Kamis, November 13, 2014

Isu Ayam Potong Tidak Baik bagi Kesehatan


Oleh Nevetari Vivi

Hampir semua orang suka daging ayam, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Di era modern, keberadaan ayam potong, sebut saja broiler marak di pasaran. Pada akhirnya bahaya ayam potong dituding tidak baik bagi kesehatan. Isu ayam potong tidak baik bagi kesehatan sebenarnya benar adanya. Kategori peternak junk food hasil pembesaran ayam potong yang tidak wajar jadi penyebabnya.
Jika ayam biasa perlu waktu 5-7 bulan untuk dipanen, sedangkan ayam potong hanya 35-45 hari saja. Perbandingan yang sangat jauh. Benar saja, ini adalah lahan bisnis terbaik untuk peternak ayam pedaging, pabrik ayam dan penjual ayam. Di sisi lain bagi konsumen, timbul masalah bahaya bagi kesehatan.
Saya tidak menuding ayam potong sepenuhnya buruk, namun anda sendiri pasti tahu dan para Dokter kesehatan pun menyarankan untuk mengurangi konsumsi ayam potong dan telur demi kesehatan. Apalagi bagi usia anak-anak dan uasi tua yang rentan terkena berbagai jenis penyakit.
Zat kimia tidak sehat
Jelas ayam kamar ini selalu diberi suplai makanan konsentart, ayam potong mengandung zat kimia estrogen yang membuat tubuh jadi gemuk. Selain itu, logikanya ayam jenis ini kurang gerak, hanya makan dan tidur saja sehingga banyak timbunan lemak dibanding daging itu sendiri. Bisa jadi lemak tersebut adalah kolesterol yang nantinya pindah kepada orang yang mengkonsumsi.

Zat kimia estrogen
Darimana estrogen-estrogen tersebut didapat? Bisa saja ayam tersebut disuntik secara langsung oleh si peternak atau makanan ayam tersebut mengandung senyawa estrogen. Makanan ayam potong adalah semacam kroto yang dibuat dari bahan-bahan organik yang sudah tidak dapat dikonsumsi oleh manusia, mungkin roti atau makanan lain yang sudah kadaluwarsa kemudian di proses hingga menjadi makanan ayam.

Vaksinasi ayam
Agar pertumbuhan optimal, ayam potong wajib diberi vaksinasi. kalau anda lihat, umur ayam potong 2 hari belum mampu bergerak lincah, namun ayam broiler 2 hari sudah mampu bergerak lincah. Itu bukti efek vaksin kimia dari induk yang diturunkan.

Secara logika, ayam organik, ayam kampung jauh lebih mahal dibanding ayam potong, padahal dari segi pemeliharaannya lebih mahal ayam potong. Tentu saja anda sebagai konsumen sudah tahu mana yang sehat dan mana yang tidak.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan