Minggu, Januari 08, 2017

Fase ke 30 Ayat yg dibuat landasan keberadaan siksa kubur tp salah phm .

Ayat yg dibuat landasan keberadaan siksa kubur tp salah phm .

أيسر التفاسير للجزائري (4/ 537)
وحاق بآل فرعون سوء العذاب: أي عذاب الغرق إذ غرق فرعون وجنده أجمعون.
Intinya maksud “dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk”   adalah di tenggelamkan ke laut ( bukan siksa kubur ) .

تفسير المراغي (24/ 77)
وَحاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذابِ) أي فحفظه الله مما أرادوا به من المكر السيئ في الدنيا، إذ نجاه مع موسى عليه السلام، وفي الآخرة بإدخاله دار النعيم، وأحاط بفرعون وقومه سوء العذاب في الدنيا بالغرق في اليمّ، وفي الآخرة بدخول جهنم وبئس القرار.
Intinya , Firaun dan tentaranya  di tenggelamkan ke laut dan kelak di akhirat  akan di masukkan ke dalam Jahannam ………………
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan siksa kubur.
زاد المسير (5/ 294، بترقيم الشاملة آليا)
{ وحاقَ بآل فرعونَ } لما لجوا في البحر { سوءُ العذاب } قال المفسِّرون هو الغرق
Menurut pakar – pakar tafsir , maksudnya ( ayat 45 – 46 ghafir  )   adalah ditenggelamkan ke laut ( bukan siksa kubur ).

الوسيط لسيد طنطاوي (ص: 3707، بترقيم الشاملة آليا)
{ وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ } أى : ونزل وأحاط بفرعون وقومه { سواء العذاب } بأن أغرقهم الله - تعالى - فى أليم ، وجعلهم عبرة لمن يعتبر
Maksudnya   Firaun dan pendukungnya ditenggelamkan ke dalam laut ( bukan siksa kubur ).  
تفسير الجلالين (9/ 176، بترقيم الشاملة آليا)
 { وَحَاقَ } نزل { بئَالِ فِرْعَوْنَ } قومه معه { سُوءُ العذاب } الغرق .
Maksud siksa buruk  adalah  di tenggelamkan ke laut.  ( bukan  siksa kubur ) .

تفسير البغوي - طيبة (7/ 150)
{وَحَاقَ} نَزَلَ، {بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ} الْغَرَقُ فِي الدُّنْيَا، وَالنَّارُ فِي الْآخِرَةِ.
Maksud su`ul adzab / siksa buruk   di tenggelamkan ke laut  dan api di akhirat
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan siksa kubur.

تفسير ابن عطية = المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز (4/ 562)
و: سُوءُ الْعَذابِ الغرق وما بعده من النار وعذابها.
.
تفسير البغوي - طيبة (7/ 150)
، {بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ} الْغَرَقُ فِي الدُّنْيَا، وَالنَّارُ فِي الْآخِرَةِ.
تفسير الرازي = مفاتيح الغيب أو التفسير الكبير (27/ 521)
وَحاقَ/ بِآلِ فِرْعَوْنَ أَيْ أَحَاطَ بِهِمْ سُوءُ الْعَذابِ أَيْ غَرِقُوا فِي الْبَحْرِ
تفسير الرازي = مفاتيح الغيب أو التفسير الكبير (27/ 521)
 وَقِيلَ بَلِ الْمُرَادُ مِنْهُ النَّارُ الْمَذْكُورَةُ فِي قَوْلِهِ النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْها قَالَ الزَّجَّاجُ النَّارُ بَدَلٌ مِنْ قَوْلِهِ سُوءُ الْعَذابِ
تفسير ابن كثير ت سلامة (7/ 146)
{وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ} وَهُوَ: الْغَرَقُ فِي الْيَمِّ، ثُمَّ النَّقْلَةُ مِنْهُ إِلَى الْجَحِيمِ

Dlm tiga kitab tafsir  Ibn Athiyah, Al Baghawi, Arrazi juga mengartikan siksa buruk adalah di tenggelamkan ke laut.
تفسير سورة غافر مكية
http://arabicmegalibrary.com/pages-1619-05-2782.html

Ayat 45 ghafir  itu diturunkan di Mekkah. Pd hal hadis – hadis  yg mnejelaskan siksa kubur di Madinah.  Saat  di Madinah sj , Aisyah blm ngerti siksa kubur.
Bila ayat itu untuk siksa kubur, mestinya para sahabat apalagi Aisyah phm. Nyatanya , Aisyah  tdk percaya ketika ada yahudi yg dtg mendoakan kpdnya agar selamat dr siksa kubur.
Jadi tdk tpt bila ada yg menyatakan bahwa  ayat itu sbg landasan siksa kubur. Sbb turunnya di Makkah.

Ibnu Katsir punya alasan untuk menjawab masalah itu  sbb:


النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْها
ولكن هاهنا سؤال ، وهو أنه لا شك أن هذه الآية مكية ، وقد استدلوا بها على عذاب القبر في البرزخ ،
تفسير ابن كثير ت سلامة (7/ 147)
فَيُقَالُ: فَمَا الْجَمْعُ بَيْنَ هَذَا وَبَيْنَ كَوْنِ الْآيَةِ مَكِّيَّةً، وَفِيهَا الدَّلِيلُ عَلَى عَذَابِ الْبَرْزَخِ؟ وَالْجَوَابُ: أَنَّ الْآيَةَ دَلَّتْ عَلَى عَرْضِ الْأَرْوَاحِ إِلَى النَّارِ غُدُوًّا وَعَشِيًّا فِي الْبَرْزَخِ، وَلَيْسَ فِيهَا دَلَالَةٌ عَلَى اتِّصَالِ تَأَلُّمِهَا بِأَجْسَادِهَا فِي الْقُبُورِ، إِذْ قَدْ يَكُونُ ذَلِكَ مُخْتَصًّا بِالرُّوحِ، فَأَمَّا حُصُولُ ذَلِكَ لِلْجَسَدِ وَتَأَلُّمُهُ بِسَبَبِهِ، فَلَمْ يَدُلَّ عَلَيْهِ إِلَّا السُّنَّةُ فِي الْأَحَادِيثِ الْمَرْضِيَّةِ الْآتِي ذِكْرُهَا.
Intinya  : Ayat tsb menunjukkan bahwa roh di tunjukkan ke Neraka ( atau di bawa pdnya ) di alam barzah> dan ini tdk ada petunjuk rasa sakit yg di alami oleh tubuhnya di kuburan. Sbb  hal itu husus untuk roh.  Diikut sertakan jasadnya merasa sakit  itu di ambil dr pengertian hadis – hadis ……………………
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Intinya  menurut Ibn Katsir , ayat quran menerangkan siksa kubur itu pd rohnya  Tp hadis – hadislah yg menunjukkan bahwa tubuh jg di siksa.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukti sederhana , mengapa tubuh Firaun ttp utuh , tidk luka , tidak hancur. Bila disiksa, akan ada bekas penyiksaan itu. Nyatanya  tdk ada. Mk pernyataan Ibn Katsir itu perlu bukti .
Buktinya nihil. Lalu bgmn bisa dipercaya.
Tubuh firaun atau mayat yg ditaruh di kamar musium  atau rumah dan tdk dikubur  bisa dibuat bukti apa yg terjadi pd mayat dikuburan.
Bila ada orang bilang , mayat dikuburan di bangunkan atau di tanyai malaikat  , bila tdk bisa menjawab akan dipukuli dan menjerit.
Kita bisa jawab, buktinya  mayat Firaun atau mayat dikamar tdk pernah di bangunkan, jg tdk pernah menjerit, tdk ada bekas pukulan.
Bila ada orang bilang : Mayat dikuburan di makan ular – ula berbisa .
Kita bisa jawab : Tubuh Firaun atau mayat di kamar tdk digigit  ular.
Hal tsb sbg bukti bahwa hadis – hadis  tsb cacat, lemah  dan munkar. Bila sahih, pasti dpt di buktikan dan tdk janggal lg.


جمال الشرباتي

خي أبو ليث

ورد في تفسير قوله "النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوّاً وَعَشِيّاً وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ [غافر : 46]

أقوال عن كون أرواح آل فرعون في طيور سود تعرض على النّار في الغداة والعشي–ولما لا دليل عليها لا نعتمدها –فنقول هناك عذاب مخصوص لآل فرعون ماض وباق إلى يوم القيّامة ثم يدخلون حين تقوم السّاعة في أشدّ العذاب–فهي آية خاصة بآل فرعون –ولا تنهض دليلا على عذاب القبر
http://www.alokab.com/forums/index.php?showtopic=24453

Ustadz Jamal As syurbati menyatakan:
Intinya : Ayat 45 Ghafir  itu husus untuk Firaun dan bala tentaranya , tdk bisa dibuat dalil adanya siksa kubur.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sy cocok  jg dg pendapat itu.
Api di tampakkan ke mayat itu husus untuk Firaun dan pendukungnya. Allah tdk menerangkan mayat –mayat kafir, musrikin , munafikin lainnya mengalami spt itu.

Al quran sdh  di turunkan dg lengkap, dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   sdh meninggal dunia  dan tdk bisa di tanyai lg. Makanya kita ikuti sj ayat  45 Ghafir   itu yaitu hanya  Firaun dan pendukungnya yg mengalami spt itu bukan mayat lain.
Bila kaum kafir , musrikin yg lain  diikutkan  atau di sangkut pautkan , boleh tp dg jln qiyas. Dan kiyas apalag dlm masalah gaib tdk boleh.
Saya ingat firmanNya:
وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui dalilnya . Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. Isra` 36.

وَقَالَ قُدِّسَ سِرُّهُ أَيْضاً ((وَقَدْ كَانَ السَّلَفُ الصَّالِحُ مِنَ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ يَقْدِرُوْنَ عَلَى اْلقِيَاسِ وَلَكِنَّهُمْ تَرَكُوا ذَلِكَ أدباً مَعَ رَسُوْلِ اللهِ
Al arif billah Assya` rani  semoga Allah mensucikan sirrinya   berkata: Sungguh  salafus sholeh dari kalangan sahabat dan tabi`in  enggan berkiyas sekalipun mereka mampu untuk melakukannya karena  beradab terhadap Rasulullah SAW
Imam Bukhori membikin bab:
بَاب مَا كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسْأَلُ مِمَّا لَمْ يُنْزَلْ عَلَيْهِ الْوَحْيُ فَيَقُولُ لَا أَدْرِي أَوْ لَمْ يُجِبْ حَتَّى يُنْزَلَ عَلَيْهِ الْوَحْيُ وَلَمْ يَقُلْ بِرَأْيٍ وَلَا بِقِيَاسٍ لِقَوْلِهِ تَعَالَى ( بِمَا أَرَاكَ اللَّهُ )

Nabi SAW ditanya tentang sesuatu yang tiada dalilnya dalam al Quran  lalu beliau berkata :” Tidak tahu “  atau tidak menjawab hingga wahyu diturunkan. Beliau tidak berpendapat atau menggunakan  qiyas

قلت لو كان القياس نص كتاب أو سنة قيل في كل ما كان نص كتاب هذا حكم الله وفي كل ما كان نص السنة هذا حكم رسول الله ولم نقل له قياس


Aku (Imam Syafi'i berkata), jikalau Qiyas itu berupa nas Al-Qur'an dan As-Sunnah, dikatakan setiap perkara ada nas-nya didalam Al-Qur'an maka itu hukum Allah (Al-Qur'an), jika ada nas-nya didalam as-Sunnah maka itu hukum Rasul (sunnah Rasul), dan kami tidak menamakan itu sebagai Qiyas (jika sudah ada hukumnya didalam Al-Qur'an dan Sunnah). Maksud perkataan Imam Syafi'i adalah dinamakan qiyas jika memang tidak ditemukan dalilnya dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah.
ولم يكن يقدم على الحديث الصحيح عملا ولا رأيا ولا قياسا ولا قول صاحب ولا عدم علمه بالمخالف الذي يسميه كثير من الناس إجماعا ويقدمونه على الحديث الصحيح([2]).
Imam Ahmad mendahulukan hadis sahih, dari pada amaliyah ( seseorang ) pendapat, qiyas, perkataan teman ( atau sahabat ) atau  tidak mengerti ada orang yg berbeda  yang di sebut oleh banyak orang sebagai ijma` dan mereka  mendahulukannya  dari pada hadis sahih. Lihat kitab I`lamul mauqiain 1/29-30 .
Komentarku ( Mahrus ali ):
Perinsip imam Ahmad mendahulukan dalil. Bila ada dalil sahih, maka beliau pegangi, bukan pendapat , qiyas dll.
Untuk hadis ini:
- عَنْ سَالِمٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم:
إِذَا مَاتَ الرَّجُلُ عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدُهُ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِىِّ إِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَالْجَنَّةُ وَإِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ فَالنَّارُ قَالَ ثُمَّ يُقَالُ هَذَا مَقْعَدُكَ الَّذِى تُبْعَثُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.
Dari Salim dari Ibnu Umar berkata : Nabi   bersabda  : Bila seorang lelaki meninggal dunia , maka tempatnya  setiap pagi dan sore  di tampakkan  kepadanya  . Bila dia termasuk ahli surga maka surga . Dan bila termasuk penghuni neraka , maka neraka . lalu  di katakan : Ini tempatmu  , kamu akan di bangkitkan pada hari kiamat .  HR Muslim 160/8 – 7314.
……………..akan kita bahas di makalah berikutnya.





Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan