Senin, Juli 15, 2013

SMS dari Surabaya " Makan daging impor "




SMS dari Abu Rafi Surabaya.
Kyai mahrus, daging import kan tiba sblum lbaran, sdgkn qta tak tau dr ngara 
mn daging itu, bgmn klo daging itu d sembelih tdk mnyebut nama Allah swt 
apa bl sy knsumsi mk sy akn makan dging haram? Mhn d jlaskn dg dalilny, 
pdhal sy sdh bca bismillah, mtnwun abu rafi sbya

Saya jawab: itu subhat, hindarilah

Komentarku ( Mahrus ali): 
Baca artikel ini:
APA HUKUM MEMAKAN DAGING IMPOR DARI NEGARA2 AHLUL KITAB SEPERTI AMERIKA DAN LAIN SEBAGAINYA ?
Pertanyaan :
Kami kadang – kadang harus makan di luar kost tempat tinggal, yaitu salah satu restouran Amerika cepat saji ( Kentucky Burger ). Semua makanan disitu adalah daging ayam dan daging sapi dan kami tidak tahu bagaimana hewan itu disembelih, ataukah dengan cara strum listrik ataukah ditembak ataukah dicekik. Kami juga tidak tahu apakah disebutkan nama Alloh atasnya atau tidak. Pertanyaanya adalah, apakah boleh kami makan di situ atau tidak ? Terimakasih.
Jawaban :
Kami menasehatkan agar tidak makan daging syubhat ( masih diragukan ) yang ada disitu, sebab boleh jadi tidak halal. Sebab biasanya orang – orang Amerika tidak mempunyai komitmen dengan penyembelihan syar’I, yaitu penyembelihan dengan pisau yang tajam,menghabiskan semua darahnya , dan menyebut nama Alloh atasnya. Kebanyakan penyembelihan mereka dilakukan dengan sengatan listrik atau dicelup menggunakan air panas supaya kulit dan bulunya terkelupas dengan mudah agar timbanganya bertambah berat karena menetapnya darah di dalam daging. Dan disisi lain mereka tidak mengakui adanya keharusan menyebut nama Alloh di saat menyembelih. Alloh SWT berfirman :
“ Janganlah kamu memakan hewan yang disembelih tidak menyebutkan nama Alloh atasnya.” ( Al – an’am : 121 )
Alloh membolehkan kita memakan sembelihan ahlu kitab, karena dahulu mereka menyebut nama Alloh ketika menyembelihnya dan mereka lakukan dengan pisau hingga darahnya habis tuntas melalui tempat sembelihan. Demikian dahulu kebiasaan mereka, mereka melakukan itu karena mereka komit kepada ajaran yang ada di dalam kitab suci yang mereka akui. Sedangkan pada abad – abad belakangan ini mereka sudah tidak mengetahui ajaran di dalam kitab suci mereka, maka MEREKA MENJADI SEPERTI ORANG – ORANG MURTAD.
Maka dari itu kami berpendapat untuk tidak memakan hewan sembelihan mereka, KECUALI JIKA DAPAT DIPASTIKAN MEREKA MENYEMBELIHNYA SECARA SYAR’I. Maka berdasaran penjelasan di atas kami berpendapat DILARANG MAKAN DAGING SYUBHAT ( DIRAGUKAN ) YANG ADA DI RESATAURAN CEPAT SAJI TERSEBUT, dan kalian makan ikan saja di restauran – restaurant atau memilih restaurant Islam yang pemiliknya berkomitmen dengan sebelihan secara syar’I atau kalian sendiri yang melakukan penyembelihan hewan,seperti ayam dan hewan ternak berkaki empat lainya. Jadi kalian tidak makan kecuali sembelihan kalian sendiri atau sembelihan orang yang kalian percaya dari orang Muslim atau ahlu kitab. Wallohu a’lam.
Sumber: https://www.facebook.com/KumpulanFatwaFatwaIslami/posts/465486780164453
Komentarku ( Mahrus ali): 
Untuk masalah daging ayam bisa dilihat disini:

email mengapa saya tidak makan daging Ayam

Klik lagi disini:
Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo. Jatim.







Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan