Senin, Juni 17, 2013

SMS dari Malang tentang makam Nabi SAW



SMS dari Raka Malang
Assallamualaikum ustad : sebelumnya saya perkenalkan nama saya Raka Asal
 Malang, ustad bagaimana hukum nya sholat d masjid nabawi, yg sedangkan 
dsana ada
 makan Nabi Muhammad SAW. Tetapi nabi pernah berpesan bahwasannya 
nabi melarang sholat pada masjid yg ada makamnya. Demikian yg ingin saya 
tanyakan atas perhatiannya saya ucapkan Waalaikum Sallam . 

Saya jawab: Kalau salat, jangan di belakang makam
Dia kirim sms lagi:
 
Masalah ini bisa diangkat di Web Mantan Kyai Nu kah  ustad beserta Dalil+
 penjelasan..... Biar saya lebih srek lagi ustad.

Saya jawab:
Insya Allah.

Komentarku ( Mahrus ali): 
Sekarang, belakang makam itu ada tembok pemisah agar orang yang melakukan salat tidak di anggap menghadap kepada makam.

Hadisnya sbb:
Atho` bin Yasar  berkata :
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْ قَبْرِي وَثَنًا يُعْبَدُ اشْتَدَّ غَضَبُ اللَّهِ عَلَى قَوْمٍ اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ *
Sesungguhnya Rasulullah SAW  berdoa :  Ya Allah ! Jangan  jadikan kuburanku sebagai berhala yang di sembah . Sungguh  Allah sangat geram kepada suatu kaum yang menjadikan masjid  kepada kuburan para nabinya .[1]

 Rasul  bersabda :
 وَاعْلَمُوا أَنَّ شِرَارَ النَّاسِ الَّذِينَ يَتَّخِذُونَ الْقُبُورَ مَسَاجِدَ
Dan ketahuilah !  Sesungguhnya  orang yang terjelek adalah orang yang membikin  kuburan sebagai masjid [2]
 Menurut riwayat  Abu Martsad Al ghonawi berkata : Rasulullah SAW bersabda :
لاَ تَجْلِسُوا عَلَى الْقُبُورِ وَلاَ تُصَلُّوا إِلَيْهَا
Jangan duduk di kuburan dan jangan melakukan salat menghadap kuburan [3]  Sahih
Mau nanya hubungi kami: 088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo. Jatim.




[1] Muwattho` 416
[2] HR Ahmad / Musnad / 1696
[3] HR Muslim 972 Tirmidzi 1050
Artikel Terkait

1 komentar:

  1. memang harus dipisahkan antara kuburan dengan tempat sholat, karena kuburan tempat jasad orang yang sudah meninggal, orang yang masih hidup sholat di tempat yang terpisah, komantar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan