ini berdasarkan banyaknya jalur periwayatannya (yang saling mendukung dan menguatkan) derajatnya HASAN atau SHOHIH."

Dan hadits ini jika kita memandang derajatnya HASAN atau SHOHIH sbgmn penilaian imam Suyuthi dan Syaikh Al-Albani.

Maka ini telah menunjukkan penetapan adanya fitnah (pertanyaan dan siksa) kubur.

Mohon tanggapan Kyai sekaligus mempertegas kedudukan riwayat di atas menurut para ulama hadits
JazakAlloh khoir
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Syaikh Ali Al Thorobulusi menyatakan :
وكأن الخبر الذي ورد في فضل الموت يوم الجمعة لم يصح عند البخاري، فاقتصر على ما وافق شرطه، وأشار إلى ترجيحه على غيره . والحديث الذي أشار إليه [ يعني: ابن الْمُنَيِّر ] أخرجه الترمذي من حديث عبد الله بن عمرو- رضي الله عنهما- مرفوعًا: "ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة إلا وقاه الله فتنة القبر"، وفي إسناده ضعف، وأخرجه أبو يعلى من حديث أنس –رضي الله عنه- نحوه وإسناده أضعف. اهـ
Intinya hadis tsb  lemah menurut Imam Bukhari  dan tdk sesuai dg  persaratan perawi Bukhari.
https://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=99389

ما من مسلم يموت يوم الجمعة ، أو ليلة الجمعة ، إلا وقاه الله تعالى فتنة القبر
الراوي: عبدالله بن عمرو بن العاص المحدث: الألباني - المصدر: صحيح الجامع - الصفحة أو الرقم: 5773
خلاصة الدرجة: حسن
https://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=99389
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Menurut al albani hadis tsb hasan .
Lht sanadnya  sbb:
تحفة الأحوذي (4/ 187)
 ـ حدثنا مُحَمّدُ بنُ بَشّارٍ. حدثنا عَبْدُ الرّحْمَنِ بنُ مَهْدِي و أَبُو عَامِرٍ الْعَقَدِيّ قالاَ: أخبرنا هِشَامُ بنُ سَعْدٍ عَنْ سَعِيدِ بنِ أبي هِلاَلٍ، عَنْ رَبِيعَةَ بنِ سَيْفٍ، عَنْ عَبْدِ الله بنِ عَمْروٍ، قالَ: قالَ رسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: "مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمعَةِ إلا وَقَاهُ الله فِتْنَةَ الْقَبْرِ".
تحفة الأحوذي (4/ 188)
قال أبو عيسى: هذا حديثٌ غَرِيبٌ. قال: وهذا حديث ليْسَ إِسْنَادُهُ بِمُتصِلٍ. رَبِيعَةُ بنُ سَيْفٍ، إنما يرْوِيَ عَنْ أبِي عَبْدِ الرّحْمنِ الحُبُلّي، عَنْ عَبْدِ الله بنِ عَمْروٍ. وَلاَ نَعْرِفُ لِرَبِيعَةَ بنِ سَيْفٍ سَمَاعاً مِنْ عَبْدِ الله بنِ عَمْرو.

Imam Tirnidzi menyatakan hadis gharib, sanadnya tdk bersambung. Rabiah bin Saif mestinya mendengar dr Abu Abd Rahman al Hubulli  dr Abdullah bin Amar . Kami tdk tahu Rabi`ah mendengar hadis langsung dr Abdullah bin Amar.
Ber arti sanad terputus, tdk bersambung. Pd hal sarat hadis sahih , sanad hrs bersambung. Bila terputus hrs dikatakan lemah.
عائشة الأنصارية
ما قصده الإمام الترمذي بقوله غريب
ـ أي أنه لم يعرف عند أهل الحديث من هذا الطريق أو بهذه الصيغة أو غير ذلك 

Intinya Maksud kalimat  gharib menurut Imam Tirmidzi , yakni  menurut  ahli hadis , hadis tsb tdk di kenal , atau redaksinya  tdk di kenal  dll.
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=72390



التنوير شرح الجامع الصغير (9/ 509)
رمز المصنف [4/ 150] لضعفه لأنه قال الترمذي: غريب وليس بمتصل لا يعرف لربيعة بن سيف سماعا من ابن عمرو انتهى، وربيعة هو راويه عن ابن عمرو من طريقه ساقه الترمذي، وقد أخرج من طريق أخرى متصلاً إلا أنه ضعفه المنذري.
Dlm kitab al tanwir, hadis tsb di beri tanda lemah. Sbb Tirmidzi sendiri sdh menyatakan lemah dan sanadnya tdk sambung…………………… , hadis itu jg punya sanad lain yg nyambung. Tp al Mundziri ttp melemahkan.

فتح الباري لابن حجر (3/ 253)
وَفِي إِسْنَادِهِ ضَعْفٌ وَأَخْرَجَهُ أَبُو يَعْلَى مِنْ حَدِيثِ أَنَسٍ نَحْوَهُ وَإِسْنَادُهُ أَضْعَفُ
Intinya Ibn Hajar menyatakan sanadnya lemah.
عمدة القاري شرح صحيح البخاري (8/ 218)
 قلت: هَذَا حَدِيث انْفَرد بِإِخْرَاجِهِ التِّرْمِذِيّ، وَقَالَ: هَذَا حَدِيث غَرِيب، وَلَيْسَ إِسْنَاده بِمُتَّصِل لِأَن ربيعَة بن سيف يرويهِ عَن ابْن عمر، وَلَا يعرف لَهُ سَماع مِنْهُ، فَلذَلِك لم يذكرهُ البُخَارِيّ، فاقتصر على مَا وَافق شَرطه.
Intinya : Pengarang Umdatul qari jg menyatakan : Bahwa Hanya Imam Tirmidzi yg meriwayatkannya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tdk benar apa yg dikatakan oleh pengarang kitab Umdatul qari. Sbb  hadis tsb jg diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nasai  dan Abu Dawud. Liht buktinya sbb:
المسند الجامع (11/ 59)
أخرجه أحمد 2/168 (6574) قال: حدَّثنا أبو عبد الرحمن، حدَّثنا سعيد. وفي 2/223 (7082) قال: حدَّثنا عبد الله بن يزيد، قال: حدَّثنا حَيْوَة. و"أبو داود" 3123 قال: حدَّثنا يزيد بن خالد بن عبد الله بن مَوْهَب الْهَمْدَاني، حدَّثنا المُفَضَّل. و"النَّسائي" 4 /27 , وفي "الكبرى" 2019 قال: أَخْبَرنا عُبيد الله بن فَضَالَة بن إبراهيم. قال: حدَّثنا عبد الله، هو ابن يزيد المقرئ (ح) وأنبأنا محمد بن عبد الله بن يزيد المقرئ، قال: حدَّثنا أبي، قال سعيد.
ثلاثتهم (سعيد بن أبي أيوب، وحَيْوة بن شريح، ومُفَضَّل بن فَضَالة) عن ربيعة بن سَيْف المَعَافِري، عن أبى عبد الرحمن الحُبُلي، فذكره.
-           قال أبو عبد الرحمن النَّسائي: ربيعة ضعيفٌ


Intinya  hadis  itu jg diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu Dawud, Nasai , Baihaqi . Dan sumbernya hanya dari  Rabi`ah bin  Saif . Bukan orang lain . Liht identitasnya sbb:

  ــ  ربيعة بن سيف بن ماتع المعافرى الصنمى الإسكندرانى
المولد  :
الطبقة : 4  : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 120 هـ تقريبا
روى له : د ت س
مرتبته عند ابن حجر : صدوق له مناكير
مرتبته عند الذهبـي : قال الدارقطنى : صالح ، و قال البخارى : عنده مناكير
1906

Rabi`ah sbg sumber keberadaaan  orang yg mati pd malam atau hari jumat akan selamat dr fitnah kubur  adalah perawi Mesir bukan perawi Madinah. Hanya dia  centernya , dia  sumber keberdaaan  hadis tsb. Jd tafarrudnya padanya .Seratusan tahun hijriyah, hanya  satu orang itu yg tahu hadis itu. Mayoritas sahabat tdk kenal pd nya atau hadisnya.
Bukhari menyatakan : Banyak hadis  munkar yg diriwayatkan oleh Rabi`ah.

وقال الدارقطني : مصري صالح.

# وذكره ابْن حبان في كتاب الثقات ، وقال : كان يخطئ كثيرا.

# وقال أبو سعيد بْن يونس : في حديثه مناكير ، توفي قريبا من سنه عشرين ومئة أيام هشام بْن عبد الملك.

++ روى له أبو داود الترمذي ، والنسائي.
library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?hflag=1&bk_no=1857&pid=646889
Daroquthni bilang : Dia perawi Mesir yg salih.

Ibn Hibban dlm kitab Tsiqat menyatakan : Dia sering keliru.

فتح الغفار الجامع لأحكام سنة نبينا المختار (2/ 639)
 وذكر السيوطي في أبياته التثبيت أن الترمذي حسن هذا الحديث، ولم أجد ذلك في نسختي من الترمذي.
Pengarang kitab fathul Ghaffar menyatakan bahwa Imam Suyuthi menyebutkan dlm  sebagian baitnya bahwa Imam Tirmidzi menghasankan hadis tsb . Tp aku tidk menjumpainya dlm naskah dr Imam Tirmidzi .
Komentarku ( Mahrus ali ) :

Jd bukan Imam Suyuthi menghasankan hadis itu tp imam Suyuthi menyebut bahwa Imam Tirmidzi menghasankan. Dan kelirulah apa yg di katakan oleh Imam Suyuthi. Imam Tirmidzi tadi menyatakan  gharib dan sanadnya tdk bersambung. Bila pernyataan Imam Suyuthi itu dibenarkan, mk kita menyalahi  data yg ada. Kita akan mengikuti kekeliruan, dan kita tdk taklid buta tp kita ikut ajaran scr obyektif dan transparan, bukan taklid buta dan serba samar, serba tertutup. Kita buka semuanya dan kita fair untuk menumpas kekeliruan dan menegakkan kebenaran.

Al bani menghasankan  hadis  tsb atas dasar kumpulan jalur  jalur  riwayatnya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jalur – jalur yg mana? Perlu penjelasan. Sayang tdk dijelaskan. Mestinya hrs di jelaskan.
Al Mundziri  sj sdh menyatakan jalur – jalur lainnya ttp lemah.
Dr sg sanad lemah , karena tafarrud tadi , jg karena unsur perawi Rabi`ah yg sering meriwayatkan hadis – hadis munkar bahkan sering keliru.
Dari segi redaksinya  jg masih perlu jg di tanyakan apakah maksud fitnah kubur itu ?
Kebanyakan  ulama menyatakan fitnah kubur itu pertanyaan malaikat Munkar dan Nabkir .
كشف المشكل من حديث الصحيحين (4/ 36)
وَإِنَّمَا الْمَعْنى أَمن فتْنَة الْقَبْر، وَهِي سُؤال الْملك
Makna fitnah kubur adalah pertanyaan dua malaikat.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila mayat ditanya , mk roh hrs dikembalikan ke tubuhnya. Mayat hrs  hidup dikuburan agar bisa menjawab.
Bila roh tdk dikembalikan ke tubuh, mk mayat tdk bisa menjawab.
Bila mayat hidup dikuburan, mk dia mengalami hidup tiga kali  - yaitu hidup didunia, hidup dikuburan dan hidup setelah hari kebangkitan . jd dia mengalami  hidup tiga kali  . Dan ini akan menyalahi ayat :
قَالُوا رَبنَا أمتنَا اثْنَتَيْنِ وأحييتنا اثْنَتَيْنِasa
 11 )   Mereka menjawab: "Ya Tuhan kami Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula). Ghafir 11.
Hidup  itu hanya dua kali, bukan tiga kali atau lebih.  Hidup  didunia  dan kelak  ketika  dibangkitkan akan masuk surga atau Neraka. Jadi bila  di kuburan  manusia dihidupkan untuk di tanya mk  hidupnya  tiga kali  dan ini nyalahi ayat itu.
أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
( 21 )   (Berhala-berhala itu atau mayat  - mayat  yg di mintai ) mati tidak hidup, dan mereka  tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai  tdk mengerti kapan di bangkitkan.
Dlm ayat  16 al mukminun itu diterangkan dg gamblang bahwa  pd hari kiamat mayat  di bangkitkan, rohnya  di kembalikan, bukan dikuburan.

Mayat tdk ngerti kpn mereka dibangkitkan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan