Minggu, April 12, 2015

Kesalahan pendapat ulama - seri ke dua





Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Qatadah
Ceramah agama Islam ini adalah rekaman dari kegiatan tabligh akbar yang terselenggara pada Ahad, 7 Jumadal Akhirah 1436 / 29 Maret 2015 di Masjid Al-Hidayah, Jl. Cibeuti, Cilamajang, Kawalu, Tasikmalaya. Pada sesi kedua dari tabligh akbar tersebut disampaikan materi tentang “Kesesatan ISIS” oleh Ustadz Abu Qatadah. Silakan download rekaman ceramah agamanya berupa MP3 ini dan bagikan kepada saudara-saudara Muslimin lainnya agar turut mewaspadai bahaya ISIS.!

Ringkasan Ceramah Agama: Kesesatan ISIS

Tentang munculnya ISIS (Da’isy), ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu telah mengisyaratkan akan munculnya gerakan ini. Dalam kitab Abu Nu’aim rahimahullah, beliau meriwayatkan yang dinisbatkan kepada ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengatakan:
إِذَا رَأَيْتُمُ الرَّايَاتِ السُّودَ فَالْزَمُوا الأَرْضَ فَلا تُحَرِّكُوا أَيْدِيَكُمْ ، وَلا أَرْجُلَكُمْ ،
“Jika kamu melihat bendera-bendera hitam, maka berdiamlah (jangan mendukung / jangan mengikuti), …
Kemudian ‘Ali radhiyallahu ‘anhu melanjutkan:
هُمْ أَصْحَابُ الدَّوْلَةِ ، لا يَفُونَ بِعَهْدٍ وَلا مِيثَاقٍ ، يَدْعُونَ إِلَى الْحَقِّ وَلَيْسُوا مِنْ أَهْلِهِ ، أَسْمَاؤُهُمُ الْكُنَى ، وَنِسْبَتُهُمُ الْقُرَى ، وَشُعُورُهُمْ مُرْخَاةٌ كَشُعُورِ النِّسَاءِ ، حَتَّى يَخْتَلِفُوا فِيمَا بَيْنَهُمْ
“… Mereka mengklaim mempunyai negara (mengklaim pemilik khilafah tapi sesungguhnya tidak ada yang mengakui mereka karena tidak diangkat dan tidak ada yang mengangkat), mereka mengklaim sebagai orang yang paling benar tapi kebenaran jauh dari mereka, nama-nama mereka kunyah (Abu …, Abu …) nisbat kepada tempat-tempat (Al-Baghdady, Al-Filistiny, Al-Jazairy, dst), rambut-rambut mereka panjang terurai seperti rambut wanita, kemudian berselisih di antara mereka sendiri. …”
Sembilan puluh persen apa yang diisyaratkan oleh Ali radhiyallahu Ta’ala ‘anhu tentang akan munculnya satu kelompok ini (ISIS) adalah sama, (baik) sifat-sifatnya (maupun) karakternya. ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengisyaratkan kalimat ini karena kefaqihan beliau kepada ayat-ayat Quran dan hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam akan munculnya penyimpangan di akhir zaman.
Ayo simak ceramah agama Islam yang menerangkan kepada kita hakikat kesesatan ISIS yang ternyata telah diisyaratkan sejak zaman dahulu oleh sahabat yang mulia ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu.


Komentarku ( Mahrus ali ):
Ada kalimat yang tidak diterjemahkan dalam artikel itu sbb:
لا يَفُونَ بِعَهْدٍ وَلا مِيثَاقٍ
Mereka tidak memenuhi janji atau perjanjian ( persetujuan ) .

Ada kalimat lagi yang kurang pas terjemahannya :
، يَدْعُونَ إِلَى الْحَقِّ وَلَيْسُوا مِنْ أَهْلِهِ
mereka mengklaim sebagai orang yang paling benar tapi kebenaran jauh dari mereka,

Komentarku ( Mahrus ali ):
Terjemahan yang tepat sbb:
Mereka mengajak kebenaran tapi mereka bukan ahlinya  ( bukan ahlul hak, atau layak di sebut ahlul bathil ).

Di katakan lagi:
وَنِسْبَتُهُمُ الْقُرَى ،

nisbat kepada tempat-tempat (Al-Baghdady, Al-Filistiny, Al-Jazairy, dst),
Komentarku ( Mahrus ali ):
Nisbat mereka kepada desa – desa .

Saya jumpai atsar tsb dikitab  -kitab sbb: 


جامع الأحاديث (29/ 291، بترقيم الشاملة آليا)
جامع الأحاديث للسيوطي (29/ 291)
[كنز العمال 31530]
Atsar itu diriwayatkan oleh Nu`aim bin Hammad 210/1 nomer 573.
أخرجه نعيم بن حماد (1/210، رقم 573) .
Juga oleh Abd Razzaq  ( 302 /1  nomer 1161.
أخرجه عبد الرزاق (1/302 ، رقم 1161)
Sanad atsar tsb sbb:


رواه نـُعيم بن حماد في كتاب الفتن عن الوليد بن مسلم ورشدين بن سعد عن عبد الله بن لهيعة عن أبي قبيل عن أبي رومان عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه أنه قال: "إذا رأيتم الرايات السود فالزموا الأرض


Nu`aim bin Hammad meriwayatkannya  dlm kitab al Fitan  dari al Walid bin Muslim  dan Rusydin  bin  Sa`ad  dari  Abdullah bin Lahi`ah   dari Abu  Qubail  dari  Abu Ruman  dari  Ali bin Abu Thalib  ra   berkata: ……………

Jawaban  dari  Asosiasi  ulama  Suria  yang saya ringkas  sbb:
رابطة العلماء السوريين
نص الجواب:
الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على سيدنا محمد خاتم النبيين وإمام المرسلين، وعلى آله وأصحابه وإخوانه أجمعين.

حديث "إذا رأيتم الرايات السود فالزموا الأرض، ثم يظهر قوم ... أسماؤهم الكنى ..."

رواه نـُعيم بن حماد في كتاب الفتن عن الوليد بن مسلم ورشدين بن سعد عن عبد الله بن لهيعة عن أبي قبيل عن أبي رومان عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه أنه قال: "إذا رأيتم الرايات السود فالزموا الأرض، فلا تحركوا أيديكم ولا أرجلكم، ثم يظهر قوم ضعفاء لا يُؤبه لهم، قلوبهم كزبر الحديد، هم أصحاب الدولة، لا يفون بعهد ولا ميثاق، يدعون إلى الحق وليسوا من أهله، أسماؤهم الكنى، ونسبتهم القرى، وشعورهم مرخاة كشعور النساء، حتى يختلفوا فيما بينهم، ثم يؤتي الله الحق من يشاء".

[عبد الله بن لهيعة صدوق يدلس ويُلقن. أبو قبيل مصري ثقة فيه لين مات سنة 128. أبو رومان ذكره ابن منده في الكنى ولم يذكر فيه جرحا ولا تعديلا فهو مجهول].
…………….., intinya  sbb:
Abdullah bin lahi`ah adalah perawi  yang selalu  berkata benar , mudallis ( suka menyeiinapkan  perawi lemah ) dan didekte ketika menyampaika hadis .
Abu Qubail  adalah perawi  Mesir yang terpercaya tapi terdapat kelemahan. Da meninggal dunia pada  tahun 128 H.
Abu Ruman  di cantumkan oleh Ibn Mandah dalam kitab al kuna > beliau tidak menyebut  jarh dan ta`dilnya. Dia adalah perawi yang tidak dikenal identitasnya.

وهذا حديث موقوف سنده تالف ومتنه منكر.
وكتبه صلاح الدين بن أحمد الإدلبي.
Hadis  tsb adalah mauquf , sanadnya rusak dan redaksi hadisnya munkar .
Ditulis oleh Shalahuddin  bin Ahmad al Idlibi.

Komentarku ( Mahrus ali ):
قال ابن حزم: \" والخامسُ شيءٌ نقل كما ذكرنا إما بنقل أهل المشرق والمغرب أو كافة عن كافة أو ثقة عن ثقة حتى يبلغ إلى النبي - صلى الله عليه وسلم - إلا أن الطريق فيه رجلٌ مجروحٌ يكذب أو فيه غفلةٌ أو مجهولُ الحال فهذا أيضاً يقول: به بعض المسلمين،ولا يحلُّ عندنا القولُ به ولا تصديقُُه ولا الأخذُ بشيء منه\" الفصل في الملل والأهواء والنحل-(ج 1 / ص 130 و180 ). وراجع هذا الرأي في : قواعد التحديث للقاسمي-( ص 72 ) و تدريب الراوي في شرح تقريب النواوي-( ص 232 ) و ومجموع الفتاوى (ج 18 / ص 65 ) وتيسير مصطلح الحديث (ص 12 ) ومنهج النقد في علوم الحديث (ص 292 ).
…………. Intinya Ibnu Hazm berkata:  Hadis yang dikutip  untuk kita , adakalanya di kutip  penduduk barat dan timur , semua orang  dari semuanya , orang terpercaya  dari orang yang terpercaya sampai pada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam . Hanya saja di jalurnya ada lelaki yang cacat dusta, lupa , tidak dikenal . Hal sedemikian ini juga di bolehkan oleh sebagian kaum muslimin.
Untuk kami tidak boleh berpendapat dengannya,  tidak boleh membenarkannya atau mengambilnya untuk pegangan.
Lihat  di :
\" الفصل في الملل والأهواء والنحل-(ج 1 / ص 130 و180 ). وراجع هذا الرأي في : قواعد التحديث للقاسمي-( ص 72 ) و تدريب الراوي في شرح تقريب النواوي-( ص 232 ) و ومجموع الفتاوى (ج 18 / ص 65 ) وتيسير مصطلح الحديث (ص 12 ) ومنهج النقد في علوم الحديث (ص 292 ).




Ustadz Abu Ismail  berkata:



هذا الخبر ضعيف لأكثر من سبب فلو مشينا عنعنة الوليد وضعف رشدين لتعاضدهما في الرواية فإن شيخهما عبد الله بن لهيعة المصري ضعيف الرواية :


Atsar Ali bin Abi Thalib di atas adalah lemah karena banyak sebab. Bila  kita  mengikuti jalur  an`anah Al walid  dan perawi lemah  Rusydin karena keduanya  terdapat dalam riwayat itu, maka  hakikatnya  guru keduanya adalah Abdullah bin Lahi`ah al masri adalah  perawi lemah .


التفصيل :
واعلم أيها القارئ أني جهدت في بحث إسناد هذا الحديث فلم أجد أحداً ذكر هذا الحديث بهذا السند غير نُعيم بن حماد الخزاعي في كتابه الفتن وهو كتابٌ مملوء بالمناكير وما لا أصل له .
قال أبو عبد الله الذهبي في هذا الكتاب : « وقد صنّف كتاب الفتن فأتى بعجائب ومناكير » انتهى .
وهذا النقل عن الذهبي كافٍ في اطّراح ما أبداه الضبع .
Rincian :
Ketahuiah wahai pembaca !  Sesungguhnya aku telah sungguh – sungguh  untuk mencari  sanad  hadis ini , lalu aku  tidak menjumpai  seorang  yang mencantumkan hadis ini dengan  sanad ini kecuali Nuaim bin Hammad al  Khuza`I  dalam kitabnya  “ Al fitan “ . Ia  kitab yang penuh dengan banyak hadis munkar dan hadis yang  tidak ada asalnya ( hadis yang tidak bermodal dari hadis valid  lainnya).
Abu  Abdillah Dzahabi  berkata  tentang kitab itu : Sungguh  kitab  tersebut (al Fitan ) di karang  lalu  banyak keajaiban  dan hadis  - hadis yang munkar ……….. selesai kutipan.

Kutipan ini sudah cukup untuk membuang apa yang di nyatakan oleh orang yang menyimpang.


Komentarku ( Mahrus ali ):
Sayang  sekal hadis munkar, lemah tsb di buat dasar  tuduhan jelek kepada daulah Islam. Jangan membuat fitnah yang keji lagi kepada daulah Islam, tapi berkatalah  dengan realita, jangan meng ada – ada . Apakah  tidak takut dengan ayat ini:

إِنَّ الَّذِينَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوبُوا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيقِ
.Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan kepada orang-orang yang mu'min laki-laki dan perempuan kemudian mereka tidak bertaubat, maka bagi mereka azab Jahannam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar.
Ayat tersebut mirip dengan ayat  sbb :
وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُبِينًا
Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu'min dan mu'minat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata. 
Ingatlah  kalimat seorang penyair sbb:
إِنْ كَانَ يُعْجِبُكَ السُّكُوْتُ فَإِنَّهُ ... قَدْ كَانَ يُعْجِبُ قَبْلَكَ اْلأَخْيَارَا
وَ لَئِنْ نَدِمْتَ عَلَى سُكُوْتٍ مَرَّةً ... فَلَقَدْ نَدِمْتَ عَلَى اْلكَلاَمِ مِرَارًا

Bila kamu tertarik untuk diam, maka sungguh orang – orang baik sebelummu juga begitu .
Bila kamu menyesal atas diam  sekali , sungguh kamu  beberapa kali menyesal karena pembicaraanmu .
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan