Selasa, November 27, 2012

Dewan Fatwa Libya: Setiap pasal dalam konstitusi yang bertentangan dengan syariat Islam adalah batal




TRIPOLI (Arrahmah.com) – Dewan Fatwa Libya menegaskan bahwa setiap pasal dalam Undang-Undang Dasar baru Libya yang bertentangan dengan syariat Islam adalah batal. Dewan Fatwa Libya juga menyerukan urgensi menyertakan para ulama dalam penyusunan UUD baru Libya.
Hal itu disebutkan oleh Dewan Fatwa Libya dalam pernyataan sikap saat penutupan rapat Dewan Fatwa Libya, Ahad (25/11) malam di ibukota Tripoli. Rapat itu dihadiri oleh seluruh mufti cabang di seluruh kota dan propinsi Libya. Rapat dipimpin langsung oleh ketua Dewan Fatwa  syaikh Shadiq bin Abdurrahman Al-Ghuryani dan wakilnya syaikh Ghaits bin Mahmud Al-Fakhiri.
"Berkaitan dengan Undang-Undang Dasar Negara yang saat ini menjadi perhatian utama seluruh rakyat Libya, Dewan Fatwa menegaskan bahwa UUD harus menyatakan bahwa Islam adalah agama negara, syariat Islam adalah sumber perundang-undangan dalam UUD, setiap pasal yang bertentangan dengan syariat Islam adalah batal, pasal (syariat Islam) tersebut tidak bisa diamandemen, dan perlu ditegaskan ulama syariat harus diberi peranan dalam menyusun UUD, " demikian bunyi poin pertama dalam rekomendasi Dewan Fatwa.
Dewan Fatwa Libya merekomendasikan kepada Parlemen Libya untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki bidang peradilan dan hukum. Hal itu agar rakyat mendapatkan jaminan keamanan atas nyawa dan harta miliki mereka.
Dewan Fatwa Libya juga menuntut Parlemen Libya dan pemerintah Libya, "untuk segera menghentikan praktek-praktek riba dalam bank-bank secara khusus dan dalam praktek negara secara umum, serta praktek riba antar individu dan menganggap riba sebagai sebuah kejahatan."
Dewan Fatwa Libya merekomendasikan agar Parlemen Libya segera menetapkan undang-undang yang merubah bank-bank ribawi menjadi bank-bank Islam.
Pernyataan sikap Dewan Fatwa Libya juga menuntut pemerintah Libya untuk mengembalikan hak-hak yang dirampas pada masa pemerintahan periode sebelumnya, rezim tiran Moammar Qaddafi. Undang-undang perpajakan dan banyak pajak yang memberatkan rakyat juga harus ditinjau ulang dan dibatalkan.
(muhib almajdi/arrahmah.com)
Komentarku ( Mahrus ali): 
  Itu fatwa bagus sekali, bukan kurang bagus tapi sangat bagus, tiada keburukannya. Fatwa ini harus peraktekkan, bukan di biarkan saja atau tidak ditanggapi. Ia bersumber dari ayat:
وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ
Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir. …………….  Maidah 44
وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik Maidah
وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ
Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.  Maidah
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan