Kamis, Desember 05, 2013

Tiada salat sirriyah - kajianku ke 11




                                    Waktu salat makmum membaca surat 



Ada kisah sbb :
312 حَدَّثَنَا الْأَنْصَارِيُّ حَدَّثَنَا مَعْنٌ حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنِ ابْنِ أُكَيْمَةَ اللَّيْثِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ انْصَرَفَ مِنْ صَلَاةٍ جَهَرَ فِيهَا بِالْقِرَاءَةِ فَقَالَ هَلْ قَرَأَ مَعِي أَحَدٌ مِنْكُمْ آنِفًا فَقَالَ رَجُلٌ نَعَمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِنِّي أَقُولُ مَالِي أُنَازَعُ الْقُرْآنَ قَالَ فَانْتَهَى النَّاسُ عَنِ الْقِرَاءَةِ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيمَا جَهَرَ فِيهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الصَّلَوَاتِ بِالْقِرَاءَةِ حِينَ سَمِعُوا ذَلِكَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari Abu Hurairah,  sesungguhnya Rasulullah saw selesai melakukan salat jahriyah, lalu bersabda:”Adakah orang yang membaca surat bersamaku ?
Seorang lelaki berkata: “ Aku  wahai Rasulullah saw ! “.
Beliau bersabda:  Sesungguhnya aku berkata mengapa aku berbenturan dengan al Quran “.
Perawi berkata : “ Lantas para sahabat tidak membaca surat lagi  ketika  bermakmum dengan Rasulullah saw dalam salat jahriyah setelah mereka mendengar  halitu dari Rasulullah saw”.[1]
Menurut riwayat Ibnu Majah,  salat tersebut adalah Subuh sbb:
نَظُنُّ أَنَّهَا الصُّبْحُ
Kita kira salat tsb adalah Subuh [2]
Umar bin Ali bin Al Mulaqqin Al anshori ,  lahir 723, wafat 804 berkata:
وضعفه الحميدي والبيهقي
Hadis tsb dilemahkan oleh Al Humaidi dan Al Baihaqi [3]
قال يحيى هذا يخالفه الناس فيه
Yahya berkata :  Banyak orang yang menentang hadis tsb   [4]
Yusuf  bin Zaki Almizzi, lahir 654, wafat 742 berkata:
 قال معمر عن الزهري فانتهى الناس عن القراءة فيما يجهر به رسول الله  صلى الله عليه وسلم قال سفيان خفيت علي هذه الكلمة أخرجوه من حديث مالك
Ma`mar dari Azzuhri berkata:  “Orang – orang sama berhenti membaca  dalam salat yang Rasulullah saw membaca  al Quran dengan  suara sedang “.
Sofyan berkata :  Kalimat tsb samar bagiku, mereka  tidak mencantumkannya  dari hadis Malik “.[5]
Ibnu Hajar al asqalani ,  lahir 773,  wafat 853  berkata:
وقوله فانتهى الناس إلى آخره مدرج في الخبر من كلام الزهري بينه الخطيب واتفق عليه البخاري في التاريخ وأبو داود ويعقوب بن سفيان والذهلي والخطابي وغيرهم
Kalimat tsb adalah sisipan  dari perkataan Azzuhri. Demikian keterangan Al Khothib yang telah di sepakati oleh Imam  Bukhori dalam kitab Attarikh,  Abu dawud ,  Ya`qub bin Sofyan,  Dzahabi, Al khotthobi dll . [6]
.
Abu isa ( Imam Tirmizi ) berkata:
وَاخْتَارَ أَكْثَرُ أَصْحَابِ الْحَدِيثِ أَنْ لَا يَقْرَأَ الرَّجُلُ إِذَا جَهَرَ الْإِمَامُ بِالْقِرَاءَةِ وَقَالُوا يَتَتَبَّعُ سَكَتَاتِ الْإِمَامِ وَقَدِ اخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي الْقِرَاءَةِ خَلْفَ الْإِمَامِ فَرَأَى أَكْثَرُ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالتَّابِعِينَ وَمَنْ بَعْدَهُمُ الْقِرَاءَةَ خَلْفَ الْإِمَامِ وَبِهِ يَقُولُ مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ وَالشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ وَإِسْحَقُ وَرُوِيَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ أَنَّهُ قَالَ أَنَا أَقْرَأُ خَلْفَ الْإِمَامِ وَالنَّاسُ يَقْرَءُونَ إِلَّا قَوْمًا مِنَ الْكُوفِيِّينَ
Kebanyakan ahli hadis memilih pendapat  seorang lelaki tidak usah membaca surat ketika imam  membaca  surat al Quran ,  tapi menanti waktu imam diam . Sungguh kebanyakan  ahlul ilmi berbeda pendapat tentang baca surat di belakang imam.Kebanyakan  ahlil ilmi dari sahabat nabi dan tabi`in dan generasi setelah mereka menyatakan  boleh membaca dibelakang  imam. Demikianlah pendapat Malik bin Anas,  Abdullah bin Mubarak ,  Syafii,  Ahmad.
Abdullah bin AlMubarak berkata ; Aku  juga membaca surat di belakang imam ,  dan orang – orang juga membacanya  kecuali kaum dari kufah. [7]
 Aku berkata: Bila maksudnya itu baca  fatihah  ,  maka  kami salut  karena ada hadis:
مَنْ صَلَّى صَلَاةً لَمْ يَقْرَأْ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ ثَلَاثًا غَيْرُ تَمَامٍ
Barang  siapa yang melakukan salat tanpa membaca  ummul Quran  adalah kurang  X3,  tidak sempurna. [8]


[1] HR Tirmizi  312
[2] HR IbnU Majah 849
[3]  Khulashoh badrilmunir 118/1
[4] Tarikh Ibnu Main 154/3
[5] Tahdzibulkamal 229/21
[6] Talkhisulhabir 231/1
[7] Sunan Tirmidzi
[8] HR Muslim  395
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan