Rabu, Januari 21, 2015

Seumur saya di dunia, belum pernah makan Mayonais



Buat Mayonaise Sendiri, Kenapa Tidak?

Membuat mayonaise sendiri tak sulit, kok! (Foto: BOLDSKY)
TabloidNova.com - Saat ini, mayonaise instan atau botolan memang sudah banyak tersedia di pasaran. Namun bagi Anda yang ragu-ragu dengan kualitasnya, dan memilih untuk membuat sendiri krim pencelup beragam makanan ini! Caranya pun tak sulit. Anda bahkan bisa memilih bahan-bahan paling berkualitas, sehingga tak takut bila Si Kecil turut mencicipi mayonaise tanpa pengawet ini.
Pertama-tama, alat yang dibutuhkan adalah pengocok telur dan mangkuk besar. Sedangkan bahan baku untuk membuat mayonaise adalah 2 kuning telur, 1 sendok makan mustard, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh lada dan minyak zaitun/sayur.
Begini cara membuat mayonaise rumahan.
1. Kocok kuning telur perlahan dan campurkan bahan-bahan bumbu sembari terus mengocok.
2. Kocok rata semua bahan dasar sebelum mulai menambahkan minyak.
3. Setelah rata, tambahkan setetes demi setetes minyak zaitun ke dalam adonan kuning telur.
4. Kocok terus hingga adonan mulai mengental dan sedikit naik.
5. Setelah telur cukup mengental, tambahkan minyak lebih cepat dari sebelumnya. Terakhir, setelah mayonaise kira-kira mulai terbentuk seperti yang diharapkan, dapat ditambahkan air perasan lemon atau cuka sekitar 1 sendok makan.
Tips :Pilih minyak zaitun ringan atau light olive oil, minyak kacang tanah, atau minyak sayur saat membuat mayones. Hindari menggunakan minyak zaitun berjenis extra virgin karena rasanya terlalu kuat.
Laili Damayanti / Sumber: BBC Good Food
http://www.tabloidnova.com/Nova/Tips/Buat-Mayonaise-Sendiri-Kenapa-Tidak/

Mayonais
Mayonais atau mayones (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati dan kuning telur ayam yang ditambahi sedikit garam dapur, minyak, cuka, dan mustard. Untuk meningkatkan cita rasa, ada pula mayonais yang menggunakan tambahan sari buah lemon, bawang putih, bawang bombay, acar, saus tomat, yoghurt, dll. Mayonais sering dipakai pada produk rerotian, seperti : sandwich, burger, dll.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mulai kecil sampai sekarang saya belum pernah makan Mayonais itu. Ia jelas tidak diperbolehkan karena di campur dengan cuka, Telur Ayam. Untuk acar dan saus tomat kadang di campur cuka yang haram.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan