Senin, Januari 05, 2015

Jawabanku ke 5 tentang bangkai ikan haram



AJawabanku ke 5 tentang bangkai ikan haram
u Ya'la Hizbul Majid  tinggal  Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia dari  Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia  menulis sbb:
Penjelasan Hadits Tentang Dua Macam Bangkai dan Dua Macam Darah (Tulisan ini sebagai sanggahan apa yg ditulis oleh saudara Mahrus Ali Ali)
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

أُحِلَّتْ لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ، فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ، وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ

“Telah dihalalkan bagi kami dua macam bangkai dan dua macam darah. Adapun dua macam bangkai adalah ikan dan belalang; dan dua macam darah adalah hati dan limpa”.
Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 3218 & 3314, Ahmad 2/97, Asy-Syaafi’iy dalam Al-Musnad no. 1513 & dalam Al-Umm: 2/255, ‘Abd bin Humaid dalam Al-Muntakhab no. 818, Ad-Daaruquthniy no. 4732, Al-Baihaqiy dalam Ash-Shughraa: 4/54 no. 3863 & dalam Al-Kubraa: 1/254 & 9/257 & 10/7, Ibnu Tsartsaal dalam Juuz-nya no. 185, Abu ‘Abdillah Al-Mahaamiliy dalam Juuz-nya no. 32, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah no. 2803, Ibnul-Jauziy dalam At-Tahqiiq no. 2331, Al-Waahidiy dalam Al-Wasiith fii Tafsiiril-Qur’aanil-Majiid 2/332, Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 2/80-81 & 5/444; dari beberapa jalan, dari ‘Abdurrahmaan bin Zaid bin Aslam, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “.....(al-hadits)....”.
Hadits ini lemah atau bahkan sangat lemah dikarenakan ‘Abdurrahmaan bin Zaid bin Aslam. Ia seorang yang dla’iif menurut kesepakatan sebagaimana dikatakan Ibnul-Jauziy.
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Benar apa yang anda tulis, bahwa hadis tsb lemah.
‘Abdurrahmaan mempunyai mutaabi’ dari :
1. ‘Abdullah bin Zaid bin Aslam.
Sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Daaruquthniy no. 4732, Al-Baihaqiy dalam Ash-Shughraa 4/54 no. 3863 dan dalam Al-Kubraa1/254, dan Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 2/80-81 & 5/308; dari jalan ‘Abdullah bin Zaid bin Aslam, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Umar secara marfuu’.
‘Abdullah bin Zaid bin Aslam Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy, Abu Muhammad Al-Madaniy; seorang yang shaduuq, namun padanya ada kelemahan (layyin). Termasuk thabaqah ke-7, dan wafat tahun 164 H di Madinah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 508 no. 3350].
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Tentang nama Abdullah bin Zaid bin Aslam
و قال أبو داود : أولاد زيد بن أسلم كلهم ضعيف ، و أمثلهم عبد الله
Abu Dawud berkata: Seluruh anak  Zaid bin Aslam adalah lemah. Dan paling baik adalah Abdullah.
Mausuah ruwatil hadis  3865.
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Walaupun begitu, Abdullah anak Zaid bin Aslam masih tergolong perawi lemah.
و قال عباس الدورى ، عن يحيى بن معين : بنو زيد بن أسلم ، ثلاثتهم حديثهم ليس بشىء ، ضعفاء ثلاثتهم .
و قيل عن على ابن المدينى : ليس فى ولد زيد بن أسلم ثقة
و قال إبراهيم بن يعقوب الجوزجانى : بنو زيد بن أسلم ضعفاء فى الحديث
و قال النسائى : ليس بالقوى
Abbas ad dauri berkata  dari Yahya bin Ma`in : Anak – anak Zaid bin Aslam . Tiga – tiganya , hadisnya bukan apa – apa ( bukan hadis  sahih atau hasan )
Di katakan dari Ali bin  Al Madini: Tiada  perawi yang terpercaya dari anak Zaid bin Aslam.
Ibrahim bin Ya`qub al Juzjani berkata: Anak – anak Zaid bin Aslam adalah lemah  dlm hadis .
Nasai  berkata: Dia bukan perawi yang kuat ( lemah ).
Lihat mausuah ruwatil hadis :3330
مسند أحمد ط الرسالة (10/ 16)
وهذا إسناد حسن، عبد الله بن زيد: وثَّقه أحمد وعلي ابن المديني، وضعفه ابن معين، وقال النسائي: ليس بالقوي.
Ini adalah sanad yang hasan – Abdullah bin Zaid telah dinyatakan  tsiqah  oleh Ahmad dan Ali bin Al Madini, tapi dilemahkan oleh Ibn Ma`in dan Nasai  sendiri berkata: Dia perawi tidak kuat. Lihat musnad Ahmad – Al risalah  16/10
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Walaupun Imam Ahmad telah menyatakan perawi Abdullah bin Zaid terpercaya , tapi ditempat lain , ada pernyataan beliau yang dikutip sbb:
وقد استنكر الإِمام أحمد المرفوع كما في "العلل ومعرفة الرجال" (رقم 1795)
Sungguh Imam Ahmad ingkar hadis " Bangkai ikan di halalkan  sebagai hadis yang marfu` sebagaimana di sebut dalam al ilal wa ma`rifatir rijal 1795.
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Jadi hadis " Bangkai ikan halal " hadis mungkar kata Imam Ahmad.
Hal yang tidak bisa diampun adalah redaksi hadis antara satu riwayat dengan yang lain kacau, ada tambahan di satu riwayat dimana riwayat lain tambahan itu dikurangi sebagaimana keterangan kami kemarin sbb:

حَدَّثَنَا أَبُو مُصْعَبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّتْ لَنَا مَيْتَتَانِ الْحُوتُ وَالْجَرَادُ
Telah memberitakan kepada kami Abu Mush'ab telah memberitakan kepada kami Abdurrahman bin Zaid bin Aslam dari Ayahnya dari Abdullah bin Umar, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Telah di halalkan bagi kita dua jenis bangkai; bangkai ikan paus dan belalang." HADIST NO – 3209 / KITAB IBNUMAJAH

دَّثَنَا أَبُو مُصْعَبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّتْ لَكُمْ مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ
Telah menceritakan kepada kami Abu Mush'ab telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Zaid bin Aslam dari Ayahnya dari Abdullah bin Umar, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Telah dihalalkan buat kalian dua jenis bangkai dan dua jenis darah, dua jenis bangkai adalah; bangkai ikan paus dan bangkai belalang, sedangkan dua jenis darah adalah  hati dan limpa." HADIST NO – 3305 / KITAB IBNUMAJAH. Ia  juga diriwayatkan  oleh Imam Ahmad  HADIST NO – 5465

Komentarku ( Mahrus  ali ):
Dalam dua hadis di atas dari perawi yang sama namun ternyata redaksinya berbeda, tidak sama.  Pada nomer 3209 riwayat Ibnu Majah  tiada tambahan "  darah " . Tambahan ini dari mana  dari perawi , atau  dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Lalu di riwayat lain , redaksinya dikurangi, yaitu tidak menyebut dua  darah. Kontradiksi sedemikian ini membikin lemahnya hadis,  bukan hadis  hasan apalagi sahih.  Di samping sanadnya  dari Abd Rahman bin Zaid bin Aslam yang lemah.
Hadis tsb kata Imam Ahmad munkar.
و قال عبد الله بن أحمد بن حنبل : سمعت أبى يضعف عبد الرحمن بن زيد بن أسلم ،و قال : روى حديثا منكرا : " أحلت لنا ميتتان و دمان " .
Abdullah bin Ahmad bin Hambal berkata: Aku mendengar ayahku melemahkan perawi Abd Rahman bin Zaid bin Aslam
Beliau meriwayatkan hadis munkar " Di halalkan dua bangkai dan dua darah "

Mausuah ruwatil hadis  3865.
Hadis " bangkai ikan halal " itu hanya dari seorang sahabat yaitu dari Ibnu Umar  lalu diriwayatkan oleh perawi lain bernama  Ziad bin Aslam, bukan perawi lain, tiada perawi lain yang meriwayatkannya
Karena itu, hadis " Bangkai ikan halal " itu tidak bisa di buat pegangan, lepaskan saja. Bila  di buat pegangan  akan bertentangan dengan al Quran yang mengharamkan bangkai secara mutlak . Ia hadis yang redaksinya munkar.
Abu bakar al bardiji berkata:
وقال أيضا ( إذا روى الثقة من طريق صحيح عن رجل من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم حديثا لا يصاب إلا عند الرجل الواحد ـ لم يضره أن لا يرويه غيره ، إذا كان متن الحديث معروفا ، ولا يكون منكرا ، ولا معلولا )(3)
Bila seorang perawi terpercaya meriwayatkan  dari jalur sahih dari seorang lelaki  dari sahabat – sahabat Nabi SAW suatu hadis yang hanya diriwayatkan oleh seorang lelaki , maka boleh dia sendirian meriwayatkannya  asal  redaksi hadis terkenal dan tidak munkar atau cacat.
شرح علل الترمذي (2/ 653ـ654) ، وانظر التعديل والتجريح للباجي (1/302)


Anda menyatakan lagi:
2. Usaamah bin Zaid bin Aslam.
Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Ash-Shughraa 4/54 no. 3863 dan dalam Al-Kubraa1/254, dan Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 2/80-81 & 5/308; dari jalan ‘Abdullah bin Zaid bin Aslam, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Umar secara marfuu’.
Usaamah bin Zaid bin Aslam Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy, Abu Zaid Al-Madaniy; seorang yang dla’iif dari sisi hapalannya. Termasuk thabaqah ke-7, dan wafat dalam masa kekhilafahan Manshuur. Dipakai oleh Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 123 no. 317].
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Usamah  termasuk anak  Zaid yang dikatakan lemah juga oleh Ulama sebagaimana di terangkan tadi. Selain itu, hadis  riwayatnya yang menghalalkan bangkai ikan juga bertentangan dengan ayat yang mengharamkan bangkai secara mutlak sbb:
قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَإِنَّ رَبَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi --karena sesungguhnya semua itu kotor-- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."[1]
Nabi Musa ketika ingin bertemu  dengan Nabi Khidir juga membawa ikan hidup bukan ikan mati untuk bekal makanannya. Mengapa Nabi Musa payah – payah membawa ikan hidup bila ikan mati di perbolehkan. Kisahnya lihat du surat Kahfi 61-63.
Anda menyatakan:
Tiga jalan periwayatan marfuu’ dari anak-anak Zaid bin Aslam ini dhahirnya berderajat hasan.
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Bagaimana hadis yang di riwayatkan oleh tiga anak Zaid bin Aslam yang lemah itu dikatakan hasan, bukan lemah. Batin dan dhahirnya tetap lemah. Sudah cukup Imam Ahmad menyatakan hadis itu munkar. Apalagi redaksinya menentang al quran yang mengharamkan bangkai secara mutlak.Lihat kaidah hadis hasan sbb:
أما الحديث الحسن فهو الذي توفرت فيه شروط الحديث الصحيح إلا شرطا واحدا وهو ضبط الرواة، فإن راويه أقل ضبطا من رواي الحديث الصحيح.
وعلى ذلك، فإن الحديث الحسن هو: ما اتصل سنده بنقل عدل لم يكن مستوى الضبط عنده على نفس المستوى المشترط في الصحيح، وسلم من الشذوذ والعلة.
Hadis hasan adalah hadis yang telah memiliki sarat – sarat hadis sahih dengan lengkap kecuali satu sarat  yaitu hapalan perawi – perawi yang kuat. Sesungguhnya perawi hadis hasan  sedikit kurang mantap hapalannya  di banding dengan perawi hadis  sahih.
Atasa dasar itu, maka  hadis hasan adalah hadis yang sanadnya bersambung  dengan  kutipan dari  seorang perawi yang adil yang tidak memiliki tahap kekuatan  hapalan yang disaratkan dalam hadis  sahih. Juga selamat dari syadz dan illat. ( cacat ).
Fatwa  nomer 58345  dari markaz fatwa.
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Pada hal hadis " Bangkai ikan halal " diriwayatkan oleh perawi yang lemah bukan adil yang kuat hapalannya sebagaimana dalam kaidah hadis hasan. Apalagi redaksi hadis " Bangkai ikan halal " itu gharib – nyeleneh, tiada hadis sahih yang mendukungnya. Apalagi tafarrud pada Zaid bin Aslam.  Dia tingkat tiga dari pertengahan tabiin – wafat 136.
ذهب الخليلي إلى أن الحديث الذي تفرد به الثقة: "يتوقف فيه، ولا يحتج به".4
Al khalili menyatakan bahwa hadis  yang hanya seorang perawi  terpercaya yang meriwayatkannya di tahan dulu ( di inventarisir atau masih bimbang ) dan tidak boleh di buat hujjah  .
- الخليلي؛ الإرشاد: 176-177
Anda menyatakan lagi:
 Akan riwayat ketiga anak Zaid diselesihi Sulaimaan bin Bilaal yang meriwayatkan secara mauquuf – sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Ash-Shughraa 4/55 no. 3894-3895 & dalam Al-Kubraa1/254 : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh dan Abul-Hasan ‘Aliy bin Muhammad As-Sabii’iy, mereka berkata : Telah memberitakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin ya’quub : Telah memberitakan kepada kami Ar-Rabii’ bin Sulaimaan, dari Ibnu Wahb : Telah menceritakan kepada kami Sulaimaan bin Bilaal, dari Zaid bin Aslam , dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasannya ia pernah berkata : “.....(al-hadits)....”.
Sanad riwayatnya shahih, sebagaimana dikatakan oleh Al-Baihaqiy rahimahullah.
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Maukuf, bukan marfu`.  Apalagi tafarrud pada Zaid bin Aslam, bukan perawi lain. Tiada yang meriwayatkan  hadis itu kecuali dari Zaid bin Aslam. Tafarrudnya  disini pada dua tingkat yaitu sahabat dan tabiin.  Pakar – pakar hadis yang lalu telah melemahkan riwayat hadis yang tafarrud itu .
،وقال الإمام أحمد :"لا تكتبوا هذه الأحاديث الغرائب فإنها مناكير ، وعامتها عن الضعفاء ".

Imam Ahmad  berkata: Janganlah menulis  hadis – hadis  yang gharib ( nyeleneh ) Sesungguhnya ia adalah hadis  yang munkar . Dan kebanyakanya  adalah lemah.
Mauquf itu tidak bisa dibuat pegangan lepaskan saja.

سئل الشيخ ابن عثيمين ـ غفر الله له ـ: من الأصول التييرجع إليها طالب العلم الشرعي أقوال الصحابة ـ رضي الله عنهم ـ فهل هي حجة يُعمل بها؟

فأجاب بقوله: قول الصحابي أقرب إلى الصواب من غيره بلا ريب، وقوله حجة، بشرطين:

أحدهما: أن لا يخالف نص كتاب الله تعالى أو سنة رسوله صلى الله عليه وسلم،

والثاني: أن لا يخالفه صحابيآخر.

فإن خالف الكتاب أو السنة فالحجة في الكتاب أو السنة، ويكون قوله منالخطأ المغفور.

وإن خالف قول صحابي آخر طلب الترجيح بينهما، فمن كان قولهأرجح فهو أحق أن يتبع، وطرق الترجيح تعرف إما من حال الصحابي أو من قرب قوله إلىالقواعد العامة في الشريعة أو نحو ذلك.

Syaikh Ibn Utsaimin – semoga Allah mengampuni dosanya ditanya : Termasuk patokan yang di jadikan rujukan oleh penuntut ilmu Syar`I adalah  perkataan – perkataan sahabat ra . Apakah ia  hujjah yang bisa di amalkan.
Beliau menjawab seraya berkata: Perkataan sahabat lebih dekat kepada kebenaran  dari pada perkataan orang lain tanpa diragukan lagi. Da perkataannya juga hujjah  dengan dua sarat.
1.    Tidak bertentangan dengan nas kitabullah  taala atau sunnah  RasulNya Shallallahu alaihi wa sallam
2.    Tidak menyelisihi dengan perkataan sahabat yang lain.

Bila bertentangan dengan kitab al Quran dan sunnah  Rasul , maka yang dibuat hujjah adalah al quran atau sunnah . Dan perkataannya  termasuk kekeliruan yang di ampun.
Bila perkataan sahabat itu bertentangan dengan perkataan sahabat yang lain, maka  harus di cari jalan tarjih antara keduanya. Barang siapa yang perkataannya lebih rajih , maka lebih berhak untuk di ikuti . Jalan tarjih telah dikenal  kadang dari  kondisi sahabat atau orang yang perkataannya  dekat dengan kaidah  - kaidah umum  dalam sariat  atau sesamanya.
Komentarku ( Mahrus  ali ):
Kesan saya pendapat Syaikh Utsaimin itu hendaknya  seseorang  berpegangan kepada al quran atau hadis bila perkataan sahabat atau hadis mauquf itu bertentangan dengan al quran. Sebagaimaa   hadis " Bangkai ikan halal " ini hendaknya  di buang saja dan ambillah al quran yang mengharamkan bangkai secara mutlak.
Ada orang yang berkata: Siapa ulama yang mengatakan bangkai ikan halal?
Saya katakan: Pendapat ulama  itu kadang benar kadang keliru, bukan rujukan. Perkataan sahabat saja bila bertentangan dengan  dalil kata Syaikh Utsaimin harus di tinggalkan .
Rujukan kita adalah dalil. Ingat ayat:
فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللهِ  وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللهِ  وَالْيَوْمِ ا‏ ْلآ‏خِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً
Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan  Rasul  (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. Nisa` 59

Ingat, hadis mauquf yang di sebutkan oleh Abu Ya`la itu  tidak bisa di buat pegangan untuk menghalalkan bangkai ikan yang di haramkan al quran dalam ayat:
نَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  173 Baqarah
Kalimat maitah – bangkai  itu umum, jangan di kecualikan  kecuali ada dalil yang sahih bukan pendapat atau kesepakatan ulama. Imam Syafii berkata:
Imam Ahmad pernah menyatakan: 

لاَ  تُقَلِّدْنِي وَلاَ  مَالِكًا وَلاَ  الثَّوْرِيَّ وَلاَ  الشَّافِعِيَّ
Jangan ikut kepadaku,atau Imam Malik, Tsauri atau Syafii.
Ali ra  berkata :
مَا كُنْتُ لِأَدَعَ سُنَّةَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِقَوْلِ أَحَدٍ *
Aku  tidak akan meninggalkan sunah Nabi  S.A.W.    karena  perkataan orang “. [2]
Imam Malik berkata :
إنَّمَا أَنَا بَشَرٌ أُصِيبُ وَأُخْطِئُ فَاعْرِضُوا قَوْلِي عَلَى الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ
        Aku hanyalah manusia , terkadang pendapatku benar , di lain waktu kadang salah . Karena itu , cocokkan perkataanku ini dengan kitabullah dan hadis Rasulullah .

Imam Syafii yang menyatakan :
إذَا صَحَّ الْحَدِيثُ فَاضْرِبُوا بِقَوْلِي الْحَائِطَ وَإِذَا رَأَيْت الْحُجَّةَ مَوْضُوعَةً عَلَى الطَّرِيقِ فَهِيَ قَوْلِي .
Bila ada hadis sahih , maka  lemparkan perkataanku ke tembok . Bila kamu lihat hujjah telah berada di jalan , maka  itulah perkataan ku 
 لاَ تُقَلِّدْ دِينَك الرِّجَالَ فَإِنَّهُمْ لَنْ يَسْلَمُوا مِنْ أَنْ يَغْلَطُوا .
Dalam masalah agama,jangan ikut orang , sebab  mereka mungkin juga salah .

 Dalil lemah sudah tentu tidak bisa menghalalkan bangkai yang di haramkan  al Quran. Bila bangkai ikan di makan, kita akan benturan lagi dengan ayat:
وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ ۗ وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَيُوحُونَ إِلَىٰ أَوْلِيَائِهِمْ لِيُجَادِلُوكُمْ ۖ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ
 ‘Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawankawannya agar mereka membantah kamu dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik.’ (al-An’am: 121).”
Bangkai ikan yang mati itu sudah  tentu tidak disembelih dengan nama Allah, lalu kita makan. Sudah jelas dan tidak samar lagi, kita ini termasuk makan makanan yang tidak  disembelih dengan nama Allah. Kita makan bangkai ikan tersebut termasuk larangan dalam ayat itu . Apakah anda katakan lagi : "Kecuali bangkai ikan ".
Perkataan tsb tanpa dalil yang sahih dan hanya mengikuti perasangka yang keliru bukan yang benar. Allah berfirman:
وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الأرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلا الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلا يَخْرُصُونَ

“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).” [QS.al-An'am/6: 116]
Bersambung ………………

Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL ) atau  08819386306   ( smartfren)
https://www.facebook.com/mahrusali.ali.50





[1]   Al An`am 45
[2] HR Bukhori  1563
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan