Senin, Februari 23, 2015

Daulah Islam Berencana Deklarasikan Segera Cabang IS di Libanon




BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Daulah Islam (IS/ISIS) sedang mempersiapkan rencana militer untuk mendeklarasikan sebuah emirat Islam di Libanon segera untuk melayani perpanjangan geografis yang disebut "Khilafah Islamiyah" yang diumumkan oleh Syaikh Abu Bakr al-Baghdadi di Irak tahun lalu, sumbers-sumber keamanan mangatakan.

Para pejuang IS menuntut dukungan dari kelompok mujahidin di Suriah utara untuk mencapai tujuan ini, kata sumber tersebut.

Mereka menambahkan bahwa komando IS telah mulai persiapan untuk membentuk sebuah komite organisasi militer yang bertugas menjalankan urusan Libanon dan mempertimbangkan Libanon sebagai bagian dari wilayah kekuasaan mereka.

Namun demikian, sumber keamanan mengatakan IS menghadapi kesulitan dalam memilih seorang komandan Libanon untuk misi ini dan laporan penunjukan ulama Libanon Syaikh Ahmad al-Assir untuk pos ini hanyalah balon percobaan.

Mereka menambahkan bahwa pengaturan untuk membentuk komando IS untuk emirat Libanon berada di bawah pengawasan komandan IS, Khalaf al-Zeyabi Halous, dengan nama kode "Abu Musaab Halous," seorang warga Suriah yang telah memainkan peran kunci dalam serangan IS untuk merebut Provinsi Raqqa dari kelompok mujahidin saingan pada tahun 2013.

Abu Musaab Halous, didampingi oleh sejumlah komandan militer IS, baru-baru ini mengunjungi wilayah Qalamoun di perbatasan Libanon-Suriah, di mana ia bertemu dengan komandan lapangan yang dengannya membahas penciptaan formasi keamanan dan militer antara Qolamoun dan Libanon, kata sumber tersebut.

Bagaimanapun, selain fakta bahwa rencana mendirikan sebuah emirat Islam di Libanon belum mendapat lampu hijau dari kekuatan dukungan IS, upaya mereka memperluas ke Libanon mungkin akan gagal, sumber itu mengklaim. (st/tds)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan