Sabtu, Juni 29, 2013

Sujud tilawah




Sujud tilawah 



 Aisyah ra  berkata : “ Rasulullah   S.A.W.    dalam sujud quran di waktu malam  membaca  :
سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ
Wajahku bersujud kepada Tuhan yang menciptakannya , membelah pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatannya. [1]
 Menurut Al baihaqi  ada tambahan : وَصَوَّرَهُ setelah  خَلَقَهُ Imam  Al hakim menambah : فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ .
Menurut riwayat Tirmizi sebagai berikut :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي سُجُودِ الْقُرْآنِ بِاللَّيْلِ
سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ
Aisyah ra berkata : Rasulullah  S.A.W.    membaca  kalimat tsb waktu sujud tilawah waktu malam .( dalam salat ) [2]
 قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ *
Abu Isa berkata  :” Ini hadis  hasan sahih  “.
  Imam  Syaukani berkata : “ Sahabat yang hadir ikut sujud bersama Nabi  S.A.W.    dan beliau tidak memerintah kepada salah seorang  dari mereka untuk berwudu , dan tidak mungkin seluruh mereka mempunyai wudu. Imam  Bukhori dan Ibnu Abu Syaibah menyatakan bahwa Ibnu Umar melakukan  sujud tilawah dalam keada an tidak thoharah . Tiada satupun hadis yang mengharuskan suci pakaian  atau tempat dalam masalah  ini .[3]
Imam Bukhori membikin bab :
بَاب سُجُودِ الْمُسْلِمِينَ مَعَ الْمُشْرِكِينَ وَالْمُشْرِكُ نَجَسٌ لَيْسَ لَهُ وُضُوءٌ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِي اللَّه عَنْهمَا يَسْجُدُ عَلَى غَيْرِ وُضُوءٍ
Bab kaum muslimin dan  kaum musrik  sujud bersamaan  , sedang  mereka  najis dan tidak berwudu .Ibnu Umar ra  melakukan sujud tanpa wudu .[4]
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ قَرَأَ سُورَةَ النَّجْمِ فَسَجَدَ بِهَا فَمَا بَقِيَ أَحَدٌ مِنَ الْقَوْمِ إِلَّا سَجَدَ فَأَخَذَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ كَفًّا مِنْ حَصًى أَوْ تُرَابٍ فَرَفَعَهُ إِلَى وَجْهِهِ وَقَالَ يَكْفِينِي هَذَا قَالَ عَبْدُاللَّهِ فَلَقَدْ رَأَيْتُهُ بَعْدُ قُتِلَ كَافِرًا *
  Rasulullah  S.A.W.    pernah membaca surat Annajem  lalu bersujud . Seluruh kaum sama sujud tiada yang ketinggalan ,Lantas seorang lelaki  mengambil segenggam krikil atau debu , lalu di angkat  ke wajahnya  seraya berkata :” Aku cukup melakukan  sedemikian “. Abdullah ra  berkata : “ Setelah itu kulihat dia  terbunuh dlm keadaan  kafir . [5]
Ibnu Abbasra berkata :
 أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ بِالنَّجْمِ وَسَجَدَ مَعَهُ الْمُسْلِمُونَ وَالْمُشْرِكُونَ وَالْجِنُّ وَالْإِنْسُ
Sesungguhnya Nabi  S.A.W.    bersujud waktu membaca surat Abnnajem,begitu juga kaum muslimin  , musrik , jin dan manusia [6]
زاد الطبراني في الأوسط من هذا الوجه بمكة 
Imam Thobroni menambah dalam kitab al ausat dari jalur ini  di Mekkah[7]
Syaukani berkata :
         أن شيخا من قريش صرح البخاري في التفسير من صحيحه أنه أمية بن خلف      ووقع في سيرة ابن إسحاق أنه الوليد بن المغيرة قال الحافظ وفيه نظر لأنه لم يقتل
Sesungguhnya tokoh Quraisy di jelaskan oleh Imam Bukhori dalam kitab tafsir  adalah Umayyah bin Kholaf . Namun dalam  siroh Ibnu Ishak  , dia bernama  Al Walid bin Al mughiroh . Ibnu hajar berkata : Pendapat tsb masih perlu dipertimbangkan  , karena dia tidak terbunuh .
Atho`bin Yasar berkata : 
أَنَّهُ سَأَلَ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ رَضِي اللَّهم عَنْهم فَزَعَمَ أَنَّهُ قَرَأَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالنَّجْمِ فَلَمْ يَسْجُدْ فِيهَا *
Dia bertanya kepada zaid bin Tsabit ra , lalu mengira dia pernah membaca surat annajem dimuka Nabi  S.A.W.   , tapi beliau tidak melakukan  sujud [8]
Amar bin  Al ash ra  berkata  :
 أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْرَأَهُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَجْدَةً فِي الْقُرْآنِ مِنْهَا ثَلَاثٌ فِي الْمُفَصَّلِ وَفِي سُورَةِ الْحَجِّ سَجْدَتَانِ
Sesungguhnya Rasulullah  S.A.W.    membacakan kepadanya  15 sajdah dalam al quran . Tiga di surat Al mufasshol dan  dua di surat al haj .
Hadis lemah  1401  , dhoif Abu dawud  , Al misykat  1029 .
 قَالَ أَبو دَاود رُوِيَ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِحْدَى عَشْرَةَ سَجْدَةً وَإِسْنَادُهُ وَاهٍ *
Abu dawud  berkata :Juga diriwayatkan dari abud darda` dari Nabi  S.A.W.   sebelas sajdah ,tapi sanadnya lemah .[9]
 حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا أَزْهَرُ بْنُ الْقَاسِمِ قَالَ مُحَمَّدٌ رَأَيْتُهُ بِمَكَّةَ حَدَّثَنَا أَبُو قُدَامَةَ عَنْ مَطَرٍ الْوَرَّاقِ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَسْجُدْ فِي شَيْءٍ مِنَ الْمُفَصَّلِ مُنْذُ تَحَوَّلَ إِلَى الْمَدِينَةِ *
Dari Ibnu Abbasra  berkata : Sesungguhnya Rasulullah  S.A.W.    tidak melakukan sujud dalam salah satu surat Al Mufasshol sejak pindah ke Medinah [10]   Lemah ,lihat  dhoif sunan  Abu dawud 304 ,al misykat  1034 .
Syaukani berkata :
وفي إسناده أبو قدامة الحرث بن عبيد ومطر الوراق وهما ضعيفان وإن كانا من رجال مسلم  
Sanadnya terdapat  Abu Qudamah Al hars bin Ubaid  dan al mathar al warraq yang lemah sekalipun keduanya termasuk perawi Muslim  .
   قال النووي حديث ابن عباس ضعيف الإسناد لا يصح الاحتجاج به انتهى نيل الأوطار ج: 3 ص: 118
Imam Nawawi berkata :  Hadis Ibnu Abbas lemah sanadnya  dan tidak boleh dibuat pegangan , [11]
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَجَدْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ وَاقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ *
Dari Abu Hurairah berkata :  “Kami melakukan  sujud bersama Nabi  S.A.W.   dalam surat : إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ   dan اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ [12]
578 حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ مِشْرَحِ بْنِ هَاعَانَ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فُضِّلَتْ سُورَةُ الْحَجِّ بِأَنَّ فِيهَا سَجْدَتَيْنِ قَالَ نَعَمْ وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْهُمَا فَلَا يَقْرَأْهُمَا
Dari Uqbah bin Amir berkata :” Aku berkata : wahai Rasulullah ! surat haji  di beri kelebihan memiliki dua sujud ? “.
Beliau menjawab : Ya  . Barang siapa tidak melakukan nya , jangan membacanya”,[13]( Lemah)
قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ لَيْسَ إِسْنَادُهُ بِذَاكَ الْقَوِيِّ
Abu Isa  berkata  : “Ini hadis , sanadnya tidak kuat “.
Syaukani berkata :
 وفي إسناده ابن لهيعة ومشرح بن عاهان وهما ضعيفان      وقد ذكر الحاكم أنه تفرد به وأكده بأن الرواية صحت فيه من قول عمر وابنه وابن مسعود وابن عباس وأبي الدرداء وأبي موسى وعمار ثم ساقها موقوفة عنهم وأكده البيهقي بما رواه في المعرفة من طريق خالد بن معدان مرسلا نيل الأوطار ج: 3 ص: 117
Sanadnya terdapat Ibnu Lahi`ah dan Misyrah bin  ahan yang lemah . Al hakim berkata :  Dia meriwayatkannya secara sendirian , bahkan menyatakan dengan tegas bahwa  hadis tersebut dari Ibnu Umar ,Umar , Ibnu masud ,Ibnu abbas , Abuddarda` dan Amar secara maukuf ( pendapat mereka peribadi ) . Namun al baihaqi menyatakan dalam kitab  al ma`rifah  dari jalur  Kholid bin Ma`dan bahwa hadis tsb mursal ( lemah ) . [14]
ٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ فِي ص وَقَالَ سَجَدَهَا دَاوُدُ تَوْبَةً وَنَسْجُدُهَا شُكْرًا *
Dari Ibnu Abbas ra , sesungguhnya Nabi  S.A.W.   melakukan sujud dalam surat Shod ,lalu berkata :”Dawud bersujud karena tobat dam kita bersujud karena  sukur . [15]
Ibnu Abbas ra berkata :
 ص لَيْسَ مِنْ عَزَائِمِ السُّجُودِ وَقَدْ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْجُدُ فِيهَا *
Shod tidak termasuk  surat yang mewajibkan sujud , tapi aku melihat  Nabi  S.A.W.   bersujud didalamnya . [16]
Ibnu Umar ra berkata :
 كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ السَّجْدَةَ وَنَحْنُ عِنْدَهُ فَيَسْجُدُ وَنَسْجُدُ مَعَهُ فَنَزْدَحِمُ حَتَّى مَا يَجِدُ أَحَدُنَا لِجَبْهَتِهِ مَوْضِعًا يَسْجُدُ عَلَيْهِ *
Nabi  S.A.W.   membaca surat assajdah,kita di sisinya  ,lalu melakukan sujud  dan kita ikut sujud   dengan berdesakan  sehingga seorang diantara kami tidak menjumpai  tempat sujud untuk dahinya [17]
Menurut riwayat Muslim  ada tambahan :
 حَتَّى مَا يَجِدُ أَحَدُنَا مَكَانًا لِيَسْجُدَ فِيهِ فِي غَيْرِ صَلَاةٍ *
……………… hingga  seseorang diantara kami tidak menjumpai tempat  sujud untuk dahinya  diluar salat [18]
Umar melakukan sujud ketika hutbah sebagaimana  hadis sbb :
Abu bakar berkata :
 وَكَانَ رَبِيعَةُ مِنْ خِيَارِ النَّاسِ عَمَّا حَضَرَ رَبِيعَةُ مِنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِي اللَّه عَنْه قَرَأَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى الْمِنْبَرِ بِسُورَةِ النَّحْلِ حَتَّى إِذَا جَاءَ السَّجْدَةَ نَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدَ النَّاسُ حَتَّى إِذَا كَانَتِ الْجُمُعَةُ الْقَابِلَةُ قَرَأَ بِهَا حَتَّى إِذَا جَاءَ السَّجْدَةَ قَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا نَمُرُّ بِالسُّجُودِ فَمَنْ سَجَدَ فَقَدْ أَصَابَ وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَلَمْ يَسْجُدْ عُمَرُ رَضِي اللَّه عَنْه
Rabiah termasuk  orang yang paling hafal tentang Umar bin Al Khotthob ra membaca surat Annahel pada hari Jumat di atas mimbar hingga datang ayat sajdah ,lalu turun dan melakukan sujud .Orang – orang juga  ikut bersujud. Ketika jumat  berikutnya , Umar membacanya .Ketika sampai ayat sajdah  berkata : Wahai manusia !Sesungguhnya  kami  melewati ayat sujud . Barang siapa  melakukan  sujud , benar . Barang siapa tidak melakukannya  tidak berdosa.Umar tidak sujud . [19]
Abu said Al khudri ra  berkata :
قَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ ص فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةَ نَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدَ النَّاسُ مَعَهُ فَلَمَّا كَانَ يَوْمٌ آخَرُ قَرَأَهَا فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةَ تَشَزَّنَ النَّاسُ لِلسُّجُودِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا هِيَ تَوْبَةُ نَبِيٍّ وَلَكِنِّي رَأَيْتُكُمْ تَشَزَّنْتُمْ لِلسُّجُودِ فَنَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدُوا *
Rasulullah  S.A.W.    membaca surat Shod di Mimbar .Ketika  sampai ke ayat assajdah , beliau turun   ,lalu melakukan  sujud dan orang – orang juga ikut .Pada hari lainnya  ,Rasulullah  S.A.W.    membacanya . Ketika sampai ayat sajdah , mereka  siaga untuk sujud . Nabi  S.A.W.   bersabda : Ia adalah tobat seorang Nabi , aku lihat kamu siap untuk sujud  , beliau sujud dan mereka ikut [20]
Syaukani berkata :
 سكت عليه أبو داود والمنذري ورجال إسناده رجال الصحيح وأخرجه أيضا الحاكم وذكر البيهقي عن جماعة من الصحابة أنهم سجدوا في ص نيل الأوطار ج: 3 ص: 120
Abu Dawud dan almunziri tidak memberikan komentar , namun perawi – perawinya adalah perawi sahih Bukhori . Al Hakim juga meriwayatkannya  . Al Baihaqi menyebutkan dari segolongan sahabat  bahwa mereka melakukan  sujud  waktu membaca surat shod . [21]
Imam Bukhori membikin bab :
بَاب مَنْ قَرَأَ السَّجْدَةَ فِي الصَّلَاةِ فَسَجَدَ بِهَا 
Bab orang yang membaca ayat sajdah waktu salat   , lalu bersujud .
Abu Rafi`  berkata :
 صَلَّيْتُ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ الْعَتَمَةَ فَقَرَأَ إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ فَسَجَدَ فَقُلْتُ مَا هَذِهِ قَالَ سَجَدْتُ بِهَا خَلْفَ أَبِي الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَا أَزَالُ أَسْجُدُ فِيهَا حَتَّى أَلْقَاهُ *
Aku melakukan salat Isya` bersama Abu Hurairah ,lalu membaca : إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ
Lalu  sujud  . Aku berkata  : Apakah ini  ?
Abu Hurairah  berkata : “  Aku melakukan  sujud di belakang   Abul qasim ( Nabi  S.A.W.   )  , aku terus menjalankan sujud hingga aku bertemu dengannya “. [22]
Ibnu Umar ra berkata :
 أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ عَامَ الْفَتْحِ سَجْدَةً فَسَجَدَ النَّاسُ كُلُّهُمْ مِنْهُمُ الرَّاكِبُ وَالسَّاجِدُ فِي الْأَرْضِ حَتَّى إِنَّ الرَّاكِبَ لَيَسْجُدُ عَلَى يَدِهِ *
Sesungguhnya Rasulullah  S.A.W.    membaca di tahun penaklukan kota Mekkah  ayat sajdah  ,lalu orang – orang sama sujud  , baik  pengendara  atau orang yang bersujud ke tanah . Bahkan pengendara sujud  di tangannya . [23] ( Lemah ) .
Ibnu Umar berkata :
 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ عَلَيْنَا الْقُرْآنَ فَإِذَا مَرَّ بِالسَّجْدَةِ كَبَّرَ وَسَجَدَ وَسَجَدْنَا مَعَهُ
Rasulullah  S.A.W.    membacakan al Quran kepada kita , bila  lewat ayat sajdah , bertakbir ,lalu sujud dan kita ikut sujud [24]  (Lemah  ,almisykat  1032 ) .
قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ وَكَانَ الثَّوْرِيُّ يُعْجِبُهُ هَذَا الْحَدِيثُ قَالَ أَبو دَاود يُعْجِبُهُ لِأَنَّهُ كَبَّرَ *
Abd Razzaq berkata :”  Assauri heran terhadap hadis tsb . Abu dawud berkata  : Dia heran karena Rasulullah  S.A.W.    bertakbir ( waktu sujud tilawah ).
  Jadi sampai tgl   4 Muharram 1426 kami menjumpai tuntunan sujud tilawah di surat Al insyiqaq , Iqra` , An nahel ,Annajem  dan Shod  dlm al Quran . lainnya  masih kami jumpai hadisnya lemah.  Untuk   sujud tilawah  waktu salat , kami hanya menjumpai surat al Insyiqaq.

Untuk sujud tilawah di ayat :
وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ(15)  الرعد 15
وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا(109) الاسراء
أُولَئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ ءَادَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا إِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ ءَايَاتُ الرَّحْمَنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا(58) مريم
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ وَمَنْ يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ(18)  الحج
وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اسْجُدُوا لِلرَّحْمَنِ قَالُوا وَمَا الرَّحْمَنُ أَنَسْجُدُ لِمَا تَأْمُرُنَا وَزَادَهُمْ نُفُورًا(60) الفرقان
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ(26) النمل
إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ(15) السجدة
وَمِنْ ءَايَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ(37) فصلت
   kami belum mengetahui dalilnya .



Blog husus pengajian: http://mahrusali2.blogspot.com/
Blog ke tiga
Peringatan:Mesin pencari diblog tidak berfungsi, pergilah ke google lalu tulislah:  mantan kiyai nu    lalu teks yang kamu cari
Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfreand ). 081935056529 (XL ) atau  08819386306   ( smartfreand )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo






[1] HR Nasai / Tatbiq / 1129. Abu dawud / Salat /1414, Ahmad / Baqi musnad Ansor /25293. Tirmidzi /Jumat /580 dan beliau menyatakan  hadis hasan  sahih . Nailul author /118/3. Ia juga di riwayatkan oleh Daroquthni , Al hakim , Al baihaqi . Ibnus sakan  menyatakan sahih dan di baca tiga kali .

[2] HR Tirmizi 580
[3] Nailul author /119/3
[4] Sahih Bukhori
[5] Bukhori 1008
[6] HR Bukhori 1071
[7] Nailul author  117/3
[8] HR Bukhori 1072
[9]    Dhoif Sunan Tirmizi 573/87 , Dhoif sunan Ibnu majah  216 , dhoif sunan Abu dawud  302
[10] HR Abu dawud 1403
[11] Nailul author 118/3
[12] Muttafaq alaih , Muslim 578
[13] HR Tirmizi  578
[14] Nailul author  117/3
[15] HR Nasai 957
[16] HR Bukhori 1069

[17] HR Bukhori 1076
[18] HR Muslim  575
[19] HR Bukhori  1077
[20] HR  Abu Dawud 1410
[21] Nailul author 120/3
[22] Bukhori 1078
[23] HR Abu Dawud 1411
[24] HR Abu Dawud 1413

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan