Rabu, Juni 15, 2011

Berita akan muncul dua matahari-bohong

Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menegaskan bahwa berita mengeai akan munculnya matahari kedua, yang bernama Aderoid, pada 21 Juni adalah berita bohong.

"Itu hoax. Tidak ada bintang atau matahari bernama Aderoid," kata Deputi bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin yang dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Dikatakan Djamal, kode dari jutaan bintang telah masuk dalam kode katalog astronomi, sedangkan yang paling terang cahayanya dari bumi dan telah diketahui sifat-sifatnya bahkan sudah diberi nama, namun tidak ada yang bernama Aderoid.

Selain itu, sebuah bintang tidak mungkin tiba-tiba muncul dan datang mendekat ke tata surya dan kemudian bersinar bersama-sama matahari menerangi bumi, lanjutnya.

"Proxima Centauri bintang terdekat dari bumi dengan jarak 4,3 tahun cahaya jika bergerak ke arah bumi dengan kecepatan cahaya (300 ribu km per detik) saja membutuhkan waktu hingga ratusan tahun," katanya.

Sedangkan penyebutan bahwa pada 21 Juni Bintang Aderoid jaraknya sangat dekat dengan bumi yakni sekitar 3.465 mil atau bahkan 34,65 juta mil disebutkan sungguh aneh karena jarak antara matahari dengan bumi mencapai 93 juta mil.

Berita tentang akan munculnya matahari kedua, yang bernama Aderoid pada 21 Juni sudah tersebar luas melalui pesan singkat maupun messenger.

Berita bohong tersebut berbunyi: "Kesempatan 1x dalam hidup kita: Ada Dua Matahari pada 21 Juni 2011 dimana seluruh dunia menantikan".

Karena adanya suatu kemungkinan sebuah Bintang yaitu Bintang Aderoid yang garis edarnya akan tiba pada jarak paling dekat dengan Bumi,sehingga terlihat bersinar terang di langit.

Proses ini akan dimulai dari tanggal 10 Juni 2011 dan akan mencapai titik kulminasinya pada 21 Juni 2011 yaitu ketika Bintang ini tiba pada jarak sekitar 3.465 mil dari Bumi.

Pada saat itu Bintang tersebut akan terlihat seperti sebesar Matahari dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Pastikan untuk melihat ke Langit pada 21 Juni 2011 pukul 12.30 siang. Akan terlihat seolah-olah Bumi memiliki dua Matahari.

Selanjutnya Bintang Aderoid baru akan melintas sedekat ini lagi dengan Bumi kemungkinan pada tahun 2287.

(D009/S019)
Editor: Suryanto
Komentarku ( Mahrus ali )
Kita hanya punya konsep untuk meneliti terlebih dulu kebenaran suatu berita . Bila kita percaya langsung , kadang kita tertipu dengannya , lalu  kita sebar luaskan . Tahu – tahu kita juga menipu orang secara  tidak sengaja . Kita keliru dan orang lain yang kita ajak bicara  juga menyebarkan berita itu kepada orang lain . Ahirnya kita ini mau menghindari dosanya kita sulit kecuali dengan tobat . Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَأٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْماً بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
‘Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”

Gambar bintang 

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. bagus dunia jadi ramai gosipnya, daripada ngelamun nggak karuan, nggak usah dipikirin rugi aku, wa ufawwidhuu amrii ilallaahu.

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan