Minggu, Juni 10, 2012

Pengajian mantan kiyai NU di pengajian bulanan Muhammadiyah Surabaya



Pengajian Muhammadiyah daerah Surabaya telah mengundang saya untuk pengajian tadi pagi di masjid Jend Ahmad Yani Jl Sidoyoso 7/29 .

Pertama pengajian itu di letakkan di

Yayasan Perguruan Muhammadiyah Kapasan (BPKP)

Jl Kapasan 73-75
Kapasan, Simokerto
Surabaya 60141 Jawa Timur
Pasar Gembong
Phone: (031) 3710557

Namun karena beberapa hal lalu di pindahkan ke masjid Ahmad Yani. Al Hamdulillah saya juga bisa datang ke sana dengan baik.
Dan al hamdulillah banyak juga yang hadir dari kalangan lelaki dan perempuan sampai masjid penuh.
Saya berceramah selama dua jam, sampai capek dan ternyata para pendengar masih asyik mendengarkannya sebagaimana pengajian saya sewaktu di Babat pada bulan lalu. Pengajian saat itu di taruh di lapangan dan pendengarnya juga memenuhi lapangan halaman sekolah .

  Setalah diua jam lalu di adakan sesi tanya jawab, antara lain masalah:
1.Bagaimanakah kondisi Ustadz di masa masih menjadi ahli bid`ah lalu pindah kepada ahli sunnah         
2. Katanya  ada bid`ah dalam yasinan, apakah itu?
3. Bolehkah menyebut sayyidina ketika menyebut nama Muhammad.
4 Dalil – dalil tentang salat di tanah.
5. Apa benar suara gusdur dalam syair tanpa weton?
6. Menentukan awal Ramadhan
7. Qunut witir.
8. Katanya ada hadis Bilal pernah berdoa dengan tawassul pada Nabi SAW, benarkah itu.


        Seluruhnya telah saya jawab dengan dalil , keterangan yang tepat dan lurus dan banyak hadirin yang masih minta diteruskan sekalipun sudah mencapai dua setengah jam pengajian. ………………….tapi akhirnya ditutup oleh panitia karena  melihat saya sendiri juga perlu istirahat.
  Setelah pengajian, para jamaah pengajian banyak yang membeli  buku – buku karya saya, cd pengajian . Bahkan ada dua orang yang membeli  dua set cd pengajian yang jumlahnya masing masing  57 cd pengajian. Tapi salah satunya sudah di letakkan dlm flasdisk.
  Saya katakan kepada pak Rosyadi dari Jakarta yang saat itu hadir juga dalam pengajian. Pengajian tadi cukup panjang sampai dua jam. Lama sekali ya.
Dia malah menjawab: Masih kurang banyak, dan tidak terasa sama sekali karena asyik mendengarkan materi yang di suguhkan, malah kita ingin mendengarkan pengajian itu sampai lima jam lagi.
  Dengan antusias pendengar ini membikin para  hadirin yang dari Sedayu dan Paciran ingin mengundang saya untuk pengajian di Kampungnya.
Insya Allah, pada  tgl 24 Juni ada pengajian saya di Blora. Dan 15 Juli di Pekalongan yang di adakan oleh Muhammadiyah disana.
Semoga massa yang asyik dengan pengajian Quran hadis ini semakin banyak dan semakin berkeinginan untuk menempuh jalan para nabi dan kaum saleh.
Artikel Terkait

10 komentar:

  1. aslmkm.ustad. .pertanyaan para hadirin waktu itu kok jawabanx gak diposting skalian biar kita yg suka baca blognya uztad biar tambah hapal.untuk djadikan hujjah.kalo ustad pernah kebabat.apa babat yg deket langitan itu ya?. selama ini apa ustad pernah dikunjungi teman2 uztad waktu dilangitan.? jazakalloh atas jawabannya

    BalasHapus
  2. Untuk canam
    Sebetulnya gitu, tapi saya waktu menulisnya itu dalam keadaan capek, hingga saya ringkas begitu saja. Dan itu sekedar riwayat perjalanan hidupku dalam berdakwah yang semoga menjadi kenangan baik bagi genarasi sekarang dan mendatang

    BalasHapus
  3. tiap mau mengadakan pengajian sebaiknya di posting ke blognya ustad, kapan waktu dan tempatnya

    BalasHapus
  4. Ustadz
    Coba posting khusus membahas riwayat perjalanan ustadz saat masa-masa trasisi dari pelaku bid'ah ke pengamal sunnah .Berikut suka - duka , pujian - makian , keamanan - ancaman, dan lain-lainnya . Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita-kita yang "takut" dalam mengamalkan sunnah .

    BalasHapus
  5. Insya Allah tapi butuh waktu yang cukup. Nanti bila ada waktu senggang akan saya taulis > Untuk di ketahui di buku saya " Tak ingin jadi kiyai " banyak kisah perjalanan hidup saya mulai dari ahli bid`ah sampai ahlis sunnah , makian dan cacian , resiko dan manfaatnya

    BalasHapus
  6. Untuk fairuz ad daulami
    Insya Allah akan saya posting waktu, tempat dan tanggalnya.

    BalasHapus
  7. ustadz mau tanya, apakah buku ustadz sudah ada di toko2 buku ato harus beli langsung di rumah ustadz?

    BalasHapus
  8. SUdah banyak di toko toko buku, atau langsung ke saya

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum warohmatullahiwabarakatuh
    pak ustad saya adalah orang awam yang berasal dari kalangan keluarga besar Muhammadiyah,kebetulan di antara kajian yang ada di blog pak ustadz setahu saya banyak kesamaan pada ajaran di ormas lingkungan saya(Muhammadiyah),biarpun ada perbedaan tapi hanya sedikit,untuk itu saya ingin memperdalam agama secara murni dari pak ustadz tapi belum tahu carannya.bagaimana jika saya ingin berdialog/tanya jawab seputar aqidah dengan pak ustad dengan cara apa?oh ya boleh nggak saya minta nomor telepon bapak,jika boleh kirim ke email saya di : arie.doank49@yahoo.com atau kirim di inbox facebook saya di :fj.arik@gmail.com.
    Syukron pak ustadz,teruslah berjuang dalam menegakkan aqidah Islam.semoga pak ustadz beserta keluarga senantiasa sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum,
    maaf mengganggu,
    barangkali ada yang sedang berkeinginan untuk berkunjung ke Tanah Suci Mekkah, kami bisa membantu.
    info lebih lanjut hubungi : 085785117101
    Harga bersaing dan pelayanan pun terbaik, insyaAllah..

    "PT. Turisina Buana" (Tibi Tours cabang Surabaya)

    Terima kasih,
    Wassalamu'alaikum.

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan