Kamis, Februari 21, 2013

Cara Meningkatkan Daya Ingat (Memori)


Kelupaan bisa menjadi penyiksaan bila sering terjadi, tidak hanya bagi Anda tetapi juga bagi orang-orang di sekitar Anda.
Bila ingin meningkatkan daya memori Anda, cobalah langkah-langkah berikut yang telah terbukti secara psikologis untuk meningkatkan memori Anda.
Jangan Malas Olahraga dan Menghindari Waktu Tidur
Adalah wajib untuk rajin berolahraga dan memiliki waktu tidur yang cukup. Ini membantu mengembangkan dan memelihara otak Anda, tentu saja dikombinasikan dengan diet yang tepat dan kebiasaan sehat lainnya.
Kurang tidur akan merusak kerja otak, dan membahayakan fungsi tubuh. Oleh karena itu, langkah pertama untuk meningkatkan memori adalah dengan menjaga otak Anda tetap segar dengan olahraga, dan istirahat tepat waktu.
Habiskan Waktu Menyenangkan Bersama Kerabat dan Kawan
Apa hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda ketika orang berbicara tentang cara meningkatkan memori? Apakah kegiatan serius seperti catur dan bermain teka-teki sudoku?
Penelitian telah menunjukkan bahwa berinteraksi dan bersosialisasi dapat meningkatkan aktivitas otak, yang mengarah ke perkembangan otak.
Jauhi Stres Sebisa Mungkin
Stres selalu menjadi salah satu musuh terburuk otak. Tingkat stres tinggi dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak, dan juga kerusakan hippocampus yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk pembentukan memori baru dan pengingat memori lama.
Salah satu metode terbaik untuk menghilangkan stres adalah meditasi, metode yang dikenal bisa menghilangkan berbagai kondisi seperti depresi, diabetes nyeri kronis, dan juga tekanan darah tinggi. Selain itu, meditasi juga dapat meningkatkan kreativitas, konsentrasi, dan keterampilan belajar.
Permainan Memori
Untuk meningkatkan memori, Anda harus mengembangkan keterampilan otak Anda. Permainan memori membantu melatih otak dengan menantang dan membuatnya berpikir dengan fokus. Sudah banyak sekaligame yang dirancang khusus untuk meningkatkan daya memori, konsentrasi, dan juga perhatian Anda. Bersenang-senanglah dengan salah satunya.
Sumber: http://fahrub.blogspot.com/2013/01/cara-meningkatkan-daya-ingat-memori.html

Komentarku ( Mahrus ali):
Boleh dijalankan asal gamenya tidak mengandung gambar – gambar keharaman, sronok, atau mengandung ajaran buruk, kristenesasi dll.
Saya tambahkan, salatlah malam yang panjang , berdiri yang panjang bisa membikin panas tapak kaki yang menjadi pusat titik saraf. Sujud panjang juga membikin peredaran darah yang bagus. Saya sering melakukan ini ternyata mampu untuk membikin tubuh sehat, akal cemerlang dengan izin Allah.
Ingatlah ayat:

أَمْ مَنْ هُوَ قَانِتٌ ءَانَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ(9)

(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. Zumar
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan