Senin, Juli 30, 2012

sms Abu Rafi` tentang menyambung kerabat

Abu rafi`
asslm.wr.wb...ust,mohon wktu sbntar utk hati yg sdg gundah gulana ini : apakah saudara2 dn teman2 sy sengaja memutuskan hub  silaturaim dg saya krn selama dua tahun sy dipenjara mrk sama sekali tdk menjenguk apalg membantu saya?dosakah sy dgn mbalas-qishos-dgn tdk mendatangi mrk kembali??

Saya jawab: sambunglah.

Dia kirim sms lagi:
baik ust.trima ksih atas responnya...tapi,sbg manusia,sakit hati ini rasanya saya ditinggalkan mrk ketika sy sdg terpuruk.mrk berdosa bertindak spt itu?

Saya jawab: Mereka  belum memutus kerabat, karena itu sambunglah.

Dia kirim sms lagi:

sebenarnya balasan sy hny tdk ingin berkunjung kpd mrk,tp hati ini tetap mendoakan mrk,dibolehkan kah sikap  saya seperti ini?

Saya sms:
Sambunglah selama mereka bukan munafik, ahli bid`ah yang syirik.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Menyambung kerabat yang bukan ahli bid`ah syirik, munafik masih diperintahkan karena ada ayat:
أَفَمَنْ يَعْلَمُ أَنَّمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ الْحَقُّ كَمَنْ هُوَ أَعْمَى إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ(19)الَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَلَا يَنْقُضُونَ الْمِيثَاقَ(20)وَالَّذِينَ يَصِلُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوءَ الْحِسَابِ(21)
Adakah orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu benar sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran,(yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian,dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.[1]




[1]  Arra`d 19-21
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan