Senin, Juni 29, 2015

Jawabanku untuk Gus Dodi El Hasyimi ke 5








Hadis  tsb di riwayatkan oleh Imam Sbb: 

أخرجه أحمد (6/463 ، رقم 27667) ، وأبو داود (1/125 ، رقم 457) . وأخرجه أيضًا : إسحاق بن راهويه (4/106 ، رقم 2211) ، وأبو يعلى (12/523 ، رقم 7088) ، قال الهيثمى (4/7) : رجاله ثقات . وابن أبى عاصم فى الآحاد والمثانى (6/216 ، رقم 3448) ، والطبرانى فى الكبير (25/32 ، رقم 54 ، 55) ، وفى الأوسط (8/217 ، رقم 8445) ، وفى الشاميين (1/197 ، رقم 344 ، 1/271 ، رقم 471) ، والبيهقى (2/441 ، رقم 4114) ، وفى شعب الإيمان (3/495 ، رقم 4176) .
Redaksi hadis pengiriman minyak ke baitul maqdis itu  beda  dan  menunjukkan lemah, tidak bisa di sahihkan.lepaskan saja dan jangan di buat pegangan. Pada hal , Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda sekali, lalu redaksinya  beda, mana yang dibenarkan dan mana yang disalahkan. Kita kembali kepada kaidah musthalah hadis, jangan kepada lainnya  yaitu hadis yang redaksinya kacau belau, dikatakan hadis  lemah.
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Saya  sendiri tdk menjumpai sahabat atau Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah mengirimkan minyak untuk lampu masjid al aqsha dalam refrensi atsar atau hadis yang sahih. Jangankan ke masjid al aqsha,  di masjid Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sendiri tidak ada lampunya dan tidak ada perintah untuk mengirim minyak ke situ. Apalagi kirim minyak ke masjidil haram tambah tiada refrensi atau hadisnya.
Bila hadis pengiriman minyak ke masjid al aqsha itu sahih, valid, maka akan ada sahabat yang memeraktekkannya. Realitanya tiada refrensi yang menyatakan spt itu. Realitanya masjid Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam gelap tanpa lampu
Perintah untuk mengirim minyak ke baitul maqdis itu bertentangan dengan ayat  sbb:
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُوا عَلَى اْلإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ شَدِيدُ الْعِقَاب
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. [1]
Ketika masjd al aqsha dalam genggaman pemerintah Romawi , maka sudah tentu, tiada bimbang lagi aktivitas di dalamnya adalah kesyirikan, bukan  tauhid,  ritual keristen yang penuh dengan durja, bukan ritual Islami yg penuh dengan kebaikan.  Bila kita mengirimkan minyak  untuk lampunya, ber arti kita ini membantu aktivitas kemungkaran itu , bukan mencegahnya.


0 2- مخالفته لما هو معلوم من سنته عليه الصلاة والسلام القولية والفعلية ( السنة التركية ) في الأمر بإيقاد السرج في مسجده ؛ فلا يعرف هذا في حديث صحيح ، بمعنى أنه لم يأمرهم بقوله ، ولم يفعله هو بنفسه ، عليه الصلاة والسلام 0 3- تقدم القول بنكارة متنه عن الذهبي ؛ بل أفصح عنه غاية الإفصاح والبيان في ( مهذب البيهقي ) 1 / 80 / 2 , ونقله عنه شيخنا رحمه الله في ( تحقيق أبي داود ) - غراس للنشر والتوزيع - ( 9 / 158 - 161 ) فقال الذهبي : ( وهذا خبر منكر ، وكيف يسوغ أن يبعث بزيت ليسرجه النصارى على التماثيل والصلبان ؟ وأيضاً : فالزيت منبعه من الأرض المقدسة ، فكيف يأمرهم أن يبعثوا به من الحجاز ؛ محل عدمه إلى معدنه ؟! ثم إنه عليه السلام لم يأمرهم بوقود ، ولا بقناديل في مسجده ، ولا فعله ، وميمونة لا يدرى من هي ، ولا يعرف لعثمان سماع منها ) 0
Abul bara berkata:
( sy terjemahkan scr ringkas sj )
Hadis tentang perintah menghidupkan lampu di amsjid beliau tidak dikenal dalam hadis sahih. Beliau  tidak pernah memerintah, tidak pernah mengerjakan.
30. Hadis  memberi lampu  di masjid adalah hadis yang munkar menurut dzahabi.
 فقال الذهبي : ( وهذا خبر منكر ، وكيف يسوغ أن يبعث بزيت ليسرجه النصارى على التماثيل والصلبان ؟ وأيضاً : فالزيت منبعه من الأرض المقدسة ، فكيف يأمرهم أن يبعثوا به من الحجاز ؛ محل عدمه إلى معدنه ؟! ثم إنه عليه السلام لم يأمرهم بوقود ، ولا بقناديل في مسجده ، ولا فعله ، وميمونة لا يدرى من هي ، ولا يعرف لعثمان سماع منها ) 0
Dzahabi menyatakan: Ini kabar  yg munkar, bagaimana diperbolehkan untuk mengirim minyak untuk lampu kaum nasrani yang akan menerangi  patung dan salib - salib.
Dan juga  minyak , sumbernya dari  tanah muqaddasah ( baitul maqdis ) , bagaimana  mungkin beliau memerintah sahabat agar mengirimnya dari tanah hijaz – tanah yang tiada minyak ke sumbernya.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sendiri  juga tidak pernah memerintah untuk menghidupkan lampu di masjid, beliau  sendiri juga tidak pernah berbuat.
Maimunah sendiri itu siapa, tiada orang yg ngerti . Dan Usman sendiri tidak dikenal mendengar riwayat dari Maimunah.

والخلاصة هي كون الحديث منكراً كما جزم شيخنا الألباني في ( ضعيف ابن ماجة ) برقم ( 298 ) 0
Jadi ringkasnya, hadis tsb munkar sebagaimana di tegaskan oleh syaikhuna al albani  dalam  dhoif Ibnu Majah  nomer  298.

http://www.ahlalhdeeth.com/vb/archive/index.php/t-82608.html



  Dodi ElHasyimi menulis  lagi :Al Kinaniy dalam Mishbaahuz Zujaajah mengatakan kalo Isnad dari Jalur Ibnu Majah Sahih dan Rijalnya Tsiqot
مصباح الزجاجة في زوائد ابن ماجه (2/ 14)
اب الصَّلَاة فِي بَيت الْمُقَدّس
(501) حَدثنَا إِسْمَاعِيل بن عبد الله الرقي حَدثنِي عِيسَى بن يُونُس حَدثنَا ثَوْر بن يزِيد عَن زِيَاد بن أبي سَوْدَة عَن أَخِيه عُثْمَان بن أبي سَوْدَة عَن مَيْمُونَة مولاة النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم قَالَت قلت يَا رَسُول الله أَفْتِنَا فِي بَيت الْمُقَدّس قَالَ أَرض الْمَحْشَر والمنشر إيتوه فصلوا فِيهِ فَإِن صَلَاة فِيهِ كألف صَلَاة فِي غَيره قلت أَرَأَيْت إِن لم أستطع أَن أتحمل إِلَيْهِ قَالَ فتهدي لَهُ زيتًا يسرج فِيهِ فَمن فعل ذَلِك فَهُوَ كمن أَتَاهُ

Komentarku ( Mahrus ali ):
Bila benar Al kinany mernyataan tsb bahwa isnadnya sahih dan perawi – perawinya  terpercaya  belum tentu sahih, kadang lemah juga karena redaksi yg kacau belau.
Untuk riwayat Ibnu Majah sbb:
حدثنا ‏ ‏إسمعيل بن عبد الله الرقي ‏ ‏حدثنا ‏ ‏عيسى بن يونس ‏ ‏حدثنا ‏ ‏ثور بن يزيد ‏ ‏عن ‏ ‏زياد بن أبي سودة ‏ ‏عن ‏ ‏أخيه ‏ ‏عثمان بن أبي سودة ‏ ‏عن ‏ ‏ميمونة مولاة النبي ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏قالت  
‏قلت يا رسول الله أفتنا في ‏ ‏بيت المقدس ‏ ‏قال ‏ ‏أرض المحشر والمنشر ائتوه فصلوا فيه فإن صلاة فيه كألف صلاة في غيره قلت أرأيت إن لم أستطع أن أتحمل إليه قال ‏ ‏فتهدي له زيتا يسرج فيه فمن فعل ذلك فهو كمن أتاه.
……………., Maimunah berkata: Aku bertanya : Wahai Rasulullah berilah fatwa kami  tentang baitul maqdis. Beliau  berkata: Ia adalah tanah Mahsyar dan tempat manusia di bangkitkan dari kuburan. Datangilah , lalu lakukanlah  shalat disitu. Sesungguhnya  shalat  di situ  sama dengan seribu kali shalat di tempat lain.
Aku  berkata: Bagaimana  bila  aku tidak bisa pergi ke sana ?
Beliau menyatakan: Kamu bisa memberikan minyak untuk lampunya . Barang  siapa yang menjalankan  sedemikian sama dengan orang yang datang kepadanya.
قال عنه الشيخ الألباني في ضعيف سنن ابن ماجة : منكر.

Syaikh  al albani menyatakan : Hadis  tsb munkar   dalam dhaif sunan Ibn Majah.

Seorang pengawas dalam shaut islami menyatakan:

وقال عنه الإمام الذهبي: خبر منكر، وضعفه الألباني في "ضعيف الجامع".
Imam Dzahabi menyatakan : Ia khabar yang munkar , dilemahkan  oleh al bani  dalam kitab Dhaif jami`.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Begitulah keterangan para ulama tentang hadis memberi minyak untuk masjidil aqsha. Banyak kalangan mereka yang melemahkan.
Anda menyatakan:
Al Kinaniy dalam Mishbaahuz Zujaajah mengatakan kalo Isnad dari Jalur Ibnu Majah Sahih dan Rijalnya Tsiqot
Sanadnya saja masih dipertentangkan antara  sahih , lemah. Untuk redaksinya tidak bisa di ampun lagi jelas dikatakan munkar, menyalahi akal, dalil lain yang muttafaq alaih sebagaimana masalah kelipatan shalat di masjidil aqsha.
Bila dikatakan hadis tsb sahih akan bertentangan dengan realita masjid Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sendiri tanpa lampu. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam meninggal dunia  dan khulafa ur rasyidin tidak menghidupkan lampu dimasjid , juga tdak mematikannya. Memang lampunya tidak ada di dalam masjid.
Lalu bagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintah untuk mengirim minyak di baitul maqdis , sedang  masjid beliau sendiri dibiarkan gelap tanpa lampu. Beliau tidak memerintah, dan tidak berbuat. Begitu  juga sahabatnya.


[1] Al Maidah 2.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan