Selasa, Oktober 29, 2013

Salat tanpa sedekap - kajianku ke 16



Abu Alqamah Muhammad al Barudi  dlm Risalah Dar Ahlil hadis  di Damaj Yaman menyatakan sbb:
: أَنَّ الصَّحِيْحَ مِنْهَا مَنْسُوْخٌ وَالدَّلِيْلُ عَلَى النَّسْخِ عَمَلُ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَكَذَالِكَ عَمَلُ أَهْلِ الْمَدِيْنَةِ الَّذِي تَمَّ نَقْلُهُ حَيْثُ أَنَّهُمْ كَانُوا يُرْسِلُوْنَ أَيْدَِيَهُمْ فِي الصَّلاَةِ .
 Hadis yang sahih tentang  sedekap waktu salat telah di mansukh – di hapus. Dalilnya adalah perilaku para sahabat  dan tabiin. Begitu juga  perilaku penduduk Medinah yang telah di kutip kemarin, dimana mereka  tidak bersedekap  waktu salat.

ثالثاً : الدَّلِيْلُ عَلَى ضُعْفِ اْلأَحَاِديْثِ :
1}
حَدِيْثُ وَائِلٍ بْنِ حُجْرٍ فِي صَحِيْحِ مُسْلِمٍ وَغَيْرِهِ :
أ } فِيْهِ اضْطِرَابٌ فيِ اْلاِسْنَادِ .
Dalil kelemahan hadis  sedekap.
Hadis Wa`il bin Hujr  dalam kitab sahih Muslim dan lainnya.
Sanadnya  kacau.

ب} اِنْقِطَاعٌ فِي السَّنَدِ : فَفِي رِوَايَةِ مُسْلِمٍ عَبْدُ الْجَبَّارِ عَنْ أَخِيْهِ عَلْقَمَةَ عَنْ أَبِيْهِ وَعَلْقَمَةُ فِي اْلقَوْلِ الصَّحِيْحِ لَمْ يَسْمَعْ مِنْ أَبِيْهِ فَكَذَاكَ قَالَ ابْنُ حَجَرَ وَالذَّهَبِي (تَقْرِيْبُ التَّهْدِيْبِ ج1 ص409 – الْمِْيزَان 3-108 رَقْم 5761 )
Sanadnya terputus.
Menurut riwayat Muslim terdapat riwayat dari Abd Jabbar dari saudaranya  Alqamah dari ayahnya  . Dan Al qamah menurut pendapat yang sahih tidak mendengar dari ayahnya. Begitu juga  Ibnu Hajar  dan Dzahabi menyatakan seperti itu . Lihat Tahdzibut tahdzib  409/1 ( karya Ibn Hajar ) dan Al Mizan 108/3 nomer 5761 karya  Dzahabi.
 وَقاَلَ النَّوَوِي رِوَايَةُ عَلْقَمَةَ عَنْ أَبِيْهِ مُرْسَلَةٌ ( تَهْدِيْبُ اْلاَسْمَاءِ 1 343 ) .
Imam Nawawi berkata: Riwayat al Qamah dari ayahnya  adalah mursal ( lemah ) . Tahdzibul asma`  343.

ج} فِيْهِ مَجْهُولُوْنَ فَفِي سُنَنِ أَبِي دَاوُودَ عَنْ عَبِْدِ الْجَبَّارِ عَنْ أَهْلِ بَيْتِي وَاَهْلُ بَيْتِهِ مَجْهُوْلُوْنَ كَمَا قَالَ الْمُنْذِرِي .
Sanadnya terdapat perawi – perawi yang tidak dikenal . Dalam sunan Abu Dawud  dari Abd Jabbar  dari ahlul baitku  dan  ahlul bait Abd Jabbar  adalah banyak  dan tidak dikenal sebagaimana  dikatakan oleh al Mundziri.

Komentarku ( Mahrus ali): 

Hadis Wail bin Hujr sbb:
صحيح مسلم - (ج 2 / ص 366)
 حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جُحَادَةَ حَدَّثَنِي عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ وَائِلٍ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ وَمَوْلًى لَهُمْ أَنَّهُمَا حَدَّثَاهُ عَنْ أَبِيهِ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ
أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَفَعَ يَدَيْهِ حِينَ دَخَلَ فِي الصَّلَاةِ كَبَّرَ وَصَفَ هَمَّامٌ حِيَالَ أُذُنَيْهِ ثُمَّ الْتَحَفَ بِثَوْبِهِ ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى الْيُسْرَى فَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ أَخْرَجَ يَدَيْهِ مِنْ الثَّوْبِ ثُمَّ رَفَعَهُمَا ثُمَّ كَبَّرَ فَرَكَعَ فَلَمَّا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ فَلَمَّا سَجَدَ سَجَدَ بَيْنَ كَفَّيْهِ
1.أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَفَعَ يَدَيْهِ حِينَ دَخَلَ فِي الصَّلَاةِ كَبَّرَ وَصَفَ هَمَّامٌ حِيَالَ أُذُنَيْهِ ثُمَّ الْتَحَفَ بِثَوْبِهِ ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى الْيُسْرَى فَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ أَخْرَجَ يَدَيْهِ مِنْ الثَّوْبِ ثُمَّ رَفَعَهُمَا ثُمَّ كَبَّرَ فَرَكَعَ فَلَمَّا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ فَلَمَّا سَجَدَ سَجَدَ بَيْنَ كَفَّيْهِ
Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Affan telah menceritakan kepada kami Hammam telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Juhadah telah menceritakan kepadaku Abdul Jabbar bin Wail dari Alqamah bin Wail dan maula milik mereka bahwa keduanya telah menceritakannya dari bapaknya, Wail bin Hujr
Sesungguhnya Wail bin Hujer melihat Nabi  SAW mengangkat kedua tangannya ketika masuk salat. Beliau bertakbir dan perawi Hammam menyatakan sebatas kedua telinganya, lalu berkemul dengan bajunya, lalu meletakkan tangan kanannya kepada tangan kirinya. Ketika akan ruku` beliau mengeluarkan kedua tangannya dari pakaiannya, lalu mengangkatnya lalu takbir dan rukuk. Ketika membaca samiallohu liman hamidah,  beliau mengangkat kedua tangannya. Ketika sujud,  beliau bersujud diantara dua tapak tangannya. [1]



المسند الجامع - (ج 37 / ص 34)

أخرجه أحمد 4/317(19071". و"مسلم"2/13(826) قال : حدَّثنا زُهَيْر بن حَرْب. و"ابن خزيمة"906 قال : حدَّثناه مُحَمد بن يَحيى.
ثلاثتهم (أحمد بن حَنْبَل ، وزُهَيْر ، ومُحَمد بن يَحيى) عن عَفَّان بن مُسْلم ، حدَّثنا هَمَّام ، حدَّثنا مُحَمد بن جُحَادَة ، حدَّثني عَبْد الجبار بن وائل ، عن عَلْقَمَة بن وائل ، ومَوْلًى لهم ، أنهما حدَّثاه ، فذكراه.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Intinya  hadis tsb di riwayatkan oleh Muslim, Ahmad dan Ibn Huzaimah. Namun tidak dikenal di langan sahabat dan tabiin. Affan bin Muslim meriwayatkannya secara sendirian tiada orang lain yang meriwayatkannya.
Affan adalah bukan sahabat atau tabiin. Tapi dia perawi yang berguru kepada pengikut tabiin, wafat pada tahu  219. Hadis  itu  pada saat  itu masih tidak dikenal atau populer dikalangan atba`ut tabiin. Apalagi dikalangan sahabat, tambah tidak dikenal. Karena itu, istri Rasul dan khulafaur rasyidin tidak mengerti  bahwa Nabi SAW bersedekap dalam salat.

- وأخرجه أبو داود (723) قال : حدَّثنا عُبَيْد الله بن عُمَر بن مَيْسَرَة الجُشَمِي. و"ابن خزيمة"905 قال : حدَّثنا عِمْرَان بن مُوسَى القَزَّاز.
كلاهما (عُبَيْد الله ، وعِمْرَان) عن عَبْد الوارث بن سَعِيد ، قال : حدَّثنا مُحَمد بن جُحَادَة ، حدَّثني عَبْد الجبار بن وائل بن حُجْر ، قال : كنتُ غلامًا لا أَعْقِلُ صلاةَ أَبي ، قال : فحدَّثني وائلُ بن عَلْقَمَة ، عَنْ أَبِي وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ ، فذكره.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Intinya hadis tsb juga diriwayatkan oleh Abu Dawud, tapi hanya  Abd Waris yang meriwayatkannya, tiada orang lain. Dia termasuk atbaut tabiin – atau pengikut Tabiin . Lihat hadis  tsb di masa atbaut tabiin masih tidak dikenal. Otomatis mereka menjalankan salat tanpa sedekap, karena hadis itu masih samar, bukan jelas, tiada yang meriwayatkan kecuali Abd Waris tadi. Lainnya tidak tahu.
 
Komentarku ( Mahrus ali): 
Kelemahan hadis riwayat Muslim itu karena Alqamah tidak mendengar dari ayahnya sebagaimana di katakan oleh Ibn Hajar dan Dzahabi tadi.
Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smartfren) 081935056529 ( XL )

Dengarkan pengajian - pengajianku

Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1 Waru Sidoarjo. Jatim.



[1] HR Muslim 401
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan