Senin, November 02, 2015

Akhirnya, AS Terjunkan Pasukan Darat ke Suriah untuk Lawan ISIS


 Akhirnya, AS Terjunkan Pasukan Darat ke Suriah untuk Lawan ISIS

Metroterkini.com - Pemerintahan Barack Obama untuk pertama kalinya memberikan lampu hijau untuk menerjunkan pasukan darat di Suriah. Pasukan darat ini akan membantu pasukan pemberontak untuk melawan pasukan ISIS. 
Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan Amerika Serikat akan menerjunkan kurang dari 50 anggota Pasukan Khusus. Mereka akan dikirim ke kawasan yang dikuasai Kurdi di utara Suriah. Mereka disebut akan membantu pasukan lokal Kurdi dan Arab memerangi ISIS dengan logistik dan nantinya akan ditingkatkan. 
Akan tetapi penempatan pasukan sekecil itu dikritik dan dianggap takkan cukup untuk membantu melawan ISIS. Pejabat Gedung Putih mengatakan, meski kecil, kehadiran mereka diyakini akan berdampak besar di mana pun mereka ditempatkan. 
“Presiden meyakini mereka akan dapat mengintensifkan strategi kami dalam membangun kapasitas pasukan setempat di Suriah untuk memerangi ISIS di wilayah mereka,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Josh Earnest dilansir CNN. Dia bilang, peningkatan kapasitas itu adalah isi strategi militer AS di sana sejak semula. 
Earnest juga menekankan bahwa penempatan pasukan darat itu tidak akan mengubah pendekatan AS dalam melawan ISIS di Suriah. Misi pasukan itu, kata dia, bukanlah misi tempur. 
Amerika Serikat sendiri melancarkan serangan militer di Suriah sejak September 2014. Tapi serangan demi serangan yang dilancarkan AS dan koalisinya belum dapat menghentikan ISIS. Bulan-bulan terakhir ini AS menambah bantuannya untuk pasukan lokal berupa senjata, amunisi, dan suplai lainnya. [cnn]
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan