Jumat, Januari 24, 2014

Hukum jual buku - sms dari Khairul anam Waru




SMS dari Bpk Khairul anam Waru
Ass wr wb. Pak KH Mahrus Ali saya mau beli buku ,mtn K NU Menggat Tahlilan Istgghs dan ziarah pr Wali 3buku ada apa ndak P.KH ? Wass wr wb.Anam


Saya jawab:
Wss. Ya ada.
Komentarku ( Mahrus ali): 

Lalu dia langsung pergi ke rumah saya, lalu membeli  3 buku tsb dan membeli  buku “ Mantan kiyai NU membongkar habis kasidah Syirik “.
Dia kirim sms lagi:
Ass wr wb .P H Mahrus ali apakah ada buku :mengapa saya keluar dari NU (sbg pertobatan para Kyai ) kl ada harganya berapa? Wass ww

wss. itu hanya  rencana  penerbit  dan  sy  tdk   setuju

Komentarku ( Mahrus ali): 
 Di bawah ini adalah fatwa dari general otoritas untuk masalah agama dan wakaf.Emirat.

عنوان الفتوى: حكم شراء الكتب لمن لا يقرؤها


أحب شراء الكتب الدينية لكن كثر شرائي لها وقلت قراءتي فأصبحت مكتبة المنزل تعجُّ بالكتب غير المقروءة وعذري هو أني سأقرؤها لاحقًاً بإذن الله فما هو حكم شراء الكتب في هذه الحالة؟

Tema Fatwa: Hukum membeli buku bagi orang yang tidak membacanya  

Saya ingin membeli buku-buku agama, tetapi banyak membeli  dan  saya jarang membacanya hingga  menjadi perpustakaan rumah yang  penuh buku yang belum dibaca. Dan alasan saya,  bahwa saya  nanti akan membacanya , insya Allah. Apa hukumnya membeli buku dalam kasus ini?

Jawabannya sbb:

الحمدلله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد..

 

 فشراء الكتب الدينية، والاستفادة منها، والإفادة بها وادخارها للذرية وتعليمهم بها كل ذلك من الاشتغال بالعلم والتهيئة له، وقد تكاثرت الأدلة على فضله، والحث على تحصيله، والاجتهاد في تعلمه وتعليمه، من ذلك قول الله تعالى: {يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ} [المجادلة:11].

Terjemah.

الحمدلله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد..

Membeli Buku-buku agama , dan memanfaatkannya, memberikan faedah kepada orang  lain dengannya ,disimpan untuk  anak cucu dan mengajari mereka. Semua itu termasuk  sibuk untuk ilmu pengetahuan dan mempersiapkan diri kepadanya.  Telah banyak dalil  sebagai bukti keutamaannya , dan mendorong untuk mendapatkan nya ,  ketekunan dalam belajar dan mengajar.
Di antaranya firman Allah yang Maha Tinggi :
: Allah mengangkat derajat orang yang beriman dan orang-orang yang diberi  ilmu [al mujadalah: 11].

وقول النبي صلى الله عليه وسلم: "من يرد الله به خيرًا يفقهه في الدين" رواه البخاري ومسلم. وقوله صلى الله عليه وسلم: "ومن سلك طريقًا يلتمس فيه علمًا سهل الله له به طريقاً إلى الجنة ". رواه مسلم.

Nabi SAW juga bersabda; Barang siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah , maka di fahamkan  tentang agama. HR Bukhari dan Muslim.

Dan sabda  Rasulullah SAW

Barang siapa yang menempuh jalan  untuk mencari ilmu, maka  Allah akan mempermudah jalan menuju ke surga. HR Muslim

 

وشراء الكتب الشرعية للاستفادة منها طريق من طرق طلب العلم، والأموال التي يدفعها المسلم قيمة لهذه الكتب سيثاب عليها إن قصد بذلك وجه الله والدار الآخرة، وأحيانا قد يتيسر للشخص وقت للقراء وأحياناً أخرى لا يتيسر له ذلك، لكن الأولى في مثل هذه الحالة إن كنت ممن لا يرجو الانتفاع بها يوماً ما؛ فادفعها إلى من يستطيع على قرائتها والانتفاع بها كطلاب العلم أو اجعلها وقفا لله تعالى في مسجدٍ أو مكتبة عامة للمسلمين لتكون صدقة جارية لك. والله أعلم.

Dan membeli buku syar`i  untuk mengambil faedah dari padanya adalah metode/ jalan mencari  ilmu , dan uang yang dibayarkan seorang muslim sebagai harga buku ini akan diberi pahala,bila dimaksudkan untuk mencari rida Allah dan kebahagiaan di akhirat.

Kadang seorang bisa memiliki waktu untuk baca, kadang  tidak . Bila demikian, dan kamu tidak punya harapan untuk mengambil manfaat  dari padanya pada suatu hari, maka berikan saja kepada  orang yang mampu membaca dan mengambil manfaat dari padanya  seperti  penuntut ilmu atau jadikanlah wakaf untuk Allah taala  di masjid atau perpustakaan umum kaum muslimin agar menjadi sedekah jariyah  untuk mu , wallahu a`lam.


Komentarku ( Mahrus ali): 
Bila menjual buku ahli bid`ah dan syirik, maka  akan mendapat dosa bukan pahala, bahaya  untuk agama bukan bermanfaat padanya, penggelapan bukan pencerahan. Sebab ini termasuk tolong menolong untuk perbuatan dosa,.Ingatlah ayat ini:
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُوا عَلَى اْلإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ شَدِيدُ الْعِقَاب
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. [1]

Menyebarkan buku agama yang sahih termasuk sarana amar ma`ruf dan nahi mungkar  dalam mencegah kemungkaran  dan menghalangi penyebarannya. Kita  hawatir terlaknat bila membiarkan kemungkaran sebagaimana ayat:
لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُدَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ(78)كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ فَعَلُوهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ
Telah dila`nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan `Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.[2]
Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smartfren) 081935056529 ( XL )

Dengarkan pengajian - pengajianku

Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1 Waru Sidoarjo. Jatim.


[1] Al Maidah 2.
[2] Al maidah 78-79
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan