Senin, Agustus 05, 2013

SMS dari Batam " Agar masuk surga "




SMS dari Bapak Musabir Batam
ass..pak Ustadz Mahrus ali,selamat menikmati makan sahur,..mau tanya apa ada
 hadist shohih sy lupa isi persis nya, intinya, sahabat Rasulullah bertanya , ya Rasullulah saya ingin jd/ bersama mu di Surga,.Rasulullah
SAW menjwb,.tolonglah

 aku untuk engkau bnyk bersujud.. 
Saya jawab
:
Wss.benar  riwayat  muslim , hadis  sahih , maaf hampir  lupa  dan tdak  jawab langsung  karena  sy harus  lihat  kitabnya  dulu. 

Komentarku ( Mahrus ali): 

Rabiah bin Kaab berkata : “ Aku bermalam di sisi Rasulullah SAW , aku mengambilkan air wudu dan hajatnya. Beliau bersabda : “ Mintalah “. Aku berkata : “ Aku mohon berteman denganmu  di surga ,” Rasul bersabda : “ Ada lagi ? . Aku berkata : Tidak ,” Rasul bersabda :
فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِك بِكَثْرَةِ السُّجُود
 Bantulah aku  untuk menolongmu dengan memperbanyak sujud ,”[1]
 Hadis tersebut menunjukkan bahwa salah satu sebab masuk ke surga adalah memperbanyak sujud .
  Sujud juga di perintahkan oleh Nabi SAW dalam hadis sbb :
عَلَيْك بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّك لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إلَّا رَفَعَك اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْك بِهَا خَطِيئَةً
Bersujudlah kepada Allah, karena setiap sujud , Allah akan mengangkat derajatmu  dan menghapus kejelekanmu [2]
Allah juga memerintah kepada Nabi Ibrahim agar baitullah husus untuk orang – orang yang menjalankan tawaf , beribadat , rukuk dan sujud .
وَإِذْ بَوَّأْنَا لِإِبْرَاهِيمَ مَكَانَ الْبَيْتِ أَنْ لَا تُشْرِكْ بِي شَيْئًا وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ
Dan (ingatlah), ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan): “Janganlah kamu memperserikatkan sesuatupun dengan Aku dan sucikanlah rumahKu ini bagi orang-orang yang thawaf, dan orang-orang yang beribadat dan orang-orang yang ruku` dan sujud.[3]
Tata  cara sujud Rasulullah SAW  sbb :
Tata  cara sujud Rasulullah SAW  sbb :
وَقَالَ يَزِيدُ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ يَضَعُ أَنْفَهُ عَلَى الْأَرْضِ إِذَا سَجَدَ مَعَ جَبْهَتِهِ *
Yazid ra  berkata : “ Aku melihat Rasulullah SAW  meletakkan  hidungnya di atas tanah ketika bersujud dengan dahinya . [4]
َِوَضْعُهُمَا فِي السُّجُودِ عَلَى الْأَرْضِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ
Dua tangannya waktu sujud di atas tanah  sejajar dengan dua pundaknya [5]
  Rasulullah SAW   pernah melakukan salat di atas mimbar , ma`mum di belakangnya  dan di bawah. Katika akan sujud  Rasulullah SAW   mundur  lalu bersujud di atas tanah .
ثُمَّ رَجَعَ الْقَهْقَرَى فَسَجَدَ عَلَى الْأَرْضِ
 Rasulullah SAW  mundur lalu bersujud di atas tanah. [6]
Jadi sewaktu  menjalankan salat wajib , Rasulullah SAW  bersujud diatas tanah. Untuk salat sunat ,terkadang beliau melakukan sujud di tikar kecil yang cukup untuk wajah sebagaimana hadis :
عَنْ مَيْمُونَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ يُصَلِّي وَأَنَا حِذَاءَهُ وَأَنَا حَائِضٌ وَرُبَّمَا أَصَابَنِي ثَوْبُهُ إِذَا سَجَدَ قَالَتْ وَكَانَ يُصَلِّي عَلَى الْخُمْرَةِ *
Maimunah ra berkata : “ Rasulullah SAW  melakukan salat ,dan  aku yang lagi haidl disampingnya. Terkadang pakaian beliau tersentuh aku waktu beliau sujud . Maimunah berkata :Rasulullah SAW  juga melakukan salat  dengan Khumrah ( Tikar kecil  yang cukup untuk wajah waktu sujud ). [7]

وَقَالَ يَزِيدُ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ يَضَعُ أَنْفَهُ عَلَى الْأَرْضِ إِذَا سَجَدَ مَعَ جَبْهَتِهِ *
Yazid ra  berkata : “ Aku melihat Rasulullah SAW  meletakkan  hidungnya di atas tanah ketika bersujud dengan dahinya . [8]
Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo. Jatim.




[1] Hadis sahih riwayat Muslim/ Ibid
[2] Hadis sahih dari Tsauban /Ibid
[3] Al Haj 26
[4] HR  Ahmad  18377
[5] Muslim
[6] Muttafaq alaih  , Bukhori 377
[7] Muttafaq alaih , Bukhori  379
[8] HR  Ahmad  18377
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan