Minggu, April 12, 2015

Ayman al-Zawahiri akan Bubarkan Al-Qaeda, Himbau Anggotanya Gabung ISIS


 DINews | Dr Ayman al-Zawahiri, pemimpin Al-Qaeda global, mengatakan organisasi jihadis yang dibentuk Osama bin Laden harus bubar dan para anggotanya bergabung dengan ISIS (baca: Daulah Islamiyah).
“Saya berniat membubarkan Al Qaeda, dan mengimbau mantan anggotanya bergabung dengan ISIS,” ujar Al Zawahiri seperti dikutip Al Hayat — surat kabar Pan-Arab.
Al Zawahiri, mantah ahli bedah Mesir yang mengambil alih kursi pemimpin Al Qaeda setelah Osama bin Laden terbunuh, mengatakan pembubaran ini dimaksudkan agar ISIS menjadi satu-satunya organisasi jihad dan lebih kuat.
“Saya ingin melepaskan kesetiaan para anggota Al Qaeda, dan mengimbau mereka bergabung dengan ISIS,” lanjut Al-Zawahiri.
671306-ayman-al-zawahri-and-bin-laden
Rencana al-Zawahiri membubarkan al-qaeda mengingat memudarnya pengaruh global dalam menghadapi Negara Islam (ISIS).
Auman Dain, mantan militan Al Qaeda yang sekarang bekerja untuk intelejen Inggris, mengatakan Jabhat al-Nusra — kelompok yang berafiliasi ke Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) — dan Ahrar al-Sham, juga berniat meninggalkan jaringan itu.
Di Irak, Al Nusra dan ISIS sempat membentuk kerjasama ketika menyerang milisi bentukan AS di Suriah. Al Nusra melirik ISIS, setelah menjadi sasaran pemboman jet tempur AS.
Al Hayat memperkirakan pembubaran Al Qaeda akan diumumkan saat Al Zawahiri mengundurkan diri. (acw)
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan