Minggu, November 18, 2012

Warga NU Winong Gelar Gemblengan Akbar Syuronan




Senin, 19/11/2012 12:42
Pati, NU Online
Untuk menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharram 1433 Hijriyah, warga NU di Kecamatan Winong, Pati, Jawa Tengah, Ahad (18/11) malam menggelar acara gemblengan akbar syuronan. Gemblengan menghadirkan Al Mujiz Abah KH M Suyuthi Ghazali dari Cepu. Acara dipusatkan di Gedung Haji Winong.

Ketua MWCNU Winong, Ustadz Yusuf Hasyim kepada NU Online mengatakan, acara gemblengan tersebut diikuti ratusan peserta. Mereka merupakan kader-kader Ansor, Banser, Pagarnusa, IPNU dan warga nahdhiyin. Gemblengan yang dimulai selepas sholat isya’ itu berlangsung hingga larut malam.

Mereka tidak hanya datang dari MWC NU Winong. Tetapi, mereka juga berasal dari MWC NU lain di Kabupaten Pati. Tak hanya itu, sejumlah pengurus NU Cabang Pati juga turut mengadiri acara tersebut.

”Gemblengan akbar syuronan itu dimaksudkan untuk mempererat tali persaudaraan dan membekali jasmani dan ruhani bagi kader-kader NU,” ujarnya.

Menurutnya, acara tersebut diperuntukkan bagi anggota IPNU, Banser, Ansor, Pagarnusa dan warga NU. Dengan ketentuan mereka minimal harus berumur 17 tahun. Sedangkan materi gemblengan mencakup amalan-amalan karomah dan gemblengan tenaga dalam.

Melalui gemblengan itu, lanjutnya, diharapkan kader-kader NU akan memiliki kekuatan lahir batin dalam memperjuangkan Islam ahlussunah wal jamaah. Yakni, Islam yang mengedepankan karakter tawasuth (jalan tengah), tawazun (keseimbangan), tasamuh (toleransi), ta’adul (adil) dan amar ma’ruf nahi munkar.

”Setelah mengikuti gemblengan mereka diharapkan siap lahir batin dalam memperjuangkan Islam yang rahmatan lil’alamin di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya.



Redaktur     : A. Khoirul Anam
Kontributor : Sholihin Hasan

Komentarku ( Mahrus ali):

Bila yang dimaksud gemblengan kanuragan, bukan santapan rohani atau pengajian, maka saya sayangkan sekali kepada mereka yang ikut, mengapa sampai tidak mengerti bahwa dalam gemblengan itu ada kesyirikannya dan sepi dari tauhid. Di saat kaum mukminin ingin mati sahid di jalan Allah, mereka malah pilih hidup dijalan setan.
Hidup dengan kanuragan sudah tentu akan membikin diri sombong yang di larang Allah bukan rendah diri yang diperintahkanNya  Kaum mukmin bukan kaum kafir yang ingin hidup di jalan setan, tapi mereka ingin mati dijalan Allah, lihat ayat sbb:
مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَى نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا

Di antara orang-orang mu'min itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikitpun tidak merubah (janjinya), Al ahzab 23.
Klik lagi disini:
Artikel Terkait

2 komentar:

  1. mengenai hadits aqiqoh berarti nggak ada yg soheh ya ustadz...? hanya kaget aja ustadz...

    BalasHapus
  2. Untuk wahyu nugroho
    hadisnya sahih, tapi tiada sahabat yang memeraktekkanya, karena itu, berkorbanlah

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan