Minggu, April 22, 2012

Inilah Mobil Terbang Pertama di Dunia





Mobil terbang bernama Transition ini dibanderol dengan harga Rp2,5 miliar.
Berita Terkait
NEW YORK l SURYA Online- Perusahaan AS Terrafugia memamerkan sebuah mobil purwa rupa yang bisa dipakai bukan hanya di darat tapi juga terbang di udara dalam Pameran Mobil Internasional New York.

"Ini adalah kendaraan pertama di dunia yang bisa memenuhi standar penerbangan internasional FAA dan keselamatan lalu lintas darat NHTSA,@ kata Cliff Allen, Wakil Presiden Penjualan di Terrafugia.

''Ini membuatnya sebagai 'pesawat jalanan resmi' pertama,'' tambah dia.

Disebut dengan nama Transition kendaraan serba guna ini memiliki dua kursi, empat roda dan sayap yang dapat ditarik masuk.

Diperkirakan kendaraan ini akan tersedia tahun depan dengan harga di AS senilai US$279.000 atau sekitar Rp2,5 miliar.
Uji terbang terrafugia

Dengan memiliki sertifikat dari FAA, ini berarti perusahaan tersebut memiliki ijin untuk menerbangkannya di udara AS untuk keperluan uji terbang. Perusahaan ini mengharapkan mobil ini akan memperoleh lisensi pesawat ringan.

Kendaraan ini sebelumnya telah sukses menjalani uji terbang di Bandara Internasional Plattsburgh dekat Montreal, Kanada bulan lalu.

Dalam uji terbang tersebut seorang pensiunan pilot Angkatan Udara AS yang menjajal Transition pada tanggal 23 Maret secara sukarela.

"Kami beruntung mendapatkan dia,'' kata Dr Samuel Schwegart, seorang teknisi di Terrafugia yang bekerja untuk proyek ini.

Kendaraan ini terbang di ketinggian 1.400 kaki atau sekitar 462 meter di atas permukaan bumi selama delapan menit.

Desain kendaraan ini menurut Schwegart merupakan hasil pernikahan kendaraan darat dan udara yang layak.

"Tidak seperti pesawat normal, ketika lepas landas roda belakang tidak mengayun karena didesain agar mobil tetap stabil saat di darat.''

Para teknisi juga menemukan diperlukan kecepatan lebih daripada yang diantisipasi untuk menghasilkan daya angkat yang diperlukan saat lepas landas.

"Meski ada laporan pendaratan yang keras, tetapi bukan hal yang dikhawatirkan," kata Dr Schwegart.
Kapasitas bahan bakar

"Anda bisa datang ke SPBU biasa untuk isi bensin,'' kata Dr Schwegart seraya menyebut kapasitas bahan bakar Tranisition sebesar 87 liter bahan bakar jenis Premium oktan 91, dengan konsumsi 6,7liter/100 km di darat dan 8,4 liter/100 km di udara.
 
Dengan sayap yang bisa ditarik membuat kendaraan ini masih bisa masuk ke garasi rumah. Tetapi dibutuhkan lahan sepanjang 520 meter sebagai landas pacunya.

Menurut Terrafugia ini bukan masalah, karena ada 5.000 bandara di Amerika Serikat, dan sekitar 5.000 lainnya yang menjadi milik pribadi, yang mungkin berarti landas pacu milik petani di pedesaan.

Target pembeli mobil terbang ini adalah para pilot, tetapi perusahaan ini sekarang juga menyasar orang yang tidak memiliki pengalaman terbang.

Sejauh ini sudah ada 100 orang yang memesan mobil terbang yang dirakit di sebuah fasilitas di Woburn, Massachusetts tersebut.

Dengan kapasitas jarak terbang sejauh 1.035 km dalam satu tangki penuh bahan bakar, secara teori kendaraan ini bisa melakukan perjalanan non domestik. (bbc)

Komentarku ( Mahrus ali ):

 Kehidupan di dunia ini adalah perlombaan untuk maju di bidang apapun, bukan kemunduruan di suatu bidang kehidupan. Karena
itu harus kerja keras, bukan pengangguran yang merugikan, tapi kerja  keras yang menguntungkan. Ingat firmanNya;
اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.[1]
Tehnologi penerbangan  atau kendaraan di darat atau laut adalah sebagian dari ilmu keduniaan yang masih diperbolehkan, bukan di larang. Ingat firmanNya:
فَمَا أُوتِيتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَمَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَمَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ وَأَبْقَى لِلَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Maka sesuatu apapun yang diberikan kepadamu, itu adalah keni`matan hidup di dunia; dan yang ada pada sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka, mereka bertawakkal.[2]

Mengejar alat dan tehnologi canggih untuk keperluan tegaknya ajaran Allah dan menumpas ajaran Thaghut dan setan. Itulah hal yang harus dimiliki bukan di buang.



[1] Al Hadid 20
[2] Assyura 36
Artikel Terkait

1 komentar:

  1. benarlah apa yang difirmankan Allah swt, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. [al Hadid 20). Jadi sekarang bagaimana sikap kita, ini sebuah pilihan mau terlena dengan dunia silahkan mau ingat akherat kemudian memperbanyak amal dan keimanan terserah kita. Hasil akhirnya nanti akan kita petik sendiri, karena memang kita sendiri yang memilih benihnya dan menanamnya. Tuhan memang adil, dan tidak akan mendholimi hambaNya.

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan