Rabu, Mei 28, 2014

SMS dari Bapak Rifki JKT tentang afdholnya salat Isya`



Bapak Rifki Jakarta kirim sms sbb:
Assalamualaykum syekh. Apa benar syekh sholat isya disunnahkan dilaksanan pd tengah malam tau akhir,? Bila kita tdk mendapati azan isya diawal waktu. Sukron.
Saya jawab:
Wss. Di tengah malam hingga  sepertiganya bukan di akhirnya. Boleh baca  disini:

Ust. Yasir Mukhtar menulis  sbb:

Waktu yang Utama untuk Shalat Isya

Diriwayatkan oleh Aisyah Radhiyallahu ‘anha..

أَعْتَمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ حَتَّى ذَهَبَ عَامَّةُ اللَّيْلِ وَحَتَّى نَامَ أَهْلُ الْمَسْجِدِ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى فَقَالَ :  إِنَّهُ لَوَقْتُهَا لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي


Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengakhirkan shalat isya’ sampai malam telah berlalu sebagian besarnya dan mereka yang menunggu di masjid sudah tertidur. Kemudian beliau mengerjakan shalat dan berkata : “Ini adalah waktunya, jika saja aku tidak memberatkan umatku.” (Muslim, III/345, no. 1009)
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah..

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ أَنْ يُؤَخِّرُوا الْعِشَاءَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ أَوْ نِصْفِهِ


Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika tidak memberatkan ummatku, maka aku akan memerintahkan mereka untuk mengakhirkan shalat isya’ sampai sepertiga malam atau separuhnya.” (HR Turmudzi dan dia mengatakan : “Hadits ini Hasan Shahih”, Sunan Turmudzi, I/280, 152)
Insya Allah, kedua hadits ini tidak diragukan kebenarannya, karena sangat terpercayanya perawinya. Lho, bukannya udah jelas ya, kalau shalat yang terbaik itu adalah shalat yang dilaksanakan di awal waktu? Tapi hadits-hadits di atas adalah hadits shahih dan hasan shahih. Lantas, mana yang lebih utama? Menunaikan shalat isya’ di awal waktu, atau di akhirkan (sepertiga malam atau separuhnya)?

Dalam hadits yang lain disebutkan..

Dari Jabir RA, berkata, ”… dan Rasulullah SAW melakukan shalat isya‘ terkadang diakhirkan dan terkadang di awalnya. Bila beliau melihat jamaah telah berkumpul, maka isya‘ dipercepat dan bila mereka datang lebih lambat, maka shalat isya’ diakhirkan…” (HR Bukhari dan Muslim)

Juga..


Dari Abi Barzah al-aslami bahwa Rasulullah SAW suka mengakhirkan isya‘ yang disebutnya ‘atmah, namun beliau tidak suka tidur sebelumnya atau bercakap-cakap sesudahnya. (HR Jamaah)
Dari hadits-hadits diatas, ditambah beberapa sumber lain yang saya baca (salah satunya buku tulisan Pak Quraish Shihab, saya lupa yang mana, “Secercah Cahaya Hati” atau “Wawasan Alquran”), dapat kita simpulkan :

1. Rasul di suatu waktu melaksanakan shalat isya’ di awal waktu, di waktu lainnya melaksanakan shalat isya’ di akhir waktu. Artinya, shalat isya’ di awal waktu juga tetep merupakan sunnah nabi, bukan sesuatu yang kurang baik.


2. Waktu yang terbaik, utama, untuk mendirikan shalat isya’ adalah di sepertiga malam, atau di tengah malam (tidak berarti jam 00.00 lho..). Tapi Rasul tidak memerintahkan ummatnya supaya melaksanakannya di waktu-waktu tersebut supaya tidak memberatkan. Bila kita tidak merasa berat?


3. Bila Rasul mengakhirkan shalat isya’, beliau tidak suka tidur dahulu sebelumnya, dan langsung tidur setelah mendirikan shalat isya’. Jadi, usahakan shalat isya’ menjadi penutup hari (atau shalat witir juga bagus :) ).


4. Salah satu hikmah diakhirkannya shalat isya’, tengah malam merupakan waktu yang sangat tenang, sehingga paling memungkinkan untuk mencapai kekhusyu’an shalat yang maksimal.



Begitu plen! :)

Wallahu’alam bishawab[1]
Komentarku ( Mahrus ali ):
Untuk  salat di awal waktu lebih utama, perlu dalil dan saya belum menjumpainya kecuali  hadis lemah. Untuk  salat tepat waktu, bukan awal waktu tapi waktu yang sudah di tentukan dalam ayat:
إِنَّ الصَّلاَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. [2]



Pergilah ke blog kedua http://www.mantankyainu2.blogspot.com/
Pengajianku
Peringatan:Mesin pencari diblog tidak berfungsi, pergilah ke google lalu tulislah:  mantan kiyai nu    lalu teks yang kamu cari
Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL ) atau  08819386306   ( smartfren)
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1




[1] http://yasirmukhtar.tumblr.com/post/458917231/waktu-yang-utama-untuk-shalat-isya
[2] 103 Annisa`
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan