Sabtu, November 22, 2014

PERLUNYA ETIKA DAN KOMUNIKASI PENULIS DENGA PEMBACA


Oleh :
Elfizon Anwar
Kalau kita membaca buku, web, laman, blog atau akun para penulis terkenal maka sering kita terbaca di dalam kata pengantar atau pendahuluannya menuliskan a.l. seperti sbb.:

"Kemudian karena tak ada manusia yang sempurna, maka penulis sangat mengharapkan kepada para cendikiawan dan pembaca yang kebetulan berhadapan dengan buku ini, agar sudi kiranya mengemukakan koreksian dan menunjukkan kekurangan-kekurangan yang terdapat di dalamnya, dem kebenaran dan tanggungjawab ilmu pengetahuan".


Namun sayang, jika kita telusuri pada halaman pengantar atau halaman lain dari buku karya besarnya atau webnya atau lamannya atau akunnya atau blognya atau fecebooknya, eeee tak ada memuat solusi cara kita berkomunikasi sang tokoh penulis, entah pada pada kolom kontaknya, hubungi nomor hp-hp atau teleponnya atau emailnya atau alamat rumahnya.

Bahkan banyak pemilik yang buka web, blog, akun, atau laman atau facebooknya yang sifatnya tertutup untuk berkomunikasi dengan para pembacanya itu sendiri. Untuk kolom penulisan komentar ada yang tidak memuat dan kalau ada ya dimuat jika sudah disensornya dsb.

Dari beberapa penulis besar ada juga yang berani menuliskan tempat kita berkontak atau menuliskan saran, pendapat atau pun sanggahan ya seperti penulis buku satu ini:

Pergilah ke blog kedua http://www.mantankyainu2.blogspot.com/
Atau blog bahasa arabku http://mahrusaliindonesia.blogspot.com/
Blog ke tiga.

Peringatan: Mesin pencari diblog tidak berfungsi, pergilah ke google lalu tulislah: mantan kiyai nu lalu teks yang kamu cari
Mau nanya hubungi kami:
088803080803. 081935056529
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
Waru Sidoarjo
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan