Jumat, Oktober 12, 2012

Kain kafan orang Syi`ah yang unik sekali




أحد الصحفيين المتدربين في معهد صحافة الحرب والسلام (تقرير
الازمة العراقية رقم 350، 19 آب- أغسطس 2010)
Satu wartawan yang terlatih  di Institut  pemberitaan Perang dan Perdamaian (Report
Krisis Irak No 350, 19 Agustus - Agustus 2010)

ينقش رزاق مصطفى الكاتب آيات من القران الكريم على أكفان المسلمين الشيعة، مكسياً الموتى للحياة الآخرة.
Mengukir Razak Mustafa penulis ayat-ayat dari Al-Quran pada kain kafan  dari Muslim Syiah,  untuk di buat kain kafan bagi orang – orang yang  mati dalam kehidupan akhirat.
وبالرغم من انه يعمل في هذه المهنة لعقود عدة، إلا انه يقول لا يزال عمله هذا يملأه بالخوف.
Meskipun ia bekerja di profesi ini selama beberapa dekade, tapi ia masih mengatakan karyanya dipenuhi dengan ketakutan.
ولكي يحافظ على أعصابه يبدأ بتلاوة صلوات من القران، وهو مصدر الآيات التي يستنسخها على الغطاء.
Dalam rangka untuk menjaga emosinya dia  mulai pembacaan doa dari Al-Quran yang merupakan sumber dari ayat-ayat  yang di salin.
" أنني أنظر الى الكفن كبدلة من الدرع تقوم بحماية الجسد في القبر وتدافع عنه ضد الديدان"
Saya melihat  kafan  seperti pakaian  perisai yang  melindungi tubuh dalam kubur dan menjaga dirinya terhadap cacing
يقول الكاتب الذي تعلم حرفته من والده، متبعاً تقليدا يعود الى قرون عديدة في مدينة كربلاء المقدسة الواقعة جنوب العاصمة بغداد.
Penulis mengatakan ia belajar kerajinan dari ayahnya, mengikuti tradisi sejak berabad-abad di kota suci Karbala, selatan Baghdad.
ولكن في حين قد تقي الآيات القرآنية الموتى، فانها لا توفر إلا حماية بسيطة ضد قوى السوق التي بدأت تلتهم حرفة الكاتب القديمة.
Tapi sementara ayat-ayat Alquran dapat melindungi  orang mati, ia   hanya memberikan perlindungan sederhana terhadap kekuatan pasar yang mulai melahap kerajinan kuno penulis.
فقد بدأت صناعة الاكفان في المدينة تعتمد في الوقت الحاضر، وبشكل متزايد، على آلة الستانسل لطبع الآيات التي كانت تخط بعناية فائقة فيما مضى يدوياً.
Industri pembuatan kain kafan  di kota ( Karbila ) tergantung pada saat ini, dan terus menerus pada mesin stansil  untuk mencetak ayat-ayat yang pada masa lalu  dengan  hati-hati di kerjakan secara  manual .
ويقول التجار بان زبائنهم يفضلون الاكفان الجديدة ذات الانتاج الوفير لانها أرخص، كما ويمكن صنعها بسرعة وحسب الطلب.
Para pedagang mengatakan bahwa pelanggan mereka lebih memilih kain kafan  baru dengan produksi berlimpah  dan lebih  lebih murah, dan dapat diproduksi dengan cepat dan  sesuai dengan orderannya..
فيما يقول الخطاطون الموهوبون بانهم يفقدون مهنتهم بسبب ذلك.
Penulis Kaligrafi yang  berbakat mengatakan mereka kehilangan profesi mereka karena itu
" كنت أبيع في الماضي 20 كفناً في غضون عشرة أيام.
"Aku waktu lalu bisa menjual  20  kafan dalam waktu sepuluh hari
 أما الآن فأبيع عشرة أكفان خلال الفترة ذاتها"
Sekarang  saya hanya bisa menjual sepuluh kain kafan selama periode yang sama "
يقول الكاتب. واضاف بانه تم اغراق السوق وبشكل فعال بالاكفان المصنوعة بالتقنية الجديدة.   
Penulis mengatakan. Dia menambahkan bahwa  pasar telah banjir dengan  efektif sekali  dengan kain kafan  yang  dibuat dengan teknologi baru.
ويصنع آلاف الاكفان في كربلاء كل عام. فالطقوس الشيعية تعتبرغسل الجثة وتحضيرها للدفن في كربلاء أمرا مباركاً، وذلك قبل ان تودع التراب في مدينة النجف المجاورة لها.
Dani ribuan kain kafan  telah diuproduksi di Karbala setiap tahun.
Kondisi  Syiah menganggap  tubuh yang di mandikan  dan dipersiapkan untuk dimakamkan di Karbala sebagai perkara yang penuh berkah, dan sebelum debu karbila  disimpan di kota tetangga Najaf.
وقد لعبت المدينتان دوراً محورياً في تاريخ المسلمين الشيعة، ولا تزالان تهيمنان على الحياة الروحية لغالبية العراقيين الذين يتبعون هذا المذهب.
Dua kota telah memainkan peran penting dalam sejarah umat Islam Syiah, dan masih mendominasi kehidupan rohani dari mayoritas rakyat Irak yang mengikuti ajaran ini.
فكربلاء هي مثوى ضريح الامام الحسين- ع- وهو من أئمة الشيعة الذي قتل في المدينة في معركة حاسمة جرت وقائعها في القرن السابع الميلادي.
Karbela adalah tempat makam Imam Hussein  alaihisalam  termasuk  imam Syiah, yang tewas di kota dalam pertempuran yang menentukan spektrum di abad ketujuh Masehi.
ويعتبر اتباع الامام الحسين تربة المدينة أرضاً مقدسةً، وهي تستخدم، في كثير من الاحيان مع الزعفران، كمادة يتم خلطها مع الحبر في كتابة الآيات القرانية على الأكفان.
Para pengikut  Imam Hussein menganggap tanah suci terhadap kota Karbila. yang digunakan, seringkali dengan minyak Za`faran lalu  dicampur dengan tinta dalam menulis ayat-ayat Alquran di kain kafan.
ويمكن اعتبار اختيار الكفن شأناً شخصياً الى حد عميق بالنسبة للمسلمين الشيعة، ولا يستلزم الانتظار الى حين الوفاة، اذ يشتري الكثير من اتباع هذا المذهب أكفانهم الخاصة كوسيلة تذكير دائمية بفنائهم، وكدافع للتصرف القويم والمستقيم.
Dan memilih kain kafan dapat dianggap urusan pribadi yang cukup mendalam bagi Muslim Syiah, dan tidak perlu menunggu sampai kematian, karena banyak pengikut syi`ah membeli kain kafan ini sebagai  pengingat permanen terhadap halaman mereka  dan motif berbuat yang benar dan lurus.
ويهيأ معظم الشيعة كسوة الدفن باختيار آيات معينة من القران، على الرغم من توفر أكفان جاهزة أيضاً في أسواق كربلاء.
Kebanyakan Syi'ah mempersiapkan kain kafan  dengan memilih ayat-ayat tertentu dari Alquran, meskipun ketersediaan kain tsb banyak  di pasar Karbala.
وقد يستغرق صنع كفن مخطوط يدوياً عدة ايام، بينما تجهز الاكفان المطبوعة بالاستنسل عادة خلال بضع دقائق.
Membuat seni kain kafan dapat menelan beberapa hari secara manual, pada hal  menyiapkan kain kafan yang  dicetak dengan stensil  biasanya dalam beberapa menit.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Di katakan dalam artikel tsb sbb:
" أنني أنظر الى الكفن كبدلة من الدرع تقوم بحماية الجسد في القبر وتدافع عنه ضد الديدان"
Saya melihat  kafan  seperti pakaian  perisai yang  melindungi tubuh dalam kubur dan menjaga dirinya terhadap cacing
ولكن في حين قد تقي الآيات القرآنية الموتى، فانها لا توفر إلا حماية بسيطة ضد قوى السوق التي بدأت تلتهم حرفة الكاتب القديمة.
Tapi sementara ayat-ayat Alquran dapat melindungi  orang mati, ia   hanya memberikan perlindungan sederhana terhadap kekuatan pasar yang mulai melahap kerajinan kuno penulis.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Ini kekeliruan lagi bukan kebenaran lagi dari Syi`ah yaitu menganggap bahwa ayat – ayat al quran yang ditulis bisa menjaga orang – orang yang sudah meninggal dunia, di saat ayat – ayat tsb di tulis di baju orang yang hiduppun tidak bisa menjaganya. Mayat pakai kafan atau tidak, tetap di makan cacing tanah atau ulat – ulat perut , baik kain kafanya di tulisi dengan ayat al quran atau tidak.
Kita ikut kain kafan para sahabat dan Rasulullah SAW yang tidak ditulisi  ayat al quran lebih baik dari pada ikut kain kafan orang syi`ah. Dan tiada yang melakukannya diantara  para  ulama ahlus sunnah dulu maupun sekarang. Allah berfirman:
وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ(100)
Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. Tobat 100
Dikatakan dalam artikel tsb sbb: .
ويصنع آلاف الاكفان في كربلاء كل عام. فالطقوس الشيعية تعتبرغسل الجثة وتحضيرها للدفن في كربلاء أمرا مباركاً، وذلك قبل ان تودع التراب في مدينة النجف المجاورة لها.
Dani ribuan kain kafan  telah diuproduksi di Karbala setiap tahun.
Ritual  Syiah menganggap  tubuh yang di mandikan  dan dipersiapkan untuk dimakamkan di Karbala sebagai perkara yang penuh berkah, dan sebelum debu karbila  disimpan di kota tetangga Najaf.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Ini juga kekeliruan yang nyata bukan kebenaran yang samar, dimana mereka menganggap tanah Karbala  sebagai tanah suci karena Imam Husain di bunuh di situ. Apakah mereka tidak paham, banyak kalangan sahabat yang mati diperang Badar atau Uhud, tapi kedua tanah tersebut tidak di anggap suci oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Lalu mengapa tanah Karbala di anggap suci hanya karena Imam Husain mati disana.
Mengapa Imam Ali yang mati di Kufah tidak disucikan tanah tempat kematiannya. Tanah yang pernah di tempati oleh para nabi saja  tidak di katakan tanah suci , apalagi hanya  sebagai lokasi kematian Husain. Ini hurofat bukan atas landasan dalil yang jelas, mengada – ada  dalam agama  bukan bersumber pada dalil dari quran atau hadis. Kalau tanah Mekkah jelas di katakan suci oleh Allah  karena ayat:
إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ رَبَّ هَذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِي حَرَّمَهَا وَلَهُ كُلُّ شَيْءٍ وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ ﴿٩١﴾
091. Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri. Namel
Atau  tanah Palistina  sebagaimana ayat:
يَا قَوْمِ ادْخُلُوا الأَرْضَ المُقَدَّسَةَ الَّتِي كَتَبَ اللّهُ لَكُمْ وَلاَ تَرْتَدُّوا عَلَى أَدْبَارِكُمْ فَتَنقَلِبُوا خَاسِرِينَ ﴿٢١﴾
021. Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari ke belakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi. Maidah .
Tanah haram atau tanah halal , suci atau tidak  bukan atas dasar bikinan manusia sebagaimana  Karbala dan Najf itu , tapi atas dasar dalil dari al Quran.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan