Minggu, Juli 08, 2012

Ada saja olah non muslim adakan kemunkaran

SURYA Online, JEMBER - Anang Hermansyah bersama Ashanty yang baru saja mengadakan Ngunduh Mantu di Jember, tampil sebagai artis yang menutup Jember Fashion Carnaval (JFC) 2012, Minggu (8/7/2012). Mereka membawakan lagu Sumpah Mati sambil berjalan di catwalk.

Berdua, Anang dan Ashanty bernyanyi hingga di depan podium bupati Jember MZ Abidin Djalal. Mereka naik ke podium sebentar untuk bersalaman dengan bupati. Tak urung, warga segera menyerbu mereka. Petugas kemanan pun jadi kelabakan, berlari-lari mendekati podium.

Namun, Anang dan Ashanty tetap berjalan menembus kerumunan itu dengan dipagari petugas keamanan. Mereka berjalan menuju podium VVIP yang khusus digunakan para reporter dan fotografer untuk memberi kesempatan ambil foto.

"Saya senang diberi kesempatan ini. Nggak pernah menyangka bakal tampil di JFC," ucap Anang.

Karena ingin tampil apik, Anang memilih budaya Papua sebagai tema kostumnya. "Saya suka dengan hal-hal yang berkenaan dengan Papua," ujarnya.

Maka, busana dan mahkota didesain lengkap dengan sentuhan budaya Papua. Anang bertelanjang dada, hanya mengenakan celana jins hitam. Kalung berhiaskan potongan kaca, tali tampar, dan bulu burung menutup bagian atas dada.

Tak lupa, koteka yang biasa dipakai orang Papua juga melengkapi kostum, termasuk sandal bertali mengikat kaki Anang hingga lutut. Bulu burung juga diaplikasikan untuk mahkota bertema King of Papua tersebut.

"Anang itu orang pertama yang saya buatkan kostum Papua. Sebab, dia memang menyukainya," ungkap Dynand Fariz, penggagas JFC.

Begitulah, gelar JFC 2012 telah usai. Anang dan Ashanty pun sudah keluar dari area karnaval. Mereka sempat mengalami kesulitan ketika hendak keluar Central Park, Pemkab Jember karena dikerubuti warga.

SURYA Online, SURYA - Jember Fashion Carnaval (JFC) menginspirasi karnaval serupa di sejumlah kota di Indonesia. Sebut saja Solo Batik Carnival di Solo, atau Banyuwangi Ethno Carnival di Banyuwangi.

Di belakang dua karnaval ini ada keterlibatan tangan Dynand Fariz, Presiden JFC. Sedangkan di kota lain juga bermunculan karnaval kota seperti di Probolinggo, Pasuruan juga Malang.

Meski banyak karnaval bermunculan beberapa tahun terakhir, Dynand Fariz yakin JFC akan tetap bertahan. "Karena JFC beda dan punya karakter," ujar Fariz.

JFC, kata dia, menggabungkan fashion dan karnaval. Kata fashion merujuk pada Kota Milan atau Paris. Sedangkan karnaval pada kota Rio De Janeiro atau Venesia.

"Kami menggabungkan itu. Selain itu, kami juga mandiri," imbuhnya.

Kemandirian swasta dalam membuat karnaval ini juga disebut Budayawan Jember Profesor Ayu Sutarto sebagai salah satu karakter JFC. "Tidak Ada intervensi negara di JFC. Itu yang berbeda dengan daerah lain. Karnaval di kota lain atas inisiatif pemda, tidak ada jaminan bisa terselenggara terus," ujar Ayu.

JFC, lanjutnya, ada atau tidak ada intervensi negara bisa terus tampil. Dan yang harus diakui bersama, kata Ayu, JFC telah menjadi icon Kota Jember.

Komentarku ( Mahrus ali ):
  Ada – ada saja orang – orang kafir yang membikin tontonan kemungkaran, kedurhakaan dimuka kaum muslimin yang kebanyakan  mereka sedang tidak tahu mana yang munkar dan mana yang diridai oleh Allah seperti sekarang ini. JFC tsb harus di stop untuk meridakan Allah bukan di teruskan untuk meridakan setan – setan manusia atau jin. Saya ingat ayat:
وَتَرَى كَثِيرًا مِنْهُمْ يُسَارِعُونَ فِي اْلإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَأَكْلِهِمُ السُّحْتَ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Dan kamu akan melihat kebanyakan dari mereka (orang-orang Yahudi) bersegera membuat dosa, permusuhan dan memakan yang haram. Sesungguhnya amat buruk apa yang mereka telah kerjakan itu.[1]

 Bila melihat kemungkaran seharusnya ingkar atau merobahnya dengan tangan atau dengan menyuruh agar kemungkaran tsb di hentikan sebagaimana  hadis :

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيمَانِ

Barang siapa diantaramu melihat kemungkaran , robahlah dengan tangannya . Bila tidak mampu ,cukup  dengan lidahnya . Bila  tidak mampu cukup dengan hatinya  dan itulah iman yang paling lemah . [2]

Seorang mukmin itu bukan orang yang membiarkan kemungkaran atau ikut sama menontonnya , tapi harus benci dan menghindari tempat kemungkaran  sebagaimana ayat :
وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ أُولَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ

Dan Allah menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus, [3]


[1]  Al Maidah 62
[2] Muttafaq alaih
[3]  Al Hujurat  7
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan