Minggu, Juli 24, 2016

Selingan – jawaban members FMP


Ust Samsudin Mukti menulis:
disaat kesendirian sholih ke ibm aby dzib baik riwayatnya (hasan lidzatih) ternyata sholih tdk sendirian ada mutabi baginya:

ثنا محمد بن عمار المؤذن ثنا جدي ابو أمي قال رأيت ابا هريرة و سعد بن عابد المؤذن يصليان على ظهر المسجد بصلاة الامام.

imam ibn hajar pun menilai kedua riwayat ini saling menguatkan. bahkan riwayat sholih terangkat menjadi shohih lighoirih.
👆itu pak kyai badits abu hurairah

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Saya percaya juga ada ulama  yg menyatakan bahwa  Ibn Abi Dzi`bin mendengar  dari Shalih maula al tau amah  sblm kabur hapalannya. Dg landasan itu, sanadnya di katakan hasan dan ada yg menyatakan sahih.
Tp ada juga ulama  ahli hadis yg menyatakan lemah kpd sanad Ibn Abi Dzi`bin  dari Shalih maula al tau amah  sbb:
Muhammad Shalih al Munajjid menulis : .
حجة من ضعفه أن ابن أبي ذئب وإن كان من قدماء أصحابه ، إلا أنه روى عنه أيضا منكرات . قال الإمام أحمد : سمع ابن أبي ذئب من صالح أخيرا ، وروى عنه منكرا .
"تهذيب التهذيب" (4/ 406)
وقال البخاري :
سَمَاعُ ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ مِنْهُ أَخِيرًا ، يُرْوَى عَنْهُ مَنَاكِيرُ
قلت: وفي هذا بيان لسبب تضعيف أحمد للحديث ، وهو أنه روى ابن أبي ذئب عنه بعد الاختلاط أيضا ، ولعله عمدة ابن حبان في قوله في كتاب الضعفاء : " اختلط بآخره ولم يتميز حديث حديثه من قديمه فاستحق الترك" ،
https://islamqa.info/ar/194299

Al bani menyatakan :
فقد قال الترمذي عن البخاري عن أحمد بن حنبل قال: سمع ابن أبي ذئب من صالح أخيرا ، وروى عنه منكرا ، حكاه ابن القطان عن الترمذي هكذا .
Intinya  Imam Bukhari, Tirmidzi, Imam Ahmad dan Ibn Hibban melemahkan sanad Ibnu Abi dzi`bin dari  Shalih maula al tau amah .
Dan Ibnu Abi dzi`bin mendengar  hadis  dari Shalih maula al tau amah  di akhir hayatnya – maksudnya setelah hapalannya kabur.
Jadi  pembahasan sanad yg mencantumkan  Ibnu Abi dzi`bin dari  Shalih maula al tau amah  hrs di sudahi , tdk usah dilanjutkan. Dan kongklosinya  ada dua  sahih  atau  lemah.
Dua konklosi ini realita yg tdk bisa di hindari karena realita  pendapat ulama yg dulu jg demikian.
Pendapat ulama dulu berbeda, mk imbasnya pd kita dan generasi mendatang juga berbeda pendapat. Sbb dlm masalah mengetahui identitas perawi kita ini hanya taklid buta dan blm sampai ke penelitian yg lebih detil. Bila perawi itu pendusta, mk  bukti kedustaannya ada riwayatnya ini dan itu. Bila  dia perawi yg suka berkata benar dan punya waham, mk  kita  bisa buktikan  wahamnya dimana dan riwayat mana yg menyatakan hal itu. Bila tdk ada , mk  penilaian itu msh perlu di pertanyakan.
Bila perawi terpercaya, kita tdk menjumpai riwayatnya yg lemah karena perawi tsb, tp karena perawi lain.
 Sehingga  kt dlm menilai satu perawi atas dasar yg sangat obyektif dan tdk mengekor sj. Kita  akan berusaha kesana dengan landasan ilmu bukan kebodohan. Dan tdk berpangku tangan sj .
Sy condong kpd ulama yg melemahkan karena Ibnu Abi dzi`bin sbg murid yg lama/ dulu  bg Shalih maula al tau amah . Tp kita tdk tahu apakah pernyataannya   tentang Abu Hurairah menjalankan salat di atas   atap masjid itu  termasuk  yg didengar setelah Shalih maula al tau amah  mengalami kabur hapalannya atau blm. Ini blm  ada kepastian. Bila di pastikan kita blm menemukan  data kecuali dari perkataan ulama yg bertentangan itu. 

Tp ada illat lg bg sy yg membikin kisah Abu Hurairah  menjalankan  salat di atap  masjid itu lemah bukan sahih. Yaitu Shalih maula al tau amah  tafarrud dlm meriwayatkan kisah Abu Hurairah itu. Mutabi`nya  juga dari perawi yg majhul juga dan tdk bisa menjadi penguat.
- أنواع المجهول:
يمكن أن يقال أن أنواع المجهول ثلاثة هي :
أ‌)          مجهول العَيْن:
1-         تعريفه: هو من ذُكِر اسمه ، ولكن لم يَرْوِ عنه إلا راو واحد .
2-         حكم روايته : عدم القبول ، إلا إذا وُثِّقَ .
3-         كيف يوثق : يوثق بأحد أمرين .
أ‌)          أما أن يوثقه غير من روي عنه.
ب‌)        وإما أن يوثقه من روى عنه بشرط أن يكون من أهل الجرح والتعديل.
4-         هل لحديثه اسم خاص ؟ ليس لحديثه اسم خاص ، وإنما حديثه من نوع الضعيف .
ب‌)        مجهول الحال: ( ويسمي المستور )
1-         تعريفه: هو من روي عنه اثنان فأكثر، لكن لن يُوَثَّق.
2-         حكم روايته: الرد، علي الصحيح الذي قاله الجمهور.
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=256772

Intinya perawi majhulul ain , riwayatnya lemah dan tertolak juga. Majhulul hal  riwayatnya  tertolak.
أعل العلامة الألباني رحمه الله أثر أبي هريرة رضي الله عنه بعد أن خرجه من "مسند الشافعي" من طريق إبراهيم بن محمد عن صالح مولى التوأمة قال: وذكره.
وله طرق أخرى منها:

- ما أخرجه سعيد بن منصور في "السنن" قال:

(حدثنا محمد بن عمار المؤذن ثنا جدي أبو أمي قال: رأيت أبا هريرة وسعد بن عابد المؤذن رضي الله عنهما يصليان على ظهر المسجد بصلاة الإمام) انتهى
Ayah ibuku berkata:  Aku melihat Abu Hurairah dan Sa`ad bin Abid al Muadz dzin ra melakukan  salat  di atas atap masjid dengan bermakmum pd  seorang imam.

 ومحمد بن عمار وثقه ابن المديني وأحمد وقال ابن معين: لم يكن به بأس. وجده لأمه محمد بن عمار بن سعد المؤذن فيه جهالة.
Intinya , Imam Al albani melemahkan riwayat ayah dari ibu Muhammad bin Ammar  itu. Sebab  fihi jahalah – tdk di kenal.
Dan riwayat sedemikian ini tdk bisa di jadikan sbg penguat.
المستور هو: مجهول الحال، فالمجهول لم تتحقق أهليته ولم تتحقق عدم أهليته، فهذا الشرط متوجه إلى العدالة، فشرط راوي الحديث الحسن، ألا يكون قد قدح في عدالته، ألا يكون مقدوحا في عدالته، فإذا قدح في عدالته فإن حديثه لا يكون أو لا يصلح للاعتضاد، فإن حديثه لا يصلح أن يكون عاضدا ولا معضودا.
http://shamela.ws/browse.php/book-10759/page-8141

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Riwayat dari perawi majhul tdk bisa di jadikan penguat. Baik  di gunakan untuk penguat atau yg di kuatkan.
Jd riwayat dari perawi majhul itu tdk bisa jadi penguat atau yg di kuatkan. Jg tdk bisa  di jadikan mutabi` . apalagi bisa menaikkan ke derajat hasan atau  sahih. 
Hadis Abu Hurairah menjalankan salat di atap masjid itu ternyata tafarrud pd Shalih maula al tau amah .Sekitar seratus tahun setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   wafat  hadis itu hanya di ketahui  satu orang sj yaitu Shalih maula al tau amah , bukan orang lain. Para  sahabat  sampai mati tidak ada yg tahu atau mengerti .
Shalih maula al tau amah  wafat sekitar tahun 126 – 125.
الاسم : صالح بن نبهان ، أبو محمد المدنى ، و هو صالح بن أبى صالح ، مولى التوأمة بنت أمية بن خلف الجمى
الطبقة :  4  : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة :  125 أو 126 هـ
Lihat mausuah ruwatil hadis . Kisah Abu Hurairah bermakmum di atap masjid adalah kisah yg munkar , tdk sahih.
Dari segi sanad yg di tinjau dari perawinya  masih bersambung dan  terkenal, juga tdk majhul. Dan problematiknya adalah  pd perawi Shalih maula al tau amah , ada yg menyatakan bisa di percaya  dan ada yg meyatakan lemah.
Dari sisi tafarrudnya , mk hanya beliau seorang yg mengkisahkan spt itu, bukan dua atau banyak perawi. Sebagian  ulama  pakar hadis  dulu menyatakan  sanad sedemikian ini tafarrud yg membikin riwayatnya munkar.
ومن أهم ما يستدل به على خطا المتفرد ما يكون في متن حديثه الذي تفرد به من نكارة ، فإن نكارة المتن قد تدفع الناقد إلى تضعيف الحديث بما لا يوجب ضعفه لولا هذه النكارة ، ومن ذلك تفرد الثقة
ولذا قال ابن رجب ( أكثر الحفاظ المتقدمين يقولون في الحديث إذا انفرد به واحد وإن لم يرو الثقات خلافه : إنه لا يتابع عليه ، ويحعلون ذلك علة فيه ،
الحواشي ====================== (17) أنظر كلام المعلمي حول منهج الأئمة النقاد في إعلال ما يستنكرون متنه ، مع أن ظاهر إسناده الصحة ، في مقدمته لتحقيق كتاب ( الفوائد المجموعة في الأحاديث الموضوعة ) للشوكاني .
(18) شرح علل الترمذي (2/582)

Intinya tafarrud perawi hadis itu menurut pakar ahli hadis dulu adalah sbg cacat. Bahkan  redaksi hadisnya bisa di katakan munkar .
DR Abu Lubabah At thahir Shalih Husain kepala bagian dirosah Islamiyah di Emirat menyatakan :

وَإِطْلاَقُ الْحُكْمِ عَلَى التَّفَرُّدِ بِالرَّدِّ وَالنَّكَارَةِ أَوِ الشُّذُوْذِ مَوْجُوْدٌ فِي كَلاَمِ كَثِيْرٍ مِنْ أَهْلِ الْحَدِيْثِ

Mengghukumi perawi yang secara sendirian meriwayatkan tertolak , dikatakan mungkar , syadz memang ada dlm perkataan kebanyakan ahli hadis . Ulumul hadis 12/1

- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.         Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ). 1

 Dari sisi redaksi kisah Abu Hurairah bermakmum di atap masjid  itu gharib sekali . Budaya  para sahabat melakukan salat wajib di tanah lalu Abu Hurairah menjalankan  di atap masjid . Ini nyeleneh sekali, bukan budaya para  sahabat. Sekarang ini terbalik , salat wajib di tanah di katakan nyeleneh dan salat wajib di karpet atau tingkat  di katakan baik.
Illat yg bikin hadis lemah adakalanya di sanad hadis atau di matannya. Matan hadis yg kita bhs ini adalah matan yg munkar , tdk bisa di buat pegangan, lepaskan sj. Bila di buat pegangan, akan menyelisihi tuntunan salat wajib Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  .
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   tdk pernah menjalankan salat wajib di tikar , apalagi di atap masjid.
Salat di atap masjid dilakukan oleh sahabat , tabiin atau orang sekarang ttp bid`ah.
Bila kita katakan salat di atap masjid   sunnah  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam , mk kita tdk punya dalil.
Bid`ah itu sekalipun di lakukan oleh sahabat  atau orang Solo ttp bid`ah.
Tdk mungkin bila sahabat yg menjalankan  bid`ah  tdk bid`ah . tp kalau kita yg melakukannya di katakan bid`ah . Ini diskriminsai hukum  yg hrs di buang, tdk boleh di ajarkan atau dibuat pegangan.

 Anda menyatakan:
imam ibn hajar pun menilai kedua riwayat ini saling menguatkan. bahkan riwayat sholih terangkat menjadi shohih lighoirih.
👆itu pak kyai badits abu hurairah
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tdk bisa dikatakan saling menguatkan, sbb mutabi`nya dr riwayat perawi yg majhul. Dan sdh dijelskan tadi. Ada  sarat tertentu hadis  lemah bisa mejadi penguat itu.
Bersambung…………….., Dengan senang hati bila  ada  orang yg mengeritisinya. Sbb tujuan kita mencari kebenaran  agar terhindar  dr kesalahan.













Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan