Minggu, Oktober 12, 2014

Hukum gambar yang diperbolehkan


 
Gambar itu saya tampilkan untuk pendidikan dan pelajaran penting tentang salat di atas tanah, lalu di kritisi sbb:
Abu Hammam Afwan.. Bukankah haram memajang gambar2 mahluk bernyawa.
9 jam · Telah disunting · Suka · 1
Bani Gasda Asep Iya itu jelas dalilnya dan tidak di tawar tawar lagi..
Komentarku: :Lalu saya lihat FB Abu Hammam ada gambar group musik slank juga ada gambar syi`ah makan tahi sbb:

 
Bahkan saya lihat di FB Bani Gasda Asep, malah banyak gambar yang saya malu mau menampilkan di FB saya.
Pada hal saya mencantumkan gambar untuk niat pemberitahuan tata cara salat yang benar di saat banyak tuntunan salat yang keliru dalam gambar Cd .
Kami cantumkan disini fatwa Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Ifta

الفتوى رقم ( 8923 )
س: نفيد سماحتكم أننا في مدرسة تحفيظ القرآن الكريم بحريملاء، لدينا قاعة محاضرات صغيرة لا تتسع لجميع الضيوف فضلاً عن الطلاب، ونحن نقيم بعض المحاضرات والندوات العلمية والحفلات، ونرغب في نقلها إلى مكان آخر بواسطة جهاز الفيديو تيب، نأمل من سماحتكم الإفادة عما يلي:
8923)
Q: Kami beritahukan kepada bapak yang terhormat bahwa kami berada dalam sebuah sekolah mengajar tahfidh Al-Quran di Harimula . Kami memiliki sebuah auditorium kecil tidak mengakomodasi semua tamu serta mahasiswa, dan kami mengadakan beberapa ceramah, seminar, haflah ( pertemuan ), dan kami ingin mentransfer pertemuan ke tempat lain dengan perangkat video Tipp, Kami berharap dari bapak yang terhormat untuk memberikan hukum masalah sbb:

1 - هل يجوز نقل هذه المحاضرات والندوات بواسطة جهاز الفيديو تيب؟ علمًا بأنه نقل بدون تسجيل على الأشرطة الخاصة به
1 - Apakah diperbolehkan untuk mentransfer kuliah dan seminar via perangkat video Tipp? Karena hanya mentransfer gambar tanpa direkam pada kaset yang husus
2 - هل يجوز تسجيل المحاضرات والندوات في أشرطة الفيديو تيب؛ بغرض عرضها مرة أخرى، للاستفادة منها؟
2 - Apakah diperbolehkan untuk merekam ceramah dan seminar di cd video Tipp, untuk tampilan sekali lagi, untuk mengambil faedah dari nya?

ج : أولاً: إذا كانت المحاضرات والندوات العلمية نفسها ليس فيها ما يخالف أحكام الإسلام جاز نقلها بجهاز الفيديو تيب، تعميمًا للفائدة ونشرًا للعلم.
Jawab: Pertama: Jika ceramah dan seminar ilmiyah tidak bertentangan dengan ketentuan Islam maka boleh mentransfer via perangkat video Tipp agar manfaatnya lebih merata dan dipublikasikan demi kepentingan ilmu pengetahuan.
ثانيًا: يجوز تسجيل المحاضرات والندوات في أشرطة الفيديو تيب؛ لعرضها مرة أخرى، زيادة في الاستفادة منها كلما دعت الحاجة إلى ذلك
Kedua: Diperbolehkan untuk merekam ceramah atau seminar dalam kaset video Tipp; untuk menampilkan sekali lagi, untuk tambahan peningkatan manfaat dari padanya setiap kali diperlukan.
.
( الجزء رقم : 26، الصفحة رقم: 279)
وذلك أن هذا الجهاز لا حكم له في نفسه، بل هو صالح للاستعمال في الخير والشر؛ فإذا استعمل في الخير فهو خير، وإن استعمل في الشر فهو شر.
(Part Number: 26, Halaman no 279)
Dan bahwa perangkat ini tidak hukumnya , tetapi bisa digunakan untuk kejahatan atau kebaikan . Jika digunakan dalam kebaikan akan lebih baik, jika digunakan dalam kejahatan ya jadi jelek .

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Wabillahit taufiq , …………………….
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
نائب الرئيس الرئيس
عبد الرزاق عفيفي عبد العزيز بن عبد الله بن باز

.
Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Ifta
Wakil ketua Ketua
Afifi Abdul Razak Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=141979
Saya juga pernah membaca bahwa Syaikh bin Baz memperbolehkan foto untuk pendidikan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan