Kamis, Agustus 02, 2012

Sms dari Korea dan Semarang tentang zakat profesi dan zakat fitrah beras bid`ah-

 

Sms dari Korea sbb:

Aslmkm kyai.. Ini dari Didik di korea. 

Saya mau zakat mal gimana caranya...

Saya jawab:

Dari harta apa?

Dia menjawab: 

Dari gaji saya. Pembayaranya gmana..


Saya jawab: Tiada zakat untuk gaji.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Zakat profesi itu tiada dalilnya.


Sms dari Isman Semarang

pak yai kami zakatnya dihimpun kantor berupa uang tunai 20rb
 syah apa tdk?

Saya jawab:
Boleh.

Dia sms lagi:

biasanya diberikan kpd  karyawan2 yg masih honor pak. berupa  uang.

Saya jawab: Tiada dalilnya.

Dia kirim sms:
jadi sebaiknya panitia yg hrs membelikan kurma atau beras yai. panitia hrs benar2 tahu tuntunan zakat.
Saya jawab: Untuk beras tiada dalilnya, apakah anda tahu dalilnya?
Dia jawab:
tdk tau yai.

Dia sms lagi:
kalau sulit ditemukan kurma apa gantinya pak?

Saya jawab:  Kamu mau berapa ton kurma? Di Ampel dan di tempat lain  juga banyak.

Dia sms lagi:
sy mendengar penjelasan dr ustad katanya zakat itu berupa makanan yg mengenyangkan jadi beras termasuk makanan yg mengenyangkan. kalau di saudi kurma, ka
lau di ind beras. gmn penjelasan ini pak

Saya jawab: Zakat  fitrah dengan makanan pokok itu tiada dalilnya. 
Dia sms lagi:
kalau menggunakan ijmak ulama jg gak boleh pak?

Saya jawab: Ijmak tidak boleh nentang dalil.

Dia  sms lagi:
zakat kalau langsung diberikan kpd fakir miskin boleh gak pak, misalnya tetangga atau teman yg miskin, tdk lewat majid

Saya jawab: Tuntunannya di berikan kepada pimpinan untuk dibagikan kepada kaum fakir.

Dia sms lagi:
maksudnya tokoh masy atau kyai atau ulama begitu pak? tapi kalau di kota2 itu panitia ada di majid2 yg menangani zakat.

Saya jawab: Tapi harus kurma bukan beras, zakat fitrah dengan beras itu bid`ah.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Zakat fitrah boleh dengan kurma, gandum atau keju.


Dia sms lagi:
mohon maaf kalau zakat kurma  dalilnya di quran atau hadist. dan trima kasih atas semua jawaban dr semua pertanyaan2 saya.

Baca lagi disini:
29 Jan 2011
06 Sep 2011
Bacalah lagi diblog ke dua : www.mantankyainu2.blogspot.com
Mau telp atau sms: 085852588175. 03140158866. 088803080803.. sms langsung ke laptop 08819386306.email darulqurani@yahoo.co.id. Jawaban dan pertanyaannya dimasukkan ke blog agar dimanfaatkan oleh pembaca

 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan