Minggu, Juni 30, 2013

SMS dari Belitar hukum bom bunuh diri



Jadi seperti orang yg meledakan diri d masjid ketika polisi sholat itu tidak 
boleh.?

Saya jawab:
Bukan gitu caranya,tapi bersama rakyat banyak untuk memperjuangkan 
keadilan

Komentarku ( Mahrus ali): 
Hal itu diperkenankan saja atas nama Rakyat banyak yang ingin perobahan dari kekufuran menuju kepada keislaman, dari serong menuju pemerintah yang adil , dari banyak penderitaan rakyat banyak menuju kemakmuran. Kita ingat ayat ini:

قَاتِلُوا الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَا بِالْيَوْمِ الْآخِرِ وَلَا يُحَرِّمُونَ مَا حَرَّمَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَلَا يَدِينُونَ دِينَ الْحَقِّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ حَتَّى يُعْطُوا الْجِزْيَةَ عَنْ يَدٍ وَهُمْ صَاغِرُونَ(29)
Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk. Tobat

Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo. Jatim.

SMS dari Belitar tentang membunuh orang atas dasar sariat





SMS dari Joni Belitar

Bgaimana hukum membunuh orang dengan atas nama/dasar syari'at islam
Saya jawab:
Tapi yg maksanakan pemerintah iislam

Komentarku ( Mahrus ali): 
Membunuh orang mukmin jelas dilarang karena ada ayat:
وَمَنْ يَقْتُلْ مُؤْمِنًا مُتَعَمِّدًا فَجَزَاؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِدًا فِيهَا وَغَضِبَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُ وَأَعَدَّ لَهُ عَذَابًا عَظِيمًا
Dan barangsiapa yang membunuh seorang mu’min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.[1]
Juga ada hadis sbb:
اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلَاتِ
 Hindarilah tujuh perkara  yang merusak.Mereka  berkata: Wahai Rasulullah !  apakah itu?  Rasul bersabda:" Syirik kepada Allah, sihir, membunuh orang tanpa hak, makan riba. makan harta yatim, lari di hari peperangan, menuduh wanita – wanita muhshon  mukminah yang baik. [2]

Kecuali pembunuhan itu karena ada kisas yang ditegakkan, maka pembunuhan kali ini diperintahkan dalam al Quran sekalipun di larang dalam koran.
Mau nanya hubungi kami: 088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo. Jatim.





[1] Annisa` 93
[2] Muttafaq alaih

Sabtu, Juni 29, 2013

Ya`juj Ma`juj

amat

http://futopsecret.blogspot.com



Jumaat, 29 Julai 2011

Perihal Yakjuj dan Makjuj

As salam.

Yakjuj dan Makuj adalah isu yang telah ribuan tahun dibincang baik oleh orang Islam, Kristian mahupun Yahudi. Tapi malangnya orang Yahudi lebih tahu siapa yakjuj makjuj itu.

Ramai menyangka ia adalah bangsa manusia kerana hadis-hadis menyebut mereka keturunan Adam.

Namun menurut terdapat seorang syeikh menyatakan bahawa Adam adalah nama khusus untuk khalifah  yang diutuskan di muka bumi. Sebelum manusia telah ada ramai Adam diutuskan ke muka bumi. Adam terakhir sebelum Nabi Adam as diutuskan adalah Adam bapa para jin. Dunia sudah dihancurkan berkali-kali sehinggalah Adam manusia diciptakan. Adam manusia ini Allah berikan kelebihan dengan ilmu segala yakni mempunyai pengetahuan tentang segala yang berada di alam ini. Ketika Adam manusia turun, bumi telah dipenuhi dengan keturunan Adam terdahulu. Tugas Nabi Adam as adalah untuk kawal segala yang ada di bumi dan di langit kerana sebahagian dari keturunan Adam terahulu mampu menembusi langit. Namun berlaku hibrid antara keturunan Adam manusia dan Adam terdahulu (Contoh perkahwinan manusia dan jin yang pernah berlaku).  
http://www.monstersontheshelf.com/sitebuildercontent/sitebuilderpictures/.pond/mole_people_dio.jpg.w300h225.jpg
Keturunan hibrid ini tak mampu dikawal lagi sejak keghaiban Nabi Idris as lantas sebahagian besar mereka dilenyapkan dari muka bumi. Hanya mereka yang turut serta dengan Nabi Nuh as sahaja yang selamat. Sebahagian kecil dari keturunan hibrid ini turut serta di Bahtera. Sebahagian mereka telah berkahwin dengan keturunan Yafith bin Nuh as sehingga lahirlah satu generasi yang dikenali sebagai Yakjuj Makjuj. Mereka adalah keturunan hibrid tersebut.

http://www.handmaderecords.net/images/gog_magog_front_cover.jpg   

Istilah yakuj makjuj telah mengundang perselisihan ulama’ sejak zaman berzaman. Sebahagian ulama’ menyatakan istilah ini berasal dari perkataan arab al-ajjah yang bermaksud bercampur aduk. Mungkin yang dimaksudkan ialah keturunan hibrid.

http://www.gaiametry.com/Gog%20Magog%20Hills%20formation%202001.jpg 

Benarkah keturunan hibrid wujud? Ulama’ Islam dahulu kala telah berselisih mengenai perihal keturunan hibrid ini. Ada yang meyakini Yakjuj Makjuj adalah keturunan hibrid manakala sebahagian lagi yakin bahawa mereka adalah keturunan Nabi Adam as dengan Hawa. Ulama’ moden menolak perihal ini kerana kisah hibrid kerana mereka menolak banyak pendapat terdahulu atas alasan hujah mereka lemah. Antara sebab lain adalah kerana ada hadis nabi saw yang menyatakan Yakjuj Makjuj adalah keturunan Yafith bin Nuh as. Sebenarnya Nabi saw banyak menyebutkan perihal yakjuj makjuj namun ulama’ moden menolak hadis-hadis tersebut atas alasan daif atau mauduk. 



Antara sifat-sifat mereka yang kurang diketahui umat Islam ialah:

  • Sebahagian ulama’ silam menyebut mereka keturunan Nabi Adam BUKAN dengan Hawa
  •  jumlah mereka ramai iaitu 1 MANUSIA dan jin : 9 yakjuj makjuj
  • Yakjuj makjuj takkan mati melainkah setelah melahirkan 1000 keturunan
  • Yakjuj makjuj terdiri daripada 21 kabilah, 20 terkurung dan 1 sahaja tidak terkurung
  •   Bumi ini ada enam bahagian 1 bahagian untuk SELURUH MAKHLUK manakala 5 bahagian untuk yakjuj makjuj.
  •  Pada hari kiamat Allah berfirman kepada Nabi Adam as supaya membawa 1999 keturunannya ke neraka dan 1 ke syurga dan mereka ialah yakjuj dan makjuj bukan MANUSIA.
  •  Sifat-sifat  yakjuj dan makjuj memang aneh tak seperti manusia biasa yakjuj makjuj ada 3 kategori iaitu kelompok setinggi 1 hasta, kelompok setingi 2 hasta dan kelompok setinggi 3 hasta. Ada yang telinganya lebar hingga mampu menjadi selimut dan tilam jika ia tidur, yakjuj makjuj bersifat menyerang seperti binatang dan memakan apa sahaja yang dijumpainya.
  •  
.....

 

JADI YAKJUJ MAKJUJ ADALAH KETURUNAN HIBRID YANG SAYA MAKSUDKAN.

JADI DIMANA MEREKA DIKURUNG SEKARANG?

http://4.bp.blogspot.com/_PydPO6iIc6U/SvavDJP7YBI/AAAAAAAAAE0/ELdHM-MFr0U/s320/ya1.jpg



Selepas banjir besar, ramai keturunan hibrid telah tinggal di 5 dimensi dunia yang lain. Mereka hanya mampu menjejakkan kaki ke dunia ini melalui sesuatu yang dipanggil lubang cacing/pintu antaradimensi. Alam 5 dimensi tersebut berbeza antara satu sama lain. Namun Zulkarnain as telah menutup lubang cacing yang menghubungkan dunia kita dengan dunia mereka pada zaman Nabi Ibrahim as. Dalam Al-Quran lubang cacing ini disebut sebagai Maarij. 
 


Dajjal berusaha membawa yakjuj makjuj ke dunia jika dia dapat menguasai lubang cacing maka seluruh manusia akan ditimpa kebinasaan. Pusat lubang cacing terletak di Masjidil Aqsa dimana dari sinilah Nabi Isa as bersembunyi di dimensi lain dan di sinilah baginda as akan kembali ke dunia. Kini Dajjal telah berjaya menguasai pusat lubang cacing dan mereka sudah bersedia untuk membawa segala penduduk dari segala dimensi ke alam dunia ini. Yahudi sangat kenal dengan Yakjuj Makjuj telah menceritakan perihal kemunculan semula yakjuj makjuj melalui filem-filem Alien ciptaan mereka. Contoh paling jelas yang menunjukkan Alien adalah Yakuj Makjuj adalah dalam filem ‘War of The Worlds’ yang menunjukkan secara jelas penaklukan Alien ke bumi yang tak mampu dikalahkan sesiapa dan Alien hanya boleh dihapuskan oleh kuman sahaja (macam dalam hadis tentang Yakjuj Makjuj). 

http://moviesmedia.ign.com/movies/image/article/635/635991/war-of-the-worlds-20050722055101768.jpg 

Kaum Mole yang tinggal di bawah tanah yang ditemui NASA mungkin adalah satu kabilah Yakjuj Makjuj yang tidak dikurung. Yahudi memang mahu seluruh dunia ini binasa secara total. Kini Yahudi sedang bergembira kerana umat manusia tidak tahu hal ini. Filem terbaru Transformers 3 secara jelas menunjukkan bagaimana Dajjal yang digambarkan sebagai Decepticon menguasai pintu antara dimensi dan hampir berjaya membawa planet alien cybertron (lambang alam yakjuj makjuj) ke dunia. Kita pula masih bingung hingga menyangka bangsa tertentu adalah Yakjuj Makjuj. Hakikatnya Yahudi terkekeh-kekeh ketawa kerana mereka tahu bahawa Yakjuj Makjuj sebenarnya adalah Alien.

http://4.bp.blogspot.com/_o6pDXdTUnGg/TE_mqmXohwI/AAAAAAAAAGM/iLyXM1Sy-Ls/s400/akukuku.jpg



Di dalam Al Quran disebut beberapa klu tentang keluarnya Yakjuj Makjuj
  • Al-Quran menyebut bila dibuka (Futihat) Yakjuj Makjuj. Tidak disebut buka apa. Tidak pula disebut istilah runtuh yang sesuai kalau ia merujuk kepada TEMBOK.
  • Al-Quran menyebut bahawa ketika keluarnya Yakjuj Makjuj mereka keluar dari segenap tempat yang tinggi.
  • Al-Quran menyebut Yakjuj Makjuj keluar dalam keadaan bercampur aduk (hibrid) dengan menggunakan istilah yamuju - Allah menyebut kepulangan Bani Israel ke Palestin kali kedua dalam keadaan bercampur baur (genetiknya) dengan istilah lafifan.
 JADI CUBA BERFIKIR BUAT SEKELIAN KALINYA. NABI SAW SENDIRI DALAM SEBUAH HADIS YANG SAHIH MEMBEZAKAN PERKATAAN YAKJUJ MAKJUJ DENGAN MANUSIA (HADIS NABI ADAM AS DIPERINTAH MEMASUKKAN KETURUNANNYA KE NERAKA)

Nota:
  • Umat islam masih tertipu menyangka alexander atau cyrus adalah zulkarnain sedangkan nabi saw telah menyebutkan sifat-sifat raja zulkarnain (Rujuk Iskandar Zulkarnain karya iaitu
  •  Zulkarnain hidup sezaman dengan Nabi Ibrahim as
  •  Zulkarnain menjadi Islam ditangan Nabi Ibrahim as
  •  Zulkarnain mempunyai menteri kanan yakni Nabi Khidir as
  •  Nabi Khidir as telah bersaing dengan Zulkarnain as untuk merebut air mata kehidupan di sebuah lembah misteri. Nabi Khidir as berjaya mendapatkannya dan dikurniakan umur panjang.
Yahudi telah mengubah kandungan kitab Salatus salatin untuk mengatakan alexander adalah Zulkarnain namun mereka terlupa membuang kisah zulkarnain menjadi islam di tangan nabi ibrahim dan membawa ajaran baginda as ke seluruh dunia di dalam Salatus salatin.

Sekian, wallahu a’lam
Komentarku ( Mahrus ali ) : 
Kisah diatas sekedar legenda bukan realita, hurofat tanpa landasan hadis atau al Quran yang kuat. Ya`juj  dan Ma`juj  itu mereka yang hidup di balik tembok bikinan Dzul qarnain yang terpanjang didunia itu - Anda mungkin tahu dan jelas tahu bahwa tembok yang terpanjang dan terkokoh dimana , yaitulah letak bangsa Ya`juj dan ma`juj yang bahasanya sulit dipahami dan dipelajari.

Antara Abu Lahab Dengan Perayaan Maulid



  • Antara Abu Lahab Dengan Perayaan Maulid

    Di antara dalil yang digunakan oleh orang-orang yang membolehkan perayaan maulid Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah kisah salah seorang tokoh dalam kesyirikan yakni Abu Lahab. Berikut uraiannya:

    As-Suyuthi berkata dalam Al-Hawy (1/196-197), “Lalu saya melihat Imamul Qurro`, Al-Hafizh Syamsuddin Ibnul Jauzi berkata dalam kitab beliau yang berjudul ‘Urfut Ta’rif bil Maulid Asy-Syarif’ dengan nash sebagai berikut, “Telah diperlihatkan Abu Lahab setelah meningalnya di dalam mimpi. Dikatakan kepadanya, “Bagaimana keadaanmu?”, dia menjawab, “Di dalam Neraka, hanya saja diringankan bagiku (siksaan) setiap malam Senin dan dituangkan di antara dua jariku air sebesar ini -dia berisyarat dengan ujung jarinya- karena saya memerdekakan Tsuwaibah ketika dia memberitahu kabar gembira kepadaku tentang kelahiran Nabi shallallahu alaihi wasallam dan karena dia telah menyusuinya.”

    As-Suyuthi berkata, “Jika Abu Lahab yang kafir ini, yang Al-Qur`an telah turun mencelanya, diringankan (siksaannya) di neraka dengan sebab kegembiraan dia dengan malam kelahiran Nabi shallallahu alaihi wasallam, maka bagaimana lagi keadaan seorang muslim yang bertauhid dari kalangan ummat Nabi shallallahu alaihi wasallam yang gembira dengan kelahiran beliau dan mengerahkan seluruh kemampuannya dalam mencintai beliau shallallahu alaihi wasallam?!, saya bersumpah bahwa tidak ada balasannya dari Allah Yang Maha Pemurah, kecuali Dia akan memasukkannya berkat keutamaan dari-Nya ke dalam surga-surga yang penuh kenikmatan.”

    Kisah ini juga dipakai berdalil oleh Muhammad bin Alwi Al-Maliki dalam risalahnya Haulal Ihtifal bil Maulid, hal. 8 tatkala dia berkata, “Telah datang dalam Shahih Al-Bukhari bahwa diringankan siksaan Abu lahab setiap hari Senin dengan sebab dia memerdekakan Tsuwaibah ….”.

    Bantahan :
    Penyandaran kisah di atas kepada Imam Al-Bukhari adalah suatu kedustaan yang nyata sebagaimana yang dikatakan oleh Asy-Syaikh At-Tuwaijiri dalam Ar-Raddul Qawi hal. 56. Karena tidak ada dalam riwayat Al-Bukhari sedikitpun yang disebutkan dalam kisah di atas.

    Berikut konteks hadits ini dalam riwayat Imam Al-Bukhari dalam Shahihnya no. 4711 secara mursal dari Urwah bin Az-Zubair -rahimahullah- dia berkata:

    وثُوَيْبَةُ مَوْلَاةٌ لِأَبِي لَهَبٍ كَانَ أَبُو لَهَبٍ أَعْتَقَهَا فَأَرْضَعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا مَاتَ أَبُو لَهَبٍ أُرِيَهُ بَعْضُ أَهْلِهِ بِشَرِّ حِيبَةٍ قَالَ لَهُ مَاذَا لَقِيتَ قَالَ أَبُو لَهَبٍ لَمْ أَلْقَ بَعْدَكُمْ غَيْرَ أَنِّي سُقِيتُ فِي هَذِهِ بِعَتَاقَتِي ثُوَيْبَةَ

    “Tsuwaibah, dulunya adalah budak perempuan Abu Lahab. Abu Lahab membebaskannya, lalu dia menyusui Nabi shallallahu alaihi wasallam. Tatkala Abu Lahab mati, dia diperlihatkan kepada sebagian keluarganya (dalam mimpi) tentang jeleknya keadaan dia. Dia (keluarganya ini) berkata kepadanya, “Apa yang engkau dapatkan?”, Abu Lahab menjawab, “Saya tidak mendapati setelah kalian kecuali saya diberi minum sebanyak ini (sedikit) karena saya memerdekakan Tsuwaibah”.

    Syubhat ini dibantah dari beberapa sisi:
    1. Hadits tentang diringankannya siksa Abu Lahab ini telah dikaji oleh para ulama dari zaman ke zaman. Akan tetapi tidak ada seorang pun di antara mereka yang menjadikannya sebagai dalil disyari’atkannya perayaan maulid.
    2. Ini adalah hadits mursal sebagaimana yang dikatakan oleh Al-Hafizh dalam Al-Fath (9/49) karena Urwah adalah seorang tabi’i dan beliau tidak menyebutkan dari siapa dia mendengar kisah ini. Sedangkan hadits mursal adalah termasuk golongan hadits-hadits dhaif (lemah) yang tidak bisa dipakai berdalil.
    3. Apa yang dinukil oleh As-Suyuthi dari Ibnul Jauzi di atas bahwa Abu Lahab memerdekakan Tsuwaibah karena memberitakan kelahiran Nabi shallallahu alaihi wasallam dan karena dia menyusui Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah menyelisihi apa yang telah tetap di kalangan para ulama siroh (sejarah). Karena dalam buku-buku siroh ditegaskan bahwa Abu Lahab memerdekakan Tsuwaibah jauh setelah Tsuwaibah menyusui Nabi shallallahu alaihi wasallam.
    Al-Hafizh Ibnu Abdul Barr -rahimahullah- berkata dalam Al-Isti’ab (1/12) ketika beliau menyebutkan kisah menyusuinya Nabi shallallahu alaihi wasallam kepada Tsuwaibah, “Dan Abu Lahab memerdekakannya setelah Nabi shallallahu alaihi wasallam berhijrah ke Madinah”.
    4. Kegembiraan yang dirasakan oleh Abu Lahab hanyalah kegembiraan yang sifatnya tabi’at manusia biasa karena Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah keponakannya. Sedangkan kegembiraan manusia tidaklah diberikan pahala kecuali bila kegembiraan tersebut muncul karena Allah Ta’ala. Buktinya, setelah Abu Lahab mengetahui kenabian keponakannya, diapun memusuhinya dan melakukan tindakan-tindakan yang kasar padanya. Ini bukti yang kuat menunjukkan bahwa Abu Lahab bukan gembira karena Allah, tapi gembira karena lahirnya seorang keponakan. Gembira seperti ini ada pada setiap orang.

    (Rujukan: Al-Bida’ Al-Hauliyah hal. 165-170, Ar-Raddu ‘ala Syubuhati man Ajazal Ihtifal bil Maulid syubhat keenam dan Al-Hiwar ma’al Maliki Syubhat pertama)

    [Dinukil dari buku kami 'Studi Kritis Perayaan Maulid Nabi hal. 169-171]

    [al-atsariyyah]
    25Suka · ·

Sujud tilawah




Sujud tilawah 



 Aisyah ra  berkata : “ Rasulullah   S.A.W.    dalam sujud quran di waktu malam  membaca  :
سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ
Wajahku bersujud kepada Tuhan yang menciptakannya , membelah pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatannya. [1]
 Menurut Al baihaqi  ada tambahan : وَصَوَّرَهُ setelah  خَلَقَهُ Imam  Al hakim menambah : فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ .
Menurut riwayat Tirmizi sebagai berikut :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي سُجُودِ الْقُرْآنِ بِاللَّيْلِ
سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ
Aisyah ra berkata : Rasulullah  S.A.W.    membaca  kalimat tsb waktu sujud tilawah waktu malam .( dalam salat ) [2]
 قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ *
Abu Isa berkata  :” Ini hadis  hasan sahih  “.
  Imam  Syaukani berkata : “ Sahabat yang hadir ikut sujud bersama Nabi  S.A.W.    dan beliau tidak memerintah kepada salah seorang  dari mereka untuk berwudu , dan tidak mungkin seluruh mereka mempunyai wudu. Imam  Bukhori dan Ibnu Abu Syaibah menyatakan bahwa Ibnu Umar melakukan  sujud tilawah dalam keada an tidak thoharah . Tiada satupun hadis yang mengharuskan suci pakaian  atau tempat dalam masalah  ini .[3]
Imam Bukhori membikin bab :
بَاب سُجُودِ الْمُسْلِمِينَ مَعَ الْمُشْرِكِينَ وَالْمُشْرِكُ نَجَسٌ لَيْسَ لَهُ وُضُوءٌ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِي اللَّه عَنْهمَا يَسْجُدُ عَلَى غَيْرِ وُضُوءٍ
Bab kaum muslimin dan  kaum musrik  sujud bersamaan  , sedang  mereka  najis dan tidak berwudu .Ibnu Umar ra  melakukan sujud tanpa wudu .[4]
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ قَرَأَ سُورَةَ النَّجْمِ فَسَجَدَ بِهَا فَمَا بَقِيَ أَحَدٌ مِنَ الْقَوْمِ إِلَّا سَجَدَ فَأَخَذَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ كَفًّا مِنْ حَصًى أَوْ تُرَابٍ فَرَفَعَهُ إِلَى وَجْهِهِ وَقَالَ يَكْفِينِي هَذَا قَالَ عَبْدُاللَّهِ فَلَقَدْ رَأَيْتُهُ بَعْدُ قُتِلَ كَافِرًا *
  Rasulullah  S.A.W.    pernah membaca surat Annajem  lalu bersujud . Seluruh kaum sama sujud tiada yang ketinggalan ,Lantas seorang lelaki  mengambil segenggam krikil atau debu , lalu di angkat  ke wajahnya  seraya berkata :” Aku cukup melakukan  sedemikian “. Abdullah ra  berkata : “ Setelah itu kulihat dia  terbunuh dlm keadaan  kafir . [5]
Ibnu Abbasra berkata :
 أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ بِالنَّجْمِ وَسَجَدَ مَعَهُ الْمُسْلِمُونَ وَالْمُشْرِكُونَ وَالْجِنُّ وَالْإِنْسُ
Sesungguhnya Nabi  S.A.W.    bersujud waktu membaca surat Abnnajem,begitu juga kaum muslimin  , musrik , jin dan manusia [6]
زاد الطبراني في الأوسط من هذا الوجه بمكة 
Imam Thobroni menambah dalam kitab al ausat dari jalur ini  di Mekkah[7]
Syaukani berkata :
         أن شيخا من قريش صرح البخاري في التفسير من صحيحه أنه أمية بن خلف      ووقع في سيرة ابن إسحاق أنه الوليد بن المغيرة قال الحافظ وفيه نظر لأنه لم يقتل
Sesungguhnya tokoh Quraisy di jelaskan oleh Imam Bukhori dalam kitab tafsir  adalah Umayyah bin Kholaf . Namun dalam  siroh Ibnu Ishak  , dia bernama  Al Walid bin Al mughiroh . Ibnu hajar berkata : Pendapat tsb masih perlu dipertimbangkan  , karena dia tidak terbunuh .
Atho`bin Yasar berkata : 
أَنَّهُ سَأَلَ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ رَضِي اللَّهم عَنْهم فَزَعَمَ أَنَّهُ قَرَأَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالنَّجْمِ فَلَمْ يَسْجُدْ فِيهَا *
Dia bertanya kepada zaid bin Tsabit ra , lalu mengira dia pernah membaca surat annajem dimuka Nabi  S.A.W.   , tapi beliau tidak melakukan  sujud [8]
Amar bin  Al ash ra  berkata  :
 أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْرَأَهُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَجْدَةً فِي الْقُرْآنِ مِنْهَا ثَلَاثٌ فِي الْمُفَصَّلِ وَفِي سُورَةِ الْحَجِّ سَجْدَتَانِ
Sesungguhnya Rasulullah  S.A.W.    membacakan kepadanya  15 sajdah dalam al quran . Tiga di surat Al mufasshol dan  dua di surat al haj .
Hadis lemah  1401  , dhoif Abu dawud  , Al misykat  1029 .
 قَالَ أَبو دَاود رُوِيَ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِحْدَى عَشْرَةَ سَجْدَةً وَإِسْنَادُهُ وَاهٍ *
Abu dawud  berkata :Juga diriwayatkan dari abud darda` dari Nabi  S.A.W.   sebelas sajdah ,tapi sanadnya lemah .[9]
 حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا أَزْهَرُ بْنُ الْقَاسِمِ قَالَ مُحَمَّدٌ رَأَيْتُهُ بِمَكَّةَ حَدَّثَنَا أَبُو قُدَامَةَ عَنْ مَطَرٍ الْوَرَّاقِ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَسْجُدْ فِي شَيْءٍ مِنَ الْمُفَصَّلِ مُنْذُ تَحَوَّلَ إِلَى الْمَدِينَةِ *
Dari Ibnu Abbasra  berkata : Sesungguhnya Rasulullah  S.A.W.    tidak melakukan sujud dalam salah satu surat Al Mufasshol sejak pindah ke Medinah [10]   Lemah ,lihat  dhoif sunan  Abu dawud 304 ,al misykat  1034 .
Syaukani berkata :
وفي إسناده أبو قدامة الحرث بن عبيد ومطر الوراق وهما ضعيفان وإن كانا من رجال مسلم  
Sanadnya terdapat  Abu Qudamah Al hars bin Ubaid  dan al mathar al warraq yang lemah sekalipun keduanya termasuk perawi Muslim  .
   قال النووي حديث ابن عباس ضعيف الإسناد لا يصح الاحتجاج به انتهى نيل الأوطار ج: 3 ص: 118
Imam Nawawi berkata :  Hadis Ibnu Abbas lemah sanadnya  dan tidak boleh dibuat pegangan , [11]
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَجَدْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ وَاقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ *
Dari Abu Hurairah berkata :  “Kami melakukan  sujud bersama Nabi  S.A.W.   dalam surat : إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ   dan اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ [12]
578 حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ مِشْرَحِ بْنِ هَاعَانَ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فُضِّلَتْ سُورَةُ الْحَجِّ بِأَنَّ فِيهَا سَجْدَتَيْنِ قَالَ نَعَمْ وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْهُمَا فَلَا يَقْرَأْهُمَا
Dari Uqbah bin Amir berkata :” Aku berkata : wahai Rasulullah ! surat haji  di beri kelebihan memiliki dua sujud ? “.
Beliau menjawab : Ya  . Barang siapa tidak melakukan nya , jangan membacanya”,[13]( Lemah)
قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ لَيْسَ إِسْنَادُهُ بِذَاكَ الْقَوِيِّ
Abu Isa  berkata  : “Ini hadis , sanadnya tidak kuat “.
Syaukani berkata :
 وفي إسناده ابن لهيعة ومشرح بن عاهان وهما ضعيفان      وقد ذكر الحاكم أنه تفرد به وأكده بأن الرواية صحت فيه من قول عمر وابنه وابن مسعود وابن عباس وأبي الدرداء وأبي موسى وعمار ثم ساقها موقوفة عنهم وأكده البيهقي بما رواه في المعرفة من طريق خالد بن معدان مرسلا نيل الأوطار ج: 3 ص: 117
Sanadnya terdapat Ibnu Lahi`ah dan Misyrah bin  ahan yang lemah . Al hakim berkata :  Dia meriwayatkannya secara sendirian , bahkan menyatakan dengan tegas bahwa  hadis tersebut dari Ibnu Umar ,Umar , Ibnu masud ,Ibnu abbas , Abuddarda` dan Amar secara maukuf ( pendapat mereka peribadi ) . Namun al baihaqi menyatakan dalam kitab  al ma`rifah  dari jalur  Kholid bin Ma`dan bahwa hadis tsb mursal ( lemah ) . [14]
ٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ فِي ص وَقَالَ سَجَدَهَا دَاوُدُ تَوْبَةً وَنَسْجُدُهَا شُكْرًا *
Dari Ibnu Abbas ra , sesungguhnya Nabi  S.A.W.   melakukan sujud dalam surat Shod ,lalu berkata :”Dawud bersujud karena tobat dam kita bersujud karena  sukur . [15]
Ibnu Abbas ra berkata :
 ص لَيْسَ مِنْ عَزَائِمِ السُّجُودِ وَقَدْ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْجُدُ فِيهَا *
Shod tidak termasuk  surat yang mewajibkan sujud , tapi aku melihat  Nabi  S.A.W.   bersujud didalamnya . [16]
Ibnu Umar ra berkata :
 كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ السَّجْدَةَ وَنَحْنُ عِنْدَهُ فَيَسْجُدُ وَنَسْجُدُ مَعَهُ فَنَزْدَحِمُ حَتَّى مَا يَجِدُ أَحَدُنَا لِجَبْهَتِهِ مَوْضِعًا يَسْجُدُ عَلَيْهِ *
Nabi  S.A.W.   membaca surat assajdah,kita di sisinya  ,lalu melakukan sujud  dan kita ikut sujud   dengan berdesakan  sehingga seorang diantara kami tidak menjumpai  tempat sujud untuk dahinya [17]
Menurut riwayat Muslim  ada tambahan :
 حَتَّى مَا يَجِدُ أَحَدُنَا مَكَانًا لِيَسْجُدَ فِيهِ فِي غَيْرِ صَلَاةٍ *
……………… hingga  seseorang diantara kami tidak menjumpai tempat  sujud untuk dahinya  diluar salat [18]
Umar melakukan sujud ketika hutbah sebagaimana  hadis sbb :
Abu bakar berkata :
 وَكَانَ رَبِيعَةُ مِنْ خِيَارِ النَّاسِ عَمَّا حَضَرَ رَبِيعَةُ مِنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِي اللَّه عَنْه قَرَأَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى الْمِنْبَرِ بِسُورَةِ النَّحْلِ حَتَّى إِذَا جَاءَ السَّجْدَةَ نَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدَ النَّاسُ حَتَّى إِذَا كَانَتِ الْجُمُعَةُ الْقَابِلَةُ قَرَأَ بِهَا حَتَّى إِذَا جَاءَ السَّجْدَةَ قَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا نَمُرُّ بِالسُّجُودِ فَمَنْ سَجَدَ فَقَدْ أَصَابَ وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَلَمْ يَسْجُدْ عُمَرُ رَضِي اللَّه عَنْه
Rabiah termasuk  orang yang paling hafal tentang Umar bin Al Khotthob ra membaca surat Annahel pada hari Jumat di atas mimbar hingga datang ayat sajdah ,lalu turun dan melakukan sujud .Orang – orang juga  ikut bersujud. Ketika jumat  berikutnya , Umar membacanya .Ketika sampai ayat sajdah  berkata : Wahai manusia !Sesungguhnya  kami  melewati ayat sujud . Barang siapa  melakukan  sujud , benar . Barang siapa tidak melakukannya  tidak berdosa.Umar tidak sujud . [19]
Abu said Al khudri ra  berkata :
قَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ ص فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةَ نَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدَ النَّاسُ مَعَهُ فَلَمَّا كَانَ يَوْمٌ آخَرُ قَرَأَهَا فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةَ تَشَزَّنَ النَّاسُ لِلسُّجُودِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا هِيَ تَوْبَةُ نَبِيٍّ وَلَكِنِّي رَأَيْتُكُمْ تَشَزَّنْتُمْ لِلسُّجُودِ فَنَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدُوا *
Rasulullah  S.A.W.    membaca surat Shod di Mimbar .Ketika  sampai ke ayat assajdah , beliau turun   ,lalu melakukan  sujud dan orang – orang juga ikut .Pada hari lainnya  ,Rasulullah  S.A.W.    membacanya . Ketika sampai ayat sajdah , mereka  siaga untuk sujud . Nabi  S.A.W.   bersabda : Ia adalah tobat seorang Nabi , aku lihat kamu siap untuk sujud  , beliau sujud dan mereka ikut [20]
Syaukani berkata :
 سكت عليه أبو داود والمنذري ورجال إسناده رجال الصحيح وأخرجه أيضا الحاكم وذكر البيهقي عن جماعة من الصحابة أنهم سجدوا في ص نيل الأوطار ج: 3 ص: 120
Abu Dawud dan almunziri tidak memberikan komentar , namun perawi – perawinya adalah perawi sahih Bukhori . Al Hakim juga meriwayatkannya  . Al Baihaqi menyebutkan dari segolongan sahabat  bahwa mereka melakukan  sujud  waktu membaca surat shod . [21]
Imam Bukhori membikin bab :
بَاب مَنْ قَرَأَ السَّجْدَةَ فِي الصَّلَاةِ فَسَجَدَ بِهَا 
Bab orang yang membaca ayat sajdah waktu salat   , lalu bersujud .
Abu Rafi`  berkata :
 صَلَّيْتُ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ الْعَتَمَةَ فَقَرَأَ إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ فَسَجَدَ فَقُلْتُ مَا هَذِهِ قَالَ سَجَدْتُ بِهَا خَلْفَ أَبِي الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَا أَزَالُ أَسْجُدُ فِيهَا حَتَّى أَلْقَاهُ *
Aku melakukan salat Isya` bersama Abu Hurairah ,lalu membaca : إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ
Lalu  sujud  . Aku berkata  : Apakah ini  ?
Abu Hurairah  berkata : “  Aku melakukan  sujud di belakang   Abul qasim ( Nabi  S.A.W.   )  , aku terus menjalankan sujud hingga aku bertemu dengannya “. [22]
Ibnu Umar ra berkata :
 أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ عَامَ الْفَتْحِ سَجْدَةً فَسَجَدَ النَّاسُ كُلُّهُمْ مِنْهُمُ الرَّاكِبُ وَالسَّاجِدُ فِي الْأَرْضِ حَتَّى إِنَّ الرَّاكِبَ لَيَسْجُدُ عَلَى يَدِهِ *
Sesungguhnya Rasulullah  S.A.W.    membaca di tahun penaklukan kota Mekkah  ayat sajdah  ,lalu orang – orang sama sujud  , baik  pengendara  atau orang yang bersujud ke tanah . Bahkan pengendara sujud  di tangannya . [23] ( Lemah ) .
Ibnu Umar berkata :
 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ عَلَيْنَا الْقُرْآنَ فَإِذَا مَرَّ بِالسَّجْدَةِ كَبَّرَ وَسَجَدَ وَسَجَدْنَا مَعَهُ
Rasulullah  S.A.W.    membacakan al Quran kepada kita , bila  lewat ayat sajdah , bertakbir ,lalu sujud dan kita ikut sujud [24]  (Lemah  ,almisykat  1032 ) .
قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ وَكَانَ الثَّوْرِيُّ يُعْجِبُهُ هَذَا الْحَدِيثُ قَالَ أَبو دَاود يُعْجِبُهُ لِأَنَّهُ كَبَّرَ *
Abd Razzaq berkata :”  Assauri heran terhadap hadis tsb . Abu dawud berkata  : Dia heran karena Rasulullah  S.A.W.    bertakbir ( waktu sujud tilawah ).
  Jadi sampai tgl   4 Muharram 1426 kami menjumpai tuntunan sujud tilawah di surat Al insyiqaq , Iqra` , An nahel ,Annajem  dan Shod  dlm al Quran . lainnya  masih kami jumpai hadisnya lemah.  Untuk   sujud tilawah  waktu salat , kami hanya menjumpai surat al Insyiqaq.

Untuk sujud tilawah di ayat :
وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ(15)  الرعد 15
وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا(109) الاسراء
أُولَئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ ءَادَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا إِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ ءَايَاتُ الرَّحْمَنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا(58) مريم
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ وَمَنْ يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ(18)  الحج
وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اسْجُدُوا لِلرَّحْمَنِ قَالُوا وَمَا الرَّحْمَنُ أَنَسْجُدُ لِمَا تَأْمُرُنَا وَزَادَهُمْ نُفُورًا(60) الفرقان
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ(26) النمل
إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ(15) السجدة
وَمِنْ ءَايَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ(37) فصلت
   kami belum mengetahui dalilnya .



Blog husus pengajian: http://mahrusali2.blogspot.com/
Blog ke tiga
Peringatan:Mesin pencari diblog tidak berfungsi, pergilah ke google lalu tulislah:  mantan kiyai nu    lalu teks yang kamu cari
Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfreand ). 081935056529 (XL ) atau  08819386306   ( smartfreand )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo






[1] HR Nasai / Tatbiq / 1129. Abu dawud / Salat /1414, Ahmad / Baqi musnad Ansor /25293. Tirmidzi /Jumat /580 dan beliau menyatakan  hadis hasan  sahih . Nailul author /118/3. Ia juga di riwayatkan oleh Daroquthni , Al hakim , Al baihaqi . Ibnus sakan  menyatakan sahih dan di baca tiga kali .

[2] HR Tirmizi 580
[3] Nailul author /119/3
[4] Sahih Bukhori
[5] Bukhori 1008
[6] HR Bukhori 1071
[7] Nailul author  117/3
[8] HR Bukhori 1072
[9]    Dhoif Sunan Tirmizi 573/87 , Dhoif sunan Ibnu majah  216 , dhoif sunan Abu dawud  302
[10] HR Abu dawud 1403
[11] Nailul author 118/3
[12] Muttafaq alaih , Muslim 578
[13] HR Tirmizi  578
[14] Nailul author  117/3
[15] HR Nasai 957
[16] HR Bukhori 1069

[17] HR Bukhori 1076
[18] HR Muslim  575
[19] HR Bukhori  1077
[20] HR  Abu Dawud 1410
[21] Nailul author 120/3
[22] Bukhori 1078
[23] HR Abu Dawud 1411
[24] HR Abu Dawud 1413