Rabu, Maret 08, 2017

Fase ke 19 ttg kisah hoax Dajjal

fase ke 19 ttg kisah hoax Dajjal
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ حَدَّثَنَا أَبُو عَمْرٍو حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ حَدَّثَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
(BUKHARI - 1748) : Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Al Mundzir telah menceritakan kepada kami Al Walid telah menceritakan kepada kami Abu 'Amru telah menceritakan kepada kami Ishaq telah menceritakan kepada saya Anas bin Malik radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلَّا سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ إِلَّا مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ لَيْسَ لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ إِلَّا عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ صَافِّينَ يَحْرُسُونَهَا ثُمَّ تَرْجُفُ الْمَدِينَةُ بِأَهْلِهَا ثَلَاثَ رَجَفَاتٍ فَيُخْرِجُ اللَّهُ كُلَّ كَافِرٍ وَمُنَافِقٍ
"Tidak ada suatu negeripun yang tidak akan dimasuki Dajjal kecuali Makkah dan Madinah, karena tidak ada satu jalan masukpun dari jalan masuk kecuali ada para malaikat yang berbaris menjaganya. Kemudian Madinah akan berguncang sebanyak tiga kali sehingga Allah mengeluarkan orang-orang kafir dan munafiq daripadanya".
Dari sg sanad , hadis tsb hanya dari Ishak bin Abdillah. Lihat keterangan sbb:
أخرجه أحمد 3/191 (13017) قال: حدَّثنا بَهْز، وعَفَّان، قالا: حدَّثنا حَمَّاد بن سَلَمَة. وفي 3/238 (13529) قال: حدَّثنا حَسَن بن مُوسَى، حدَّثنا شَيْبَان، عن يَحيى. و"البُخَارِي" 3/28 (1881) قال: حدَّثنا إبراهيم بن المُنْذِر، حدَّثنا الوَلِيد , حدَّثنا أبو عَمْرو. وفي 9/74 (7124) قال: حدَّثنا سَعْد بن حَفْص، حدَّثنا شَيْبَان، عن يَحيى. و"مسلم" 8/206 (7500) قال: حدَّثني علي بن حُجْر السَّعْدِي، حدَّثنا الوَلِيد بن مُسْلم، حدَّثني أبو عَمْرو، يَعْنِي الأَوْزَاعِي. وفي (7501) قال: وحدَّثناه أبو بَكْر بن أَبي شَيْبَة , حدَّثنا يُونُس بن مُحَمد , عن حَمَّاد بن سَلَمَة. و"النَّسائي"، في "الكبرى" 4260 قال: أخبرنا إِسْحَاق بن إبراهيم , قال: أخبرنا عُمَر بن عَبْد الواحد , عن الأَوْزَاعِي.
ثلاثتهم (حَمَّاد، ويَحيى بن أَبي كَثِير، وأبو عَمْرو الأَوْزَاعِي) عن إِسْحَاق بن عَبْد اللهِ بن أَبي طَلْحَة، فذكره
Jd hadis tsb hanya dr satu orang yaitu Ishak bin Abdillah.Bukan orang lain.
ــ إسحاق بن عبد الله بن أبى طلحة : زيد بن سهل الأنصارى النجارى المدنى ، أبو يحيى ( أخو إسماعيل و عبد الله و عمرو و يعقوب )
المولد :
الطبقة : 4 : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 132 هـ و قيل بعدها
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة حجة
مرتبته عند الذهبـي : حجة
367
و قال البخارى فى " تاريخه الكبير " : بقى باليمامة إلى زمن بنى هاشم .
Di tahun seratusan hijriyah lebih, hadis tsb hanya di ketahui oleh satu orang yaitu ishak bin Abdillah, bukan orang lain. Ribuan tabiin tak phm hadis itu sampai mati. Malah kita yg hidup belakanan ini lebih bisa mendengar kisah itu. Sedemikian ini dikatakan sanad yg munkar. Ia hadis yg nyeleneh. Buktinya tdk ada yg phm hadis tsb di kalangan tabiin kcl Ishak tadi.
Cacat redaksi hadis :
جامع الأصول (9/ 328)
Menurut riwyat Bukhari dan Muslim yg lain ada tambahan,
فينزل السَّبخةَ، ثم تَرْجُف المدينةُ بأهلها
Lantas Dajjal tinggal di tanah tandus lalu kota madinah goncang karena penduduknya. ( Madinah goncang karena kaum mukminin disana mengusir kafirin dan munafikin )
Pengertian hadis itu sy kutip dr sini :
التوضيح لشرح الجامع الصحيح (12/ 558)
Dalam salah satu tiwayat yg muttafaq alaih sbb:
فيخرج إليه كل كافر ومنافق
Mk setiap orang kafir dan munafik akan keluar untuk menemui Dajjal .
صحيح البخاري (3/ 22)
Dalam sahih Bukhari kalimat nya beda sbb:
فَيُخْرِجُ اللَّهُ كُلَّ كَافِرٍ وَمُنَافِقٍ
Lantas Allah mengeluatkan setiap kafir dan munafik .
Di hadis muttafq alaih yg lalu di katakan:Penduduk Madinah mengusir kafirin dan munafikin.
Dlm hadis yg muttafaq alih yg lain kalimatnya sbb:
وقال: «فيخرج إليه كل منافق ومنافقة» أخرجه البخاري ومسلم (1) .
Setiap munafik lelaki dn perempuan pergi ke Dajjal .
Semua kalimatnya beda, baik lafadh atau maknanya. Hingga sulit ditentukan mn yg benar dan mn yg palsu .
جمع الفوائد من جامع الأصول ومجمع الزوائد (2/ 55)
- وزاد في ((الأوسط)) عن جابر: ((مشرك ومشركة، وكافر وكافرة، وفاسق وفاسقة، ويخلص المؤمنون، فذلك يوم الخلاص)) (1).
…………..intinye menurut riwayat Jabir sbb : Musrik lelaki atau pr. Kafir lk atau pr , fasik lk atau pr . Kaum mukminin selamat . dan itu dinamai dg hari keselamatan .
_________
(1) الطبرني في «الأوسط» 2/ 340 (2165). وصححه الألباني في صحيح الجامع (7875).
Intinya : Hadis itu di sahihkan oleh al bani.
Komentarku ( Mahrus ali ) : Di sahihkan oleh siapapun , hakikatnya hadis tsb nyeleneh , munkar, kalimat dan pengertiannya morat marit dan bertentangan dg banyak ayat sbgmn keterangan nanti.
جمع الفوائد من جامع الأصول ومجمع الزوائد (2/ 55)
- وزاد أحمد: ((وأَكْثَرَ مَنْ يَخْرُجُ إِلَيْهِ النِّسَاءُ)) (1).
Malah menurut Imam ahmad ada tambahan : Kebanyakan orang yg keluar ke Dajjal adalah kaum wanita.
_________
(1) أحمد 3/ 292. وقال الهيثمي 3/ 308: ورجال أحمد رجال الصحيح.
…………….intinya perawi Ahmad adalah perawi sahih Bukhari.
Komentarku ( Mahrus ali ) , :
Kalimat dan pengertiannya morat marit tdk bisa di sahihkan. Bila di sahihkan mk kalimat mn yg benar dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dn yg tdk benar. Kita sulit untuk menentukan.
Masalah madinah goncang atau kaum mukmin mengusir kafirin atau munafikin kelat ketika Dajjal keluar adalah masalah gaib. Tidk bisa ditentukan dg hadis gharib spt itu, tdk bisa kita berlandaskan dg hadis munkar itu untuk menentukan masalah gaib.
Bila kita percaya padanya, kita akan kufur pd banyak ayat yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tdk tahu masalah gaib spt :
قُلْ لاَ أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللهِ وَلاَ أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلاَ أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ إِنْ أَتَّبِعُ إِلاَّ مَا يُوحَى إِلَيَّ
Katakanlah: “Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. ( Al an‘am 50 )
Di ayat lain di katakan :
مَا كُنْتُ بِدْعًا مِنَ الرُّسُلِ وَمَا أَدْرِي مَا يُفْعَلُ بِي وَلاَ بِكُمْ إِنْ أَتَّبِعُ إِلاَّ مَا يُوحَى إِلَيَّ وَمَا أَنَا إِلاَّ نَذِيرٌ مُبِينٌ
Katakanlah: "Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul ( atau aku tidak akan membikin ajaran yang baru yang berbeda dengan ajaran para Rasul yang lampau ) dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak (pula) terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan".
قُلْ لاَ أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلاَ ضَرًّا إِلاَّ مَا شَاءَ اللهُ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لاَسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ إِنْ أَنَا إِلاَّ نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
Katakanlah: "Aku tidak berkuasa menarik kemanfa`atan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman".
قُلْ لاَ يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ الْغَيْبَ إِلاَّ اللهُ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
Katakanlah: "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.
Untuk masalah gaib spt tanda akhir zaman menjelang kiamat hrs ditentukan oleh al quran tdk boleh hadis yg munkar spt itu.
Untuk ayat ini :
عَالِمُ الْغَيْبِ فَلاَ يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا. إِلاَّ مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُوْلٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَدًا
“(Dialah) Yang Maha Mengetahui perkara ghaib dan tidak menampakkannya kepada siapapun, kecuali kepada utusan-Nya yang telah Dia ridhai. Sesungguhnya Dia memberikan penjagaan (dengan para malaikat) dari depan dan belakangnya.” (Al-Jin: 26-27)
Gaib yg di tunjukkan Allah kpd Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah yg sdh tertera dlm al quran sj bukan dlm hadis gharib atau munkar itu. Spt ayat sbb:
تِلْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الْغَيْبِ نُوحِيهَا إِلَيْكَ مَا كُنْتَ تَعْلَمُهَا أَنْتَ وَلَا قَوْمُكَ مِنْ قَبْلِ هَذَا فَاصْبِرْ إِنَّ الْعَاقِبَةَ لِلْمُتَّقِينَ
Itu adalah di antara berita-berita penting tentang yang ghaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); tidak pernah kamu mengetahuinya dan tidak (pula) kaummu sebelum ini. Maka bersabarlah; sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg Dajjal , penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455

0812-4194-6733
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan