Kamis, Januari 09, 2014

Trauma, Muslim India yang melarikan diri menolak untuk kembali -



Pengungsi Muslim India dari Desa Kharad yang melarikan diri dari kekerasan agama didera trauma yang mendalam. Mereka tidak lagi memiliki keinginan untuk kembali ke desa mereka. Kejadian mengerikan selama dua hari tidak jua pulus dari ingatan. seperti hal nya Muhammad Akhtar, salah seorang warga Muslim yang meninggalkan segala benda miliknya di Desa Kharad.
Bekas tetangga Muhammad Akhtar singgah ke kamp pengungsian dan mengatakan kepadanya bahwa sekarang sudah waktunya bagi Muhammad Akhtar untuk pulang, mencoba meyakinkan bahwa tidak ada lagi yang perlu ditakutkan. Mereka mencoba untuk membujuk Muhammad Akhtar, mengingatkannya bahwa keluarga Hindu dan Muslim sudah hidup bersama dengan damai di desa tersebut selama beberapa generasi, sebelum kejadian September 2013,  saat kekerasan sektarian melanda daerah itu, menyebabkan sekitar 50.000 orang melarikan diri dari rumah mereka.
Empat bulan kemudian setelah kekerasan tersebut, sekitar 15.000 Muslim terkapar di tenda darurat di negara bagian Uttar Pradesh. Mereka sudah tidak percaya lagi bahwa mereka akan merasa aman setelah mereka kembali ke desa mereka. Mereka mengalami trauma yang sangat mendalam. Dalam tenda darurat tersebut mereka harus menghadapi musim dingin yang ekstrim. Anggota keluarga tidur saling menempel satu sama lain untuk mendapatkan sedikit rasa hangat. Air yang dingin menetes dari tenda yang bocor, belum lagi tenda yang basah dan becek karena banjir dari luar. Pada pertengahan Desember, menurut pemerintah, 35 anak-anak di kamp-kamp darurat tersebut telah meninggal.
Muhammad Akhtar, seperti ribuan tetangganya yang lain, masih tidak mau kembali ke rumah.
“Lihat, mereka datang kepada kami dan berkata, ‘Silahkan kembali, itu tanggung jawab kami untuk memastikan Anda aman’. Kami tidak percaya lagi kepada mereka. Di mana tanggung jawab mereka ketika kami diserang? Kami mencoba untuk memanggil orang-orang untuk minta bantuan, tapi tidak ada. Bahkan polisi pun mematikan telponnya.”
Kekerasan terhadap Muslim bukan sesuatu yang baru di India. Biasanya kerusuhan di desa Loi  berlangsung beberapa hari, dan berhenti ketika polisi datang. Tapi saat itu mereka telah mengubah struktur sosial, mereka mulai menyulut kecurigaan dan ketakutan terhadap Islam ke daerah di mana kelompok agama berbaur dengan bebas. Di negara bagian barat Gujarat, lebih dari 20.000 Muslim yang melarikan diri saat kerusuhan tahun 2002, dan masih tinggal di kamp-kamp bantuan selama 10 tahun kemudian, menurut Amnesty International.
Perpecahan tersebut diperparah oleh kondisi yang menyedihkan yang sering menanti, yaitu penderitaan yang dialami oleh orang-orang yang melarikan diri.
Selama bertahun-tahun, India telah berhasil memberikan bantuan yang memadai bagi korban bencana alam, tetapi tidak untuk korban kerusuhan dengan korban kelompok minoritas, sebagian besar karena secara politik hal tersebut berisiko.
Tapi musim dingin ini, musim pemilihan umum yang sangat penting, kamp-kamp kumuh bermunculan, menanggung risiko mereka sendiri, berdiri sebagai bukti grafis dari kegagalan negara, kata Farah Naqvi, seorang penulis dan aktivis.
Kisah Muhammad Akhtar, yang meninggalkan rumahnya di desa Kharad, sekitar dua mil dari tenda pengungsian di Uttar Pradesh, menunjukkan betapa sulitnya bagi mereka untuk menjalin kembali kebersamaan yang telah tercabik-cabik dalam kekerasan selama dua hari tersebut.
Kharad, merupakan bangunan batu bata yang rapi yang berbentuk labirin dan gang-gang berbatu, merupakan rumah bagi 12.000 warga, sekitar seperempat dari mereka Muslim, yang secara tradisional memegang peran sebagai buruh  tani, tukang bangunan,  tukang cuci dan pengrajin. Pengusaha dan pelanggan mereka adalah pemilik tanah Jat, warga Hindu yang makmur yang mendominasi politik lokal.

 Kharad  




Kharad, bangunan labirin dari batu bata dan gang-gang berbatu, adalah rumah bagi 12.000 orang.
Pada sore pekan lalu, Tetangga Muhamamd Akhtar dari Jat mengatakan mereka akan dengan senang hati menyambutnya kembali ke Kharad.
Pemerintah Uttar Pradesh tidak mengidentifikasi Kharad sebagai salah satu dari sembilan desa yang ditimpa kekerasan yang serius, sehingga orang-orang yang melarikan diri dari sana tidak akan menerima kompensasi. Sementara itu,warga  Jat di Kharad semakin merendahkan orang-orang yang menolak untuk kembali, dan mengatakan bahwa mereka adalah penumpang yang serakah.
Sekitar 20 orang Jat yang sedang berkelompok membahas masalah ini pada hari Rabu. Mereka mendorong maju seorang  anak laki-laki yang berusia 11 tahun, satu-satunya Muslim di antara mereka, sebagai bukti bahwa umat Islam tidak perlu takut. “Apakah Anda takut? Apakah Anda merasa takut? “Mereka bertanya, tertawa mengejek, saat anak kecil itu tersenyum dengan malu malu.
Raj Singh, seorang petani berusia 78 tahun dengan tangan yang rapi terawat, mengatakan bahwa banyak warga Muslim yang melarikan diri telah mengganggu dia, karena dia tidak bisa menemukan pekerja untuk membawa hasil panennya.
“Mereka hanya menciptakan sandiwara besar, tidak ada yang perlu ditakutkan,” kata Mr Singh. “Orang-orang marah selama lima menit. Ini sudah lewat,” katanya. Dia menambahkan dengan penuh rahasia,” Saya akan memberitahu Anda situasi yang sebenarnya, mereka akan menyabotase rumah-rumah mereka sendiri sehingga mereka bisa mendapatkan kompensasi,” tuduhnya.
Muhammad Akhtar, yang telah merelokasi rumahnya menjadi dua lantai yang dibangun di sebidang tanah yang tidak terpakai di desa mayoritas Muslim Loi, tampak tidak terima oleh argumen ini.
Muhammad Akhtar mengatakan kejadian yang sebenarnya, bahwa pada hari kekerasan terjadi dia melihat massa menyerang masjid, yang terletak di dekat rumahnya, kemudian massa tersebut dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan menyebar di seluruh desa. Dia begitu takut sehingga ia merangkul anak-anaknya dan berlari tanpa menunggu untuk mematikan teko yang mendidih di atas kompor.
Muhammad Akhtar pernah kembali ke Kharad setelah kejadian tersebut, namun ia merasa bahwa sesuatu telah berubah secara permanen antara dirinya dan tetangganya. Di antara kerusakan yang telah dipertahankan adalah pukulan bagi “harga diri” nya.
“Tidak ada pertanyaan untuk kembali,” katanya. “Mereka tertawa dan tersenyum mengejek pada kami. Mereka mengatakan, ‘Lihat, mereka berani kembali ke desa. Kami membuang orang-orang ini, tetapi mereka tidak memiliki harga diri, mereka masih datang kembali’.”
Mr Akhtar mengatakan ia telah mendengar semua penawaran tentang adanya rencana pemerintah untuk membuka kantor polisi baru di dekat rumahnya,dengan staf dari petugas Muslim, tapi  tidak satupun dari mereka yang menemukan keyakinan atas tawaran tersebut. Muhammad Akhtar tetap bersikeras tidak mau kembali. Dia akan membangun rumah baru di tempat lain. Dia tidak peduli di mana, selama ia tidak melihat tetangga lamanya.
“Keamanan datang saat kita berada bersama umat Islam,” kata Mr Akhtar. “Tidak ada keamanan bagi kami di sana sekarang.”

Komentarku ( Mahrus ali): 
Begitulah nasib nista kaum muslimin yang tinggalkan jihad lalu sibuk dengan keduniaan, takut mati di jalan Allah dan memilih hidup di jalan setan akan di tekan oleh non muslim dan tidak akan di hormatinya. Ingatlah ayat ini:
قُلْ لِلْمُخَلَّفِينَ مِنَ اْلأَعْرَابِ سَتُدْعَوْنَ إِلَى قَوْمٍ أُولِي بَأْسٍ شَدِيدٍ تُقَاتِلُونَهُمْ أَوْ يُسْلِمُونَ فَإِنْ تُطِيعُوا يُؤْتِكُمُ اللهُ أَجْرًا حَسَنًا
Katakanlah kepada orang-orang Badwi yang tertinggal: "Kamu akan diajak untuk (memerangi) kaum yang mempunyai kekuatan yang besar, kamu akan memerangi mereka atau mereka menyerah (masuk Islam). Maka jika kamu patuhi (ajakan itu) niscaya Allah akan memberikan kepadamu pahala yang baik [1]
 Tirulah  mujahidin di Suria dan Irak yang berani memanggul senjata untuk berperang di jalan Allah dan memerangi rezim Thaghut Syi`ah > Mereka  tidak ingin hidup terhina di jalan setan tapi ingin hidup mulia di jalan  Allah.

Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smartfren) 081935056529 ( XL )

Dengarkan pengajian - pengajianku

Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1 Waru Sidoarjo. Jatim.




[1] Al fateh 16

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan