Rabu, Mei 29, 2013

Kemiripan ajaran Ahli bid`ah dengan ajaran greja





Gereja Pergamus ( 312 AD - 606 AD )

Oleh: Andre Widodo
Wahyu 2:12-17

Gereja Pergamus dikategorikan oleh para ahli Alkitab sebagai Gereja yang Manja atau The Indulged Church. Masa Gereja Pergamus dimulai dari tahun 312 AD-606 AD. Kalau kita melihat peta dunia Perjanjian Baru di peta Alkitab, kota Pergamus terletak di Asia Kecil dan menjadi kota utama untuk penyembahan berhala dewa-dewi bangsa Yunani.

Pemerintah lokal Romawi saat itu tidak dapat membendung tradisi penyembahan berhala yang telah menjadi tradisi turun temurun di kota itu.Banyak macam agama penyembahan berhala di kota Pergamus,mulai dari tradisi agama Babylonia,Persia sampai dengan agama Yunani masih terus berlangsung selain dari agama Romawi sendiri.

Salah satu dewa utama di kota Pergamus adalah dewa Bacchus (dewa kesenangan) dan dewa Asclepius (dewa kesembuhan).Karena itu kota Pergamus disebut sebagai tempat tahta Iblis atau kota tempat dimana Iblis tinggal,seperti ditulis di Wahyu 2:13.

Kalau kita mempelajari Alkitab,kita akan mengetahui bahwa Satan/Iblis memiliki kerajaan juga.Ingat khotbah Yesus di Matius 12:25-26. Dan Alkitab mencatat bahwa Babylon adalah tempat pertama tahta Iblis.

Alkitab mencatat bahwa Babylon adalah kota dan kerajaan pertama di muka bumi yang didirikan oleh Nimrod,Kejadian 10:9-10.Nimrod adalah anaknya Kusy,dan Kusy adalah anaknya Ham.Ham adalah anak yang dikutuk oleh Nuh.Jadi keturunan Ham,Kusy,Nimrod dan seterusnya adalah keturunan yang terkutuk.

Karena itu Iblis memakai Nimrod untuk memperluas kerajaannya.Nimrod dan ibunya yang bernama Semiramis harus disembah.Semiramis dinobatkan sebagai Ratu Sorga dan Nimrod anaknya adalah sang dewa.Dan tradisi penyembahan berhala dalam bentuk penyembahan kepada manusia dimulai dari sini dan menyebar keseluruh penjuru dunia.Bahkan figur Semiramis ini menyusup kedalam ajaran Katholik sekarang ini,hanya figurnya yang berlainan.Semiramis adalah Ratu Sorga di dalam agama Babylon,sedangkan Maria menjadi Bunda Maria Ratu Sorga di Katholik.Selengkapnya penyembahan ratu sorga dapat dibaca di Yeremia 7:16-20.Tuhan jelas-jelas menentang sistem penyembahan ratu sorga.

Padahal Alkitab mengajarkan,bahwa Maria adalah hanya manusia biasa.Bukti ayatnya di Lukas 1:38. Manusia tidak boleh disembah.Hanya Tuhan saja yang layak untuk disembah. Kel.20:4-6; Ul.5:7-10
JANGAN MEMBUAT PATUNG YANG MENYERUPAI APAPUN JUGA UNTUK DISEMBAH. Yesaya 44:9
ORANG-ORANG YANG MEMBENTUK PATUNG SEMUANYA ADALAH KESIA-SIAAN DAN BARANG-BARANG KESAYANGAN MEREKA ITU TIDAKLAH MEMBERI FAEDAH.PENYEMBAH-PENYEMBAH PATUNG ITU TIDAKLAH MELIHAT DAN TIDAKLAH MENGETAHUI APA-APA,OLEH KARENA ITU MEREKA AKAN MENDAPAT MALU.

Tradisi penyembahan kepada manusia ini terus berlangsung karena Babylon saat itu merupakan kerajaan yang terkuat di dunia dengan menara Babelnya.Walaupun menara itu tidak pernah selesai. Saat Tuhan membuat kekacauan di menara Babel,kerajaan Babylon melemah,manusia mulai terpencar ke seluruh penjuru dunia,tapi tradisi penyembahan berhala ini masih terus berlangsung dalam sejarah manusia,dan Iblis kini membuat tahtanya yang baru di kota Pergamus,karena kota ini sangat kental dengan tradisi penyembahan berhalanya.

Satan telah belajar dari pengalaman di zaman Gereja Smirna,bahwa penganiayaan terhadap gereja tidak dapat menghentikan ke-Kristenan,tetapi malah membuat revival dimana-mana pada saat Gereja Smirna. Maka Satan membuat cara lain untuk menghancurkan gereja Tuhan,yaitu secara halus Satan mulai menyusupkan tradisi-tradisi penyembahan berhala/ritual-ritual penyembahan berhala dari agama-agama kuno ke dalam gereja Tuhan.

Kalau kita melihat sejarah gereja,setelah kaisar Diocletian tidak berhasil menghancurkan gereja-gereja Tuhan,maka kaisar Constantine menggantikannya menjadi kaisar di Romawi.Constantine memenangkan kursi kaisar nya setelah berhasil mengalahkan saingannya yaitu Maxentius. Sebelum menjadi kaisar Romawi,Constantine telah tertarik dengan ke-Kristenan dan sebelum dia mengalahkan Maxentius,dia mengatakan bahwa dia mendapat penglihatan tentang gambar salib di langit dan dia mendengar suara yang mengatakan “dalam tanda salib ini,engkau akan mengalahkan”.

Constantine percaya bahwa penglihatan ini adalah pesan dari Tuhan dan setelah ia naik menjadi kaisar Romawi,maka dia membuat ke-Kristenan menjadi agama resmi kerajaan Romawi/The Religion of Roman Empire. Agama ini dinamai agama Katholik melalui "Edict of Milan" tahun 313 AD. Maka lahirlah Katholik yang menjadi agama resmi kerajaan Romawi/ROMAN CATHOLIC IS THE NEW RELIGION OF ROMAN EMPIRE.

Constantine men-deklarasikan bahwa dirinya adalah pelindung dan benteng ke-Kristenan di kerajaan Romawi.Tidak ada lagi penindasan/penganiayaan bagi umat Kristen.Dan umat Kristen pada periode ini menjadi umat Kristen yang manja,karena Negara melindunginya.


Sekarang mari kita lihat ke Constantine.Apakah Constantine benar-benar sudah menjadi Kristen? Ternyata TIDAK.Dia dibesarkan dalam tradisi-tradisi Romawi yang menyembah berhala.Dan dia tidak mempunyai konsep ke-Kristenan yang jelas.Bahkan diapun belum mengalami kelahiran baru oleh Roh Kudus.Dia tetap mempertahankan tradisinya untuk menyembah dewa-dewi bangsa Romawi.Dia menjalani kehidupan Kristen dan kehidupan berhala.Dia adalah penyembah dewa matahari. Satu hal yang patut mendapat pujian dari Constantine adalah ketika dia memerintahkan Eusebius,Uskup di Roma untuk memproduksi Alkitab lebih dari 50 copy dan dibagikan kepada semua gereja di kerajaan Romawi melalui Konsili Nicaea.

Sedikit pembahasan tentang Konsili Nicaea :
Konsili Nicaea diadakan bukan untuk menentukan ke-Tuhan-an Yesus seperti yang ditulis Dan Brown dalam DaVinci Code.Karena sejak zaman Gereja Efesus,gereja-gereja telah mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan.Buktinya adalah lihat kesaksian-kesaksian para martir Kristus,yang tidak mau menyangkal Kristus Yesus.

Konsili Nicaea diadakan bukan untuk membuat Kitab Perjanjian Baru.Karena sejak zaman Gereja Efesus/tahun 30 AD anak-anak Tuhan telah mulai menyusun Perjanjian Baru. Konsili Nicaea diadakan hanya untuk menyatukan visi gereja-gereja dibawah pemerintahan Romawi sehingga tidak terpecah belah.Saat itu aliran Arian banyak mempengaruhi ke-Kristenan.Arian mengajarkan bahwa Yesus hanya manusia biasa.Yesus bukan Tuhan.Aliran Arian ini yang akan menjadi cikal bakal aliran Saksi Yehova.Ajarannya adalah Yesus bukan Tuhan.Yesus hanya ciptaan Tuhan yang paling mulia dan utama.Mengingat saat itu ke-Kristenan menjadi agama Negara dan banyak macam tipe ke-Kristenan saat itu,maka Constantine menyelenggarakan Konsili Nicaea.Mengapa saat itu banyak macam tipe ke-Kristenan?Karena gereja mulai berbaur dengan tradisi,doktrin,praktek penyembahan berhala.

Saat itu pemerintah Romawi menyediakan dana untuk menunjang kegiatan-kegiatan gereja dan banyak kuil-kuil penyembahan berhala yang diambil dan dijadikan gereja. Maka untuk menyenangkan pemerintah Romawi, banyak gereja saat itu yang mulai mengadopsi tradisi/praktek penyembahan berhala.

GEREJA MENJADI PENUH TOLERANSI TERHADAP BUDAYA PENYEMBAHAN BERHALA. ITU SEBABNYA PADA KURUN WAKTU INI,BANYAK LAHIR ALIRAN KEBATINAN SEPERTI GNOSTICISM.MEREKA MENCOBA MENCAMPURKAN KEBENARAN FIRMAN TUHAN DENGAN TRADISI/AJARAN PENYEMBAHAN BERHALA.MAKA PADA MASA INI BANYAK DITULIS INJIL LAIN SELAIN 4 INJIL MATIUS,MARKUS,LUKAS,YOHANES. LAHIRLAH INJIL MARIA MAGDALENA,INJIL YUDAS,INJIL THOMAS DAN LAIN-LAIN.

Gnosticism berasal dari kata Yunani,GNOSIS,yang artinya adalah PENGETAHUAN.Gnosticism adalah aliran yang mengajarkan bahwa PENGETAHUAN adalah tuhan atas hidup manusia.Aliran ini mengajarkan bahwa yang manusia butuhkan bukan pengampunan tetapi pengetahuan. Gnosticism bukan ke-Kristenan.Ajaran-ajaran mereka sangat bertentangan dengan Alkitab.Walaupun mereka menyusupkan ajaran Gnostic ini melalui banyak macam injil Galatia 1:8 mengingatkan kita akan hal ini.

Kembali ke Pergamus,pengaruh penyembahan berhala pada masa Pergamus ini semakin bertambah dari tahun ke tahun,sehingga gereja semakin lama semakin kehilangan api Roh Kudus. Gereja dengan pengaruh budaya penyembahan berhalanya semakin menjadi gereja yang penuh misteri,penuh kegelapan dan praktek-praktek di gereja semakin sama dengan praktek-praktek mistik dari agama Babylon.

Berikut ini adalah praktek-praktek/tradisi-tradisi okultisme/penyembahan berhala yang muncul di Gereja Pergamus :

Tahun 300 AD…Gereja mulai mendoakan orang mati.
Tahun 300 AD…Pemakaian tanda salib.
Tahun 375 AD…Pemujaan terhadap orang-orang kudus dan malaikat.
Tahun 431 AD…Pemujaan kepada Bunda Maria.
Tahun 500 AD…Pendeta mulai memakai pakaian yang berbeda dari
orang awam.
Tahun 526 AD…Pemakaian minyak suci.
Tahun 593 AD…Doktrin Api Penyucian dikenalkan.
Tahun 600 AD…Khotbah di gereja harus pakai bahasa Latin.
Tahun 600 AD…Semua doa harus ke Bunda Maria.

Jadi sejak tahun 312 AD,gereja-gereja menjadi lebih berbudaya Romawi dari pada berbudaya Kristen.Dan karena gereja telah menjadi satu dengan pemerintahan Romawi,menjadi satu dengan keduniawian maka gereja mulai kehilangan berkat-berkat rohani.

Sebelum tahun 312 AD,gereja-gereja adalah merupakan gereja-gereja yang independent.Hanya bergantung kepada Roh Kudus.Tapi di masa Pergamus ini,gereja menjadi alat negara dan Iblis mulai menyusupkan serangan-serangannya secara halus untuk menjauhkan kita dari Kasih Kristus.

PUJIAN
Wahyu 2:13
Aku tahu dimana engkau diam,yaitu di sana,di tempat tahta Iblis dan engkau berpegang kepada NamaKu dan engkau tidak menyangkal imanmu kepadaKu,juga tidak pada zaman Antipas,saksiKu yang setia kepadaKu,yang dibunuh dihadapan kamu,dimana Iblis diam.

TEGURAN
Wahyu 2:14
Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau,diantaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam,yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel,supaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah.

Wahyu 2:15
Demikian juga ada padamu orang-orang yang berpegang kepada ajaran pengikut Nikolaus.

Apakah ajaran Bileam itu?

Untuk mengerti ini kita perlu membaca Bilangan 22-31.Singkatnya,Bileam adalah seorang nabi di Israel.Balak adalah raja Moab.Saat itu Balak sangat takut akan kekuatan Israel,karena Tuhan ada dipihak Israel.Lalu Balak menyewa Bileam untuk mengutuk Israel.Bileam dibayar dengan materi untuk memenuhi keinginan Balak.Tetapi ketika Bileam hendak mengutuk Israel,bukan kutuk yang datang,tetapi berkat yang datang bagi Israel.Lalu Bileam menyarankan kepada Balak untuk menghancurkan Israel melalui penyembahan berhala.Orang-orang Moab dikawinkan dengan orang-orang Israel.Perzinahan rohani terjadi.

Ajaran Bileam adalah ajaran yang tidak menghargai karunia yang sudah Tuhan berikan lalu dikomersialkan demi materi,demi uang.

Bagaimana cara menghadapi agar tidak jatuh dalam dosa perzinahan rohani/penyembahan berhala?

Kolose 2:6-8
KAMU TELAH MENERIMA KRISTUS YESUS,TUHAN KITA.KARENA ITU HENDAKLAH HIDUPMU TETAP DI DALAM DIA.HENDAKLAH KAMU BERAKAR DI DALAM DIA DAN DIBANGUN DI ATAS DIA,HENDAKLAH KAMU BERTAMBAH TEGUH DALAM IMAN YANG TELAH DIAJARKAN KEPADAMU DAN HENDAKLAH HATIMU MELIMPAH DENGAN SYUKUR.HATI-HATILAH SUPAYA JANGAN ADA YANG MENAWAN KAMU DENGAN FILSAFATNYA YANG KOSONG DAN PALSU MENURUT AJARAN TURUN TEMURUN DAN ROH-ROH DUNIA TETAPI TIDAK MENURUT KRISTUS.

Lalu apakah ajaran Nikolaus?

Ajaran Nikolaus pernah ditolak pada masa Gereja Efesus.Tetapi pada masa Gereja Pergamus ini,gereja-gereja mulai bertoleransi terhadap ajaran Nikolaus.Nikolauisme adalah ajaran tentang pembatasan kaum awam dalam kegiatan-kegiatan gereja.Gereja hanya diketuai 1 orang.Dan apa kata pemimpin gereja adalah mutlak tidak terbantahkan,karena ia dianggap sebagai wali dari Kristus.Apa kata dia adalah sama levelnya dengan Firman Tuhan.Jadi gereja tidak dipimpin lagi oleh Roh Kudus tetapi ditentukan oleh 1 orang pemimpinnya di dunia ini.Hal ini masih terus berlangsung dalam sistem hirarki di Katholik.Itu adalah ajaran Nikolaus.

NASIHAT

Wahyu 2:16
Sebab itu bertobatlah!Jika tidak demikian,Aku akan segera datang
kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang mulutKu
ini.

Nasihat Tuhan Yesus singkat dan jelas untuk anak-anak Tuhan Pergamus/anak-anak Tuhan yang masih hidup sampai sekarang dan masih menyembah berhala,masih berzinah rohani,masih menerapkan ajaran Nikolaus. BERTOBATLAH!
Bertobat atau akan dihakimi oleh FirmanNya.

Terima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam hidupmu. Berakar di
dalam pengajaran Kristus. Jangan menyembah berhala.Jangan menyembah
patung.Jangan menyembah manusia. Jangan menjadi pengikut Nikolaus.
LET’S BACK TO THE BIBLE! AND LET’S THE HOLY SPIRIT COME INTO YOUR
LIFE,AND BECOME YOUR GUIDANCE.

Hosea 6:6
SEBAB AKU MENYUKAI KASIH SETIA,DAN BUKAN KORBAN SEMBELIHAN,DAN
MENYUKAI PENGENALAN AKAN TUHAN,LEBIH DARIPADA KORBAN-KORBAN
BAKARAN.
PENGENALAN AKAN TUHAN di atas segalanya.
PENGENALAN AKAN YESUS TUHAN di atas segalanya.

Itu sebabnya Paulus mengatakan di Filipi 3:8

Malahan segala sesuatu kuanggap rugi karena PENGENALAN AKAN KRISTUS YESUS,TUHANKU,lebih mulia dari pada semuanya,Oleh karena DIA lah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah,supaya aku memperoleh Kristus.

Paulus adalah anak didik Gamaliel,orang terkemuka di agama Yahudi.Dalam mentaati hukum-hukum Tuhan,Paulus tidak ada cacat.Tapi apa kata Paulus setelah ia ketemu Yesus? SEMUA ITU ADALAH SAMPAH KARENA PENGENALAN AKAN KRISTUS YESUS LEBIH MULIA DARIPADA SEMUANYA.

PENGHARGAAN
Wahyu 2:17b
Barangsiapa menang,kepadanya akan Kuberikan dari manna yang
tersembunyi dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih yang di
atasnya tertulis nama baru yang tidak diketahui oleh siapapun selain
oleh yang menerimanya.

Manna adalah makanan sorgawi yang diberikan kepada bangsa Israel sewaktu mengembara di padang gurun.Manna ini adalah lambang dari makanan sorgawi kita,yaitu Firman Tuhan sendiri.Barangsiapa menang,Tuhan akan memberikan pengertian kepada kita untuk memahami setiap Firman Tuhan.

Batu putih adalah lambang dari pembebasan dari tuduhan. Sistem
pengadilan zaman dulu menggunakan batu putih untuk membebaskan
seseorang dari tuduhan bahwa ia bersalah.Kristus telah mati bagi
kita.IA telah membebaskan kita dari semua tuduhan si Iblis.Jadi batu
putih adalah lambang pembebasan kita karena iman kita kepada Yesus
sebagai Tuhan dan Juruselamat kita yang telah menebus pelanggaran
kita.

Demikian pembahasan Gereja Pergamus,selanjutnya adalah Gereja Tiatira dari tahun 606 AD-Masa Kesusahan Besar.Tipe Gereja Tiatira masih ada sampai saat ini dan akan terus ada sampai nanti Masa 7 tahun Kesusahan Besar.
Komentarku ( Mahrus ali): 

Berikut ini adalah praktek-praktek/tradisi-tradisi okultisme/penyembahan berhala yang muncul di Gereja Pergamus :
Tahun 300 AD…Gereja mulai mendoakan orang mati.
Tahun 300 AD…Pemakaian tanda salib.
Tahun 375 AD…Pemujaan terhadap orang-orang kudus dan malaikat.
Tahun 431 AD…Pemujaan kepada Bunda Maria.
Tahun 500 AD…Pendeta mulai memakai pakaian yang berbeda dari
orang awam.
Tahun 526 AD…Pemakaian minyak suci.
Tahun 593 AD…Doktrin Api Penyucian dikenalkan.
Tahun 600 AD…Khotbah di gereja harus pakai bahasa Latin.
Tahun 600 AD…Semua doa harus ke Bunda Maria.

Komentarku ( Mahrus ali): 

Dikatakan dalam artikel tsb sbb:
Tahun 300 AD…Gereja mulai mendoakan orang mati, hal ini juga menjadi tradisi dikalangan ahli bid`ah pada setiap acara dimulai dengan pengiriman Fatihah untuk  orang – orang yang mati. Untuk mendoakan kepada  orang mati  itu ada tuntunannya  sebagaimana ayat:
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِاْلإِيمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ  لِلَّذِينَ ءَامَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
 “Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”.[1]

Untuk pengiriman fatihah kepada mayat ini termasuk hal yang perlu dicari dalilnya dan sampai sekarang saya tidak menjumpainya contohnya dari Rasulullah SAW.. Boleh Klik lagi disini:

Dikatakan dalam artikel tsb sbb:
Pemakaian minyak suci.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Minyak suci ini dikalangan ahli bid`ah mirip dengan minyak yang sudah di asma`i. Biasanya minyak tersebut sangat di harapkan kalangan ahli bid`ah untuk mendapat berkah.

Di katakan dalam artikel tsb sbb:
Pemujaan terhadap orang-orang kudus dan malaikat.
Komentarku ( Mahrus ali): 

Ini juga mirip dengan budaya ahli bid`ah yang sering mengadakan manakiban untuk memuji – muji kepada Syaikh Abd Kadir al Jailani, lalu mereka terjerumus ke dalam kesyirikan  dengan minta safaat kepada syaikh Abd Kadir al Jailani .
Kadang gambar – gambar orang – orang shalih di gantungkan di tembok, katanya  ingin meniru perbuatannya. Tapi masih tetap tidak menjadikan Rsaul sebagai  panutannya dan tetap melanggar perintah Rasul dengan mengadakan berbagai kebid`ahan.

Di katakan dalam artikel tsb sbb:
Tahun 600 AD…Semua doa harus ke Bunda Maria

Komentarku ( Mahrus ali): 
Ini budaya minta – minta kepada mayat sudah lama menjamur dikalangan ahli bid`ah dengan membaca :

الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَيْكَ ياَ رَسُوْلَ الله  ضَاقَتْ حِيْلَتيِ أَدْرِكْنِي يَارَسُوْلَ الله
Assholatu wassalaamu alaika ya Rasululloh, dhooqot hiilatii adriknii yaa rasululloh
Sholawat dan salam semoga terlimpahkan kepadamu wahai Rasulullah ! upayaku telah habis, tolonglah aku wahai rasululloh
Klik lagi disini:

Kalau wahabi menyatakan hal itu adalah kesyirikan melenyapkan tauhid dan pelakunya adalah musrik bukan orang yang bertauhid.
Blog husus pengajian: http://mahrusali2.blogspot.com/
Blog ke tiga
Peringatan:Mesin pencari diblog tidak berfungsi, pergilah ke google lalu tulislah:  mantan kiyai nu    lalu teks yang kamu cari
Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfreand ). 081935056529 (XL ) atau  08819386306   ( smartfreand )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo






[1]  Al hasyer 10
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan