Rabu, Agustus 22, 2012

SMS dari putra ketua suriah NU tentang puasa enam hari Syawal.


Ada sms dari Kalteng sbb: 
Assalamu'alaikum ! ust sy mau nanya, apakh riwayat muslim itu bs dijamin keshohihannya? Wassalam, Alianoor.

Saya jawab: Belum tentu.

Dia sms lagi:

Assalamu'alaikum ! ust sy agak sedikit bingung, mayoritas ulama menyatakn bhw hadits yg diriwayatkn oleh imam muslim dijamin keshohihannya, tp knapa kokhadits msalh puasa syawal bs menjdi dhoif, apkh imam muslim tdk teliti? mhn jwbn, Jazaakallah khairan katsira.

hadits msalh puasa syawal bs menjdi dhoif, apkh imam muslim tdk teliti? 
mhn jwbn, Jazaakallah khairan katsira.

Saya jawab:

Rasul dan para sahabat tidak menjalankannya. Terjadi tafarrud Rawi , boleh
 di baca lengkap di www. Mantankyainu.blogspot.com.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
· 



 Dia sms lagi:
Assalamu'alaikum ! ust apkh sdh terbit buku ttng hadits shohih ternyata 
dhoif?

Saya jawab: Belum , tapi bila anda butuh bisa di print.

Dia kirim sms lagi:

ya sy perlu ust unt bahan pengajian kalau ust berkenan

Saya sms:
Insya Allah.

Dia sms lagi:

Assalamu'alaikum ! ust jika ust berkenan sy ingin minta tuiisan ust ttng hadits shohih yg ternyata dhoif, Insya Allah biaya print dn kirim  sy ganti. Jazaakallah khairan katsira.

Saya jawab:
Wa alaikum salam Saya akan bertanya kepada pak pos dulu berapa biaya dan
 saya akan mencari naskahnya dulu.

Dia sms lagi:

Alhamdulillah, Jazaakallah khairan katsira ust, ini alamat sy : ALIANOOR D/A. KUA KEC.TEWEH TENGAH JLN.YETRO SINSENG MUARA TEWEH KALTENG

Komentarku ( Mahrus ali) :
Dia adalah putra ketua suriah NU di sana.  

Dia kirim sms lagi untuk meralat sbb: 

Assalamu'alaikum ! ust sedikit ralat, saat ini orang tua sy bukan lagi ketua syuri'ah
 NU Cab barito utara, krn orang tua saya KH.ASMUNI BASRI sdh meninggal dunia. Wassalam, Alianoor.

Saya jawab: Trms.
Dia kirim sms lagi:
 Assalamu'alaikum ! ust teman2 sy sbgian ada yg bingung stelah sy infokn bhw shoum
 sunnah syawal yg hadits muslim itu dhoif, mreka antara percya atau tidak, bahkn mereka jd curiga jangan2 ini ada permainan orang JIL yg suka mengotak atik hadits shohih.

Saya jawab:
Para rasul juga dituduh sesat, murtad dll. Bersabarlah seperti para rasul


Komentarku ( Mahrus ali )
INgatlah firmanNya sbb:
َفاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُو الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلاَ تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلاَّ سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ بَلاَغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلاَّ الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ
Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari  Rasul - Rasul  telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.[1]


[1] Alahqaf 35
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan